KBLI Usaha Untuk E-Commerce, Platform/ Website, Jasa IT Programmer & Konsultan IT

Jasindopt.com – Identifikasi KBLI Mendirikan E-Commerce Sejak diluncurkannya Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA) segala jenis usaha dapat memperoleh izin usaha melalui satu pintu, yakni laman OSS.

Untuk memperoleh suatu izin usaha, syarat yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha disesuaikan oleh jenis usaha yang didirikan sebagaimana yang tercantum pada Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI).

Sebagai pedoman dalam memenuhi persyaratan izin usaha OSS RBA hal ini diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko (PP 5/2021). 

Selain itu, karena barang yang diperjualbelikan tidak terlepas dari bahan-bahan industri seperti tekstil, sepatu, perabotan, dan sebagainya, maka perlu pula memperhatikan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 9 Tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha dan/atau Produk Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Perindustrian (Permenperin 9/2021).

Berikut KBLI yang setidaknya diperlukan dalam mendirikan marketplace ataupun e-commerce:

KBLI E-Commerce

62012 – Kelompok ini mencakup kegiatan pengembangan aplikasi perdagangan melalui internet (e-commerce).

Kegiatan seperti konsultasi, analisis dan pemrograman aplikasi untuk pengembangan aplikasi perdagangan melalui internet (e-commerce).

47914 (Perdagangan Eceran Melalui Media Untuk Barang Campuran)

Perdagangan eceran berbagai jenis barang campuran seperti makanan, minuman, tembakau, kimia, farmasi, kosmetik, alat laboratorium,i tekstil, pakaian, alas kaki, barang keperluan pribadi, perlengkapan rumah tangga dan perlengkapan dapur yang dipesan melalui (surat, telepon atau internet) dan barang akan dikirim kepada pembeli sesuai dengan barang yang diinginkan

47919 (Perdagangan Eceran Melalui Media Untuk Berbagai Macam Barang Lainnya)

Usaha perdagangan eceran berbagai barang lainnya yang tidak termasuk ke dalam KBLI 47914, melalui pesanan dan barang akan dikirim kepada pembeli sesuai dengan barang yang diinginkan berdasarkan katalog, model, telepon, tv, internet, media massa, dan sejenisnya.

63122 (Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial)

1. Pengoperasian web dengan tujuan komersial yang menggunakan mesin pencari;  2. Pengoperasian situs web yang bertindak sebagai portal ke internet, seperti situs media yang menyediakan isi yang diperbarui secara berkala; dan 3. Pengoperasian platform digital dan/atau situs/portal web yang melakukan transaksi elektronik) yang mencakup aktivitas pemesanan, pembayaran, pengiriman atas kegiatan tersebut. 

KBLI Jasa IT – Programmer

62019 – Kelompok ini mencakup konsultasi yang berkaitan dengan analisis, desain dan pemrograman dari sistem yang siap pakai lainnya (selain yang sudah dicakup di kelompok 62011 dan 62015).

Kegiatan ini biasanya menyangkut analisis kebutuhan pengguna komputer dan permasalahannya, pemecahan permasalahan, dan membuat perangkat lunak berkaitan dengan pemecahan masalah tersebut.

Termasuk pula penulisan program sederhana sesuai kebutuhan pengguna komputer. Perancangan struktur dan isi dari, dan/atau penulisan kode komputer yang diperlukan untuk membuat dan mengimplementasikan, seperti piranti lunak sistem (pemutakhiran dan perbaikan), piranti lunak aplikasi (pemutakhiran dan perbaikan), basis data dan laman web.

Termasuk penyesuaian perangkat lunak, misalnya modifikasi dan penyesuaian konfigurasi aplikasi yang sudah ada sehingga berfungsi dalam lingkungan sistem informasi klien.

Kegiatan penyesuaian perangkat lunak sejenis yang dilaksanakan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari penjualan perangkat lunak dimasukkan dalam subgolongan 47413.

KBLI Jasa IT – Konsultan IT

62029 – Kelompok ini mencakup konsultasi yang berkaitan dengan analisis, desain dan pemrograman dari sistem yang siap pakai lainnya (selain yang sudah dicakup di kelompok 62011 dan 62015).

Kegiatan ini biasanya menyangkut analisis kebutuhan pengguna komputer dan permasalahannya, pemecahan permasalahan, dan membuat perangkat lunak berkaitan dengan pemecahan masalah tersebut. Termasuk pula penulisan program sederhana sesuai kebutuhan pengguna komputer.

Perancangan struktur dan isi dari, dan/atau penulisan kode komputer yang diperlukan untuk membuat dan mengimplementasikan, seperti piranti lunak sistem (pemutakhiran dan perbaikan), piranti lunak aplikasi (pemutakhiran dan perbaikan), basis data dan laman web.

Termasuk penyesuaian perangkat lunak, misalnya modifikasi dan penyesuaian konfigurasi aplikasi yang sudah ada sehingga berfungsi dalam lingkungan sistem informasi klien.

Kegiatan penyesuaian perangkat lunak sejenis yang dilaksanakan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari penjualan perangkat lunak dimasukkan dalam subgolongan 47413.

KBLI Platform / Website

“63122 – Kelompok ini mencakup pengoperasian situs web dengan tujuan komersial yang menggunakan mesin pencari untuk menghasilkan dan memelihara basis data (database) besar dari alamat dan isi internet dalam format yang mudah dicari;

pengoperasian situs web yang bertindak sebagai portal ke internet, seperti situs media yang menyediakan isi yang diperbarui secara berkala, baik secara langsung ataupun tidak langsung dengan tujuan komersial;

pengoperasian platform digital dan/atau situs/portal web yang melakukan transaksi elektronik berupa kegiatan usaha fasilitasi dan/atau mediasi pemindahan kepemilikan barang dan/atau jasa dan/atau layanan lainnya melalui internet dan/atau perangkat elektronik dan/atau cara sistem elektronik lainnya yang dilakukan dengan tujuan komersial (profit) yang mencakup aktivitas baik salah satu, sebagian ataupun keseluruhan transaksi elektronik, yaitu pemesanan, pembayaran, pengiriman atas kegiatan tersebut.

Termasuk dalam kelompok ini adalah situs/portal web dan/atau platform digital yang bertujuan komersial (profit) merupakan aplikasi yang digunakan untuk fasilitasi dan/atau mediasi layanan-layanan transaksi elektronik, seperti pengumpul pedagang (marketplace), digital advertising, dan on demand online services.

Kelompok ini tidak mencakup financial technology (Fintech). Fintech Peer to Peer (P2P) Lending (6495) dan Fintech jasa pembayaran (6641).”

JasindoPT.com

Jasindopt.com adalah solusi terbaik untuk anda yang mau buat legalitas badan usaha seperti pendirian Perusahaan PT, CV, PMA, Firma, Yayasan, Koperasi dan perkumpulan.

jasindopt.com memiliki Team Notaris terbaik dan tercepat. sehingga proses penerbitan legalitas badan Usaha anda dapat selesai dalam waktu 1-2 hari kerja sejak tanda tangan minuta dilakukan.

%d blogger menyukai ini: