Bekasi: Tempat Wisata Kota Bekasi & Oleh – oleh Bekasi

Jasindopt.com – Berkunjung ke suatu daerah, tentu membuat kita penasaran! Dan akan bertanya apa yang spesial dari daerah tersebut, seperti tempat wisata, tempat penginapan, makanan kulinernya, tradisi daerah, baju daerah, makanan khas dll.

Nah, Kali ini kita akan berkunjung ke Kota Bekasi, merupakan salah satu kota yang terdapat di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Nama Bekasi berasal dari kata bagasasi yang artinya sama dengan candrabaga yang tertulis di dalam Prasasti Tugu era Kerajaan Tarumanegara, yaitu nama sungai yang melewati kota ini. 

Kota ini dikenal dengan sebutan Bumi Patriot. Arti dari julukan itu bagi Kota Bekasi sangat mendalam. Pasalnya Kota Bekasi dimaknai sebagai daerah yang dijaga oleh para pembela tanah air.

Apa yang Terkenal di Bekasi ?

Kota Bekasi sangat pesat perkembangannya saat ini dan menjadi rumah bagi kaum urban, sekaligus menjadi kota niaga dan industri. Maka dari itu, banyak orang yang tertarik untuk berimigrasi ke kota tersebut.

Kota Bekasi dengan jumlah populasi kurang lebih 3 juta penduduk ini juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Kota Bekasi memiliki tempat wisatanya yang beragam mulai dari tempat wisata rekreasi keluarga seperti: taman kota, makanan khas, kuliner hingga gedung-gedung bersejarah. Selain itu, Bekasi juga memiliki pantai.

Nah, jika kalian lagi berada di Bekasi dan tertarik untuk menjelajahi tempat-tempat wisatanya jasindopt.com telah melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah rekomendasinya.

1. Snow World International

wisata bekasi snow world

Bekasi dikenal juga dengan nama Dunia Salju Bekasi, objek wisata kota Bekasi satu ini tergolong unik karena anda bisa merasakan dinginnya salju ditengah teriknya kota Bekasi.

Di sini, kamu bisa melihat pameran berbagai bentuk ukiran yang terbuat dari balok es yang didekorasi cantik dengan lampu.

Selain merasakan turunnya salju bak tengah berasa di musim dingin, anda juga bisa merasakan serunya meluncur diatas es, lho.

  • Lokasi: Revo Town Lapangan Parkir Utara, Jl. A.Yani, Pekayon Jaya, Kec. Bekasi Sel., Jawa Barat 17148
  • Jam Operasional:
    Senin–Jumat: 12.00 – 18.00 WIB
    Sabtu–Minggu: 10.00 – 18.30 WIB

2. Trans Snow World Bekasi

Bekasi terkenal juga dengan Trans Snow World, tidak jauh dari Snow World International Anda juga bisa mencoba yang tidak kala seru lagi Trans Snow Bekasi Juanda.

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi bermain salju seperti di pengunungan Alpen Swiss , kini tidak perlu jauh-jauh bepergian Swiss, karena wahana bermain salju dalam ruangan terbesar di Asia Tenggara dan pertama di Indonesia telah dibuka.

Salju yang turun bukan berasal dari langit tetapi dihadirkan Trans Snow World di Transpark Juanda Bekasi. Meski bukan salju yang turun di langit dipastikan salju ini selembut dan seoriginal salju di pengunungan Alpen Swiss.

  • Biaya Tiket: sebesar Rp 200.000 di hari biasa dan Rp 275.000 di akhir pekan. Bila ingin menjajal beberapa permainan, pengunjung akan dikenakan biaya tambahan, seperti:
    • Snow tube double Rp 80.000,
    • Snow tube single Rp 30.000,
    • Ski Rp 100.000, basic sledge Rp 30.000,
    • Snow scooter Rp 30.000,
    • Racer sledge for 2 Rp 80.000,
    • Braker sledge Rp 50.000, dan zoro ball Rp 50.000.
  • Lokasi: Jl. Cut Mutia No.180, RT.003/RW.011, Margahayu, Kec. Bekasi Tim., Kota Bks, Jawa Barat 17113
  • Jam Operasional: 10.00 – 18.00 WIB

3. Transera Waterpark

Bekasi terkenal dengan seperti sedang jalan-jalan di luar negri! Memiliki keunikan tersendiri, Transera Waterpark menghadirkan nuansa eksotis khas Afrika di area wisatanya. Jadi, pengalaman bermain air di sini tidak bisa kamu dapatkan di tempat lain.

Transera Waterpark adalah satu-satunya tempat yang menawarkan 2 area berbeda untuk dikunjungi, yaitu zona basah dan zona kering. Bukan hanya untuk liburan, Transera Waterpark juga menawarkan paket bagi kamu yang mau membuat acara keluarga atau kantor di sini.

  • Biaya Tiket: mulai dari Rp95.000
  • Alamat: Kota Harapan Indah Boulevard Kavling V Sektor VI, Pusaka Rakyat, Tarumajaya, Bekasi, Jawa Barat
  • Jam Operasional:
    Senin–Jumat: 10.00 – 18.00 WIB
    Sabtu, Minggu, Libur Nasional: 08.00 – 18.00 WIB

4. Rumah Pohon Jatiasih

Bekasi dikenal dengan destinasi wisata yang cocok untuk mengenalkan anak-anak terhadap alam. Objek wisata keluarga sekaligus wisata alam di Bekasi ini menyajikan pemandangan alam yang asri.

Di tempat wisata Bekasi satu ini, anda dan keluarga bisa berjalan santai dibawah rindangnya pepohonan, menikmati panorama danau sekaligus memancing. Berbagai rumah pohon juga tersedia di komplek wisata Bekasi ini untuk bersantai bersama keluarga.

Aktivitas lain yang bisa anda lakukan di tempat wisata Bekasi ini antara lain outbond hingga mengendarai motor ATV.

  • Lokasi: Jl Raya Parpostel, Jatiasih, Bekasi
  • Jam Operasional: 9.00 – 17.00 WIB

5. Hutan Kota Patriot Bina Bangsa

Bekasi kota Mencari tujuan wisata Bekasi terjangkau namun tetap menarik untuk dikunjungi? Hutan Kota Patriot Bina Bangsa bisa jadi pilihan wisata keluargamu.

Di tempat wisata kota Bekasi ini, anda bisa berpiknik bersama keluarga, bermain sepeda, atau berolahraga jogging di bawah rindangnya pohon.

  • Lokasi: Jalan A. Yani No. 2, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan
  • Jam Operasional: 24 jam

6. Situ Gede Bekasi

Bekasi juga dikenal dengan objek wisata danau seperti Situ Gede Bekasi. Dengan luas lahan mencapai 7 hektar, destinasi wisata Bekasi ini cocok untuk kamu yang tengah mencari ketenangan di tengah-tengah suasana alami.

Di sini, Anda bisa memancing atau sekedar mengelilingi danau dengan perahu kecil yang disediakan oleh masyarakat lokal.

  • Lokasi: Jalan Kampung Bojong Menteng, Rawalumbu, Bojong Menteng, Bekasi
  • Jam Operasional: 24 Jam

7. Taman Rusa Kemang Pratama

Bekasi terkenal dengan Taman Rusa Kemang Pratama, ingin bersantai dengan keluarga di akhir pekan? Taman Rusa Kemang Pratama mungkin bisa jadi destinasi yang pas.

Tujuan wisata kota Bekasi ini merupakan sarana rekreasi dimana Anda dan keluarga bisa mengamati rusa-rusa tutul yang hidup bebas di taman ini sembari menikmati rindangnya pepohonan di taman ini.

  • Lokasi: Jalan Niaga Raya Blok C No. 3, Rawalumbu, Bojong Rawalumbu, Bekasi
  • Jam Operasional: 24 jam

8. Klenteng Hok Lay Kyong

Bekasi kota terkenal dengan Klenteng Hok Lay Kyong merupakan destinasi wisata selanjutnya adalah tujuan wisata religi favorit umat Khonghucu. Klenteng ini disebut-sebut sebagai klenteng tertua di Bekasi dengan perkiraan usia melebihi 300 tahun.

Dengan arsitektur khas yang didominasi warna merah dan ornamen khas Klenteng, tentu berwisata sekaligus beribadah ke Klenteng Hok Lay Kiong menjadi pengalaman tersendiri saat berlibur ke Bekasi.

  • Lokasi: Jalan Kenari I, Margahayu, Bekasi Timur, Bekasi
  • Jam Operasional: 05.00 – 23.00 WIB

9. Fantasy Park Summarecon Mall

Wahana baru ini mengkreasikan seni instalasi cahaya yang menggabungkan seni, cahaya, serta alam. Pengunjung dapat merasakan dan mengeksplorasi tujuh ruangan tematik yang hadir dengan berbagai efek cahaya warna-warni.

Fantasy Park dapat dinikmati di area exhibition lantai satu Summarecon Mall Bekasi. Kamu bisa berkeliling memasuki tujuh ruangan tematik dengan total luas area keseluruhan 472 meter persegi.

10. Curug Parigi

Curug Parigi ini berlokasi tidak jauh dari Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang. Curug ini dapat dijangkau hanya dengan satu jam dari Jakarta, dan cocok untuk refreshing pikiran dari pekerjaan-pekerjaan yang selalu menghantui.

Curug Parigi merupakan tempat wisata Bekasi dengan bentuk yang unik, menyerupai air terjun Niagara di Amerika. Bentuknya tidak menyerupai air terjun biasanya, yang begitu tinggi, tapi lebih melebar.

Bahkan karena kemiripannya dengan Air terjun Niagara, curug Parigi ini dijuluki dengan julukan Little Niagara Bekasi.

Popularitas tempat wisata Bekasi ini mulai dikenal sekitar tahun 2000 silam karena lokasi air terjun relatif tersembunyi dan belum diketahui wisatawan.

Meskipun aliran air tidak sejernih dulu lagi, namun suara gemericik air yang muncul tetap saja mampu memberikan efek yang menenangkan pikiran.

11. Pantai & Hutan Mangrove Muara Gembong

Pemandangan hutan Mangrove akan menyapa kamu ketika tiba di Pantai Muara Gembang, Bekasi. Mata pencaharian masyarakat sekitar adalah sebagai nelayan dan budidaya ikan laut.

Banyak anak yang bermain di tempat wisata Bekasi ini sehingga membuat suasananya menjadi seru. Jangan lewatkan sunset dan sunrise di Pantai Muara Gombang ini.

Hutan Mangrove Muara Gembong

Siapa yang menyangka, Bekasi memiliki tempat wisata Bekasi paling populer. Tempat wisata Bekasi ini bernama Hutan Mangrove Muara Gembong.

Jarak Hutan Mangrove ini dari pusat Kota Bekasi lumayan jauh, sekitar 70 km, dan biasanya dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan.

Salah satu tempat wisata Bekasi ini sangatlah menarik dengan pemandangan indahnya dan alamnya yang sangat asri, dengan hamparan hutan mangrove yang sangat luas.

Kamu dapat berkeliling hutan mangrove ini menggunakan perahu sampan dengan tarif yang cukup terjangkau. Hamparan hutan mangrove yang menghijau sepanjang 17 km ini tentunya akan memanjakan mata wisatawan.

Tidak hanya dengan perahu sampan, kamu juga dapat menyewa boat ukuran besar dengan kapasitas untuk 40 orang di tempat wisata Bekasi ini.

12. Pantai Muara Beting

Berada di kawasan yang sama dengan Hutan Mangrove Muara Gembong, tempat wisata Bekasi berupa Pantai Muara Beting ini menyajikan panorama yang tak kalah indahnya.

Suasana pantai yang khas dengan pasir dan birunya laut menjadi suguhan pertama yang akan kamu dapatkan ketika menginjakkan kaki di pantai ini.

Ombak di tempat wisata Bekasi pun tidak terlalu besar dengan hamparan pasir hitam di sepanjang garis pantai, membuat suasana pantai semakin eksotis.

Apalagi bila kamu mengunjungi tempat wisata Bekasi yang instagramable dan hits ini pada sore hari, panorama pantai pun akan menjadi semakin menawan dengan momen sunset, dan dapat dijadikan momen untuk berswafoto.

Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan kawanan burung yang sedang bermigrasi dari Laut China Selatan.

Biasanya, kawanan burung ini akan terbang di atas Pantai Muara Beting sekitar bulan September-Februari, jadi kamu bisa mengatur jadwal liburanmu jika ingin menyaksikan fenomena alam ini.

13. Sabana Deltamas

Source:Farah.id

Deltamas merupakan tempat wisata Bekasi,banyak anak-anak muda yang sedang menggandrungi wisata Bekasi satu ini. Di kawasan tempat wisata Bekasi, terdapat lokasi dengan rerumputan terlihat seperti sabana pegunungan.

Rerumputan khas sabana berpadu dengan jajaran pohon luas membuat tempat ini sebagai lokasi keren untuk berburu spot foto menarik.

Bahkan sabana deltamas ini banyak dilirik sebagai lokasi foto prewedding alternatif dengan biaya murah. Selain sabana, disini ada juga Ganesha Boulevard yang dijadikan sebagai tempat menghabiskan waktu di sore hari.

Tak sedikit bukan lokasi wisata kota Bekasi yang ternyata sangat menarik untuk dikunjungi? Selain jarak yang terjangkau, berbagai objek wisata di Bekasi ini rata-rata memiliki harga yang bersahabat sehingga cocok untuk dijadikan destinasi wisata keluarga di akhir pekan.

*Informasi yang tertera berlaku saat artikel ditulis. Harga dan ketentuan lainnya dapat berubah sewaktu-waktu.

Dari 13 Destinasi wisata kota Bekasi mana yang jadi favoritmu?

Oleh – Oleh Khas Bekasi

1. Bir Pletok Khas Betawi

Bir pletok adalah minuman khas Betawi yang dibuat dari campuran rempah-rempah yang berkhasiat mencegah masuk Angin, asam urat, pegal-pegal dan menghangatkan badan.

Walaupun mengandung kata bir, bir pletok tidak mengandung alkohol. Dahulu kala, ketika masa penjajahan Belanda, orang betawi tidak mau kalah dengan penjajah yang suka meminum Beer.

Karena itu, orang Betawi menciptakan minum sendiri yang fungsinya hampir sama, sama-sama minum, sama-sama keringetan, tapi orang Belanda pada mabuk, sedangkan kita sehat.

Namanya pun beda. Kalau orang Belanda beer, sedangkan kita Bir. Asal kata dari Bahasa Arab birun atau abyar yang berarti sumber mata air.

Orang Betawi membuat minuman ini di bumbung (selongsong bambu) yang diisi es dan bumbung yang terkocok-kocok tersebut mengeluarkan bunyi pletak pletok dan dari situlah diangkat menjadi Bir Pletok.

Jln Belanak 2 Ujung RT.02/01 No.57 Perumnas 2 Kel, RT.001/RW.001, Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17144

2. Dodol Betawi

Dodol Betawi merupakan kue legendaris dari dapur betawi Bekasi yang proses pembuatannya terbilang sangat rumit. Untuk rasanya tak perlu diragukan lagi, manis dan legit, ditambah dengan kekenyalannya yang membuat lidah kita ketagihan.

Masyarakat Betawi Bekasi biasanya disajikan sebagai kue khusus untuk pesta, bulan Ramadhan, Idul Fitri atau Idul Adha dan Sangat cocok untuk Oleh-oleh keluarga anda.

Jln Belanak 2 Ujung RT.02/01 No.57 Perumnas 2 Kel, RT.001/RW.001, Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Sel. Kota Bks, Jawa Barat 17144

3. Bandeng Rorod

Bandeng Rorod sekilas mirip sate bandeng khas Banten, karena bandeng isi ini sama-sama tanpa duri. Bedanya, Bandeng Rorod tidak ditusuk. Kamu bisa memilih variasi rasanya yakni original dan pedas yang disajikan bersama sambal terasi.

Saat ini, penjual Bandeng Rorod sudah banyak ditemukan di Bekasi, tapi kamu harus coba olahan aslinya di Jalan Maluku Raya blok C1 Nomor 5, Perumnas 3, Aren Jaya. Harga perbuahnya dibanderol Rp25 ribu.

4. Kue Sangon

Kue sagon berbeda dengan kukis sagu yang biasa kamu temukan jelang Lebaran. Camilan manis ini terbuat dari tepung beras yang disangrai dan dicampur kelapa parut, kemudian dipanggang. Biasanya kue ini menjadi teman minum teh atau kopi hangat.

Jl. Perumahan Papan Mas No.07, Setiamekar, Kec. Tambun Sel., Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17510

5. Kue Jalabia

Kue jalabia terkenal dengan sebutan kue cincin, karena bentuknya yang bulat dengan lubang di tengah. Kue khas Bekasi ini terbuat dari olahan tepung beras, tepung ketan, kelapa parut, dan gula merah yang digoreng.

Teksturnya kenyal dengan bagian luar yang renyah. Kalau tempat tujuanmu tak terlalu jauh, kue ini bisa jadi salah satu alternatif oleh-oleh yang bisa kamu bawa.

Jalan Haji Mansyur, Jl. Rawadas Kp. Malaka No.189, RT.3/RW.2, Pd. Kopi, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13460

6. Bolu Gulung Batik

Bukan hanya di Pekalongan, bolu batik juga populer di Bekasi sebagai buah tangan. Seperti namanya, bolu gulung ini memiliki motif batik yang indah, sama persis dengan yang ada di kain.

Varian rasa dan motifnya banyak, salah satu workshop yang bisa kamu sambangi adalah Bolubatik Retno Dyah yang berada di Jalan Dirgantara Raya Blok AB Nomor 2, Jatisari, Jatiasih, Kota Bekasi.

Nah, dari 6 makanan atau oleh-oleh khas Bekasi yang unik dan paling kekinian di atas, mana yang jadi favoritmu?

%d blogger menyukai ini: