Jenis Usaha Yang Dapat Bertahan Dalam Keadaan Resesi Ekonomi

Jasindopt.com – Peringatan akan Resesi ekonomi global terus bergulir yang dapat memengaruhi pertumbuhan bisnis, sehingga menyebabkan kekacauan di pasar saham dan ketidakpastian usaha.

Perusahaan mulai ambil sikap untuk menghadapi kemungkinan terburuk seperti pemutusan hubungan kerja, pembekuan perekrutan bahkan dalam beberapa kasus ekstrem ada yang sampai membatalkan tawaran pekerjaan.

Jangan takut!!! Bagi anda yang ingin buka usaha baru, jenis usaha makanan, minuman, kesehatan, pendidikan, ini mampu bertahan atau bahkan tidak terdampak resesi ekonomi.

Bisnis di bidang sperti ini tidak sensitif terhadap kenaikan suku bunga acuan dan industri tersebut dibutuhkan oleh banyak orang ketika ekonomi sedang resesi atau booming.

Berikut jasindopt.com telah merangkum jenis bisnis yang kebal terhadap resesi ekonomi seperti dibawah ini:

1. Makanan dan Minuman

Makanan dan Minuman adalah bisnis yang tidak ada matinya, karena bisnis ini merupakan kebutuhan dasar manusia untuk bertahan hidup.

Salah satu faktor yang menyebabkan usaha makanan berpeluang menjanjikan dalam masa resesi ekonomi adalah karena masyarakat membutuhkan pasokan makan dan minum dalam kondisi apapun bahkan kondisi serba sulit sekalipun.

Daya tahan industri makanan dan minuman bisa dilihat dari data BPS pada Kuartal I-2021. Pertumbuhan industri ini mencapai 2,45 persen, salah satu yang tertinggi di sektor industri pengolahan dan konsisten meningkat pada kuartal II-2020.

Bagi pelaku UMKM industri makanan dan minuman memang minim risiko, siapa saja dapat memulai usaha ini. Bekalnya hanya pengetahuan untuk mengolah bahan pangan menjadi produk makanan dan minuman yang disukai pasar.

Beberapa faktor tersebut membuat bisnis Makanan & Minuman sulit menjadi korban dari resesi ekonomi global. Ketika resesi ekonomi melanda suatu negara, bisnis makanan & minuman (kuliner) bisa saja mengalami penurunan omzet.

Perputaran uang yang besar dalam waktu cepat membuat sektor ini tidak memiliki alasan untuk mengalami kebangkrutan.

Pebisnis sektor Makanan & Minuman bisa menjalankan strategi pemasaran atau peningkatan omzet dengan berinovasi sesuai perubahan perilaku konsumen dari masa ke masa.

Contoh Bisnis Makanan & Minuman

  1. Frozen Food
  2. Snack Kering
  3. Jajanan Pasar
  4. Minuman Kekinian
  5. Gorengan
  6. Risol Aneka Isi
  7. Healthy Snack
  8. Kopi

2. Layanan Kesehatan & Produk Kesehatan

Baik pada masa normal maupun saat terjadi Resesi ekonomi, manusia tetap membutuhkan layanan kesehatan dan produk kesehatan sebagai salah satu kebutuhan yang krusial untuk tetap bertahan hidup.

Maka itu, para tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, apoteker hingga karyawan pusat kesehatan berada di garda terdepan untuk menjamin kesehatan masyarakat.

Maka itu, para tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, apoteker hingga karyawan pusat kesehatan berada di garda terdepan untuk menjamin kesehatan masyarakat.

Ketika masa krisis akibat virus Corona yang terjadi di berbagai belahan dunia seperti tahun 2020 sampai sekarang. Menjadi alasan yang membuat bisnis kesehatan termasuk salah satu yang bisa bertahan di masa krisis sekalipun.

Kebutuhan menjaga dan memulihkan kesehatan tidak akan hilang karena momentum apapun. Sehingga bisa dijadikan peluang bisnis sekaligus membantu masyarakat memenuhi kebutuhan atas kesehatan

Contoh Bisnis di bidang Kesehatan

1. Bisnis Alat Kesehatan 

Jika Anda memilih untuk menjual produk medis, kami secara otomatis mengirimkan produk terkait kesehatan ke penyedia layanan kesehatan, seperti dokter, klinik, rumah sakit, dan penyedia layanan kesehatan lainnya, atau langsung ke konsumen. 

Misalnya, produk massal seperti jarum suntik dan cairan infus dapat dijual ke rumah sakit. Alternatifnya, Anda bisa membuka toko retail yang menjual perlengkapan medis seperti selempang lengan dan alat bantu jalan.

2. Jasa Katering Makanan Sehat

Makan makanan yang sehat membuat tubuh Anda lebih sehat dan kurang rentan terhadap penyakit dan virus. Sayangnya, masih banyak orang yang belum menyadari seperti apa pola makan yang sehat itu. Memulai bisnis katering makanan sehat adalah ide yang bagus. 

Karena orang-orang sekarang fokus pada bagaimana menjaga kesehatan tubuh, ini akan menjadi usaha yang bagus. Kami menyediakan makanan sehat bersama dengan informasi tentang jumlah kalori dan manfaatnya. Minat konsumen semakin meningkat jika bahan makanan juga dicantumkan. Lambat laun akan semakin banyak konsumen yang datang dan menjadi pelanggan setia

3. Pendidikan & Pelatihan

Bisnis pendidikan akan tetap berjalan sekalipun terjadi resesi ekonomi global di prediksi 2023.

Ingat! Ketika negara ini di uji krisis tahun 1998 dan Indonesia sudah mengalami berbagai cobaan krisis ekonomi sampai saat ini, tetapi bisnis pendidikan dan pelatihan tetap berjalan.

Resesi ekonomi global juga tidak akan menghentikan laju perkembangan sektor jasa pendidikan dan pelatihan di berbagai belahan bumi manapun. Pasalnya, kebutuhan untuk belajar sesuatu hal yang baru tak akan surut di tengah-tengah masyarakat, meski dalam kondisi krisis sekalipun.

Bahkan masa krisis merupakan momentum yang tepat, karena sebagian orang mengevaluasi diri dan menganggap dirinya membutuhkan lebih banyak pengetahuan untuk terus mengembangkan diri.

Hal ini yang membuat bisnis di industri pendidikan dan pelatihan lebih mampu bertahan saat perekonomian dalam kondisi yang buruk.

Contoh Bisnis Pendidikan

1. Les Privat

Saat ini banyak murid yang membutuhkan pelajaran tambahan di luar jam sekolah. Namun berbagai tempat seperti lembaga bimbingan menawarkan biaya yang terlalu tinggi untuk setiap program bimbingannya.

Les privat saat ini dinilai lebih efektif dalam membantu prestasi anak di sekolah. Jika Anda seorang mahasiswa maka anda bisa menawarkan diri untuk menjadi guru privat dengan biaya yang standar.

2. Kursus Bahasa Asing

Bahasa menjadi modal utama seseorang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Terutama bahasa asing.

Jika anda memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik, anda bisa mengajak beberapa rekan anda untuk mendirikan bisnis kursus bahasa asing mengingat kebutuhan masyarakat untuk berkomunikasi dengan bahasa asing kian meningkat.

3. Kursus Keterampilan Komputer

Selain bahasa asing, keterampilan dalam menggunakan komputer juga merupakan hal yang harus dimiliki oleh seseorang ketika akan melamar pekerjaan.

Saat ini tak sedikit orang yang masih tidak dapat mengoperasikan komputer, maka dari itu kursus komputer bisa menjadi peluang bisnis untuk membantu orang-orang yang kesulitan menggunakan komputer.

Contoh Bisnis Pelatihan

1. Pelatihan Teknologi

Semakin berkembangnya zaman, teknologi juga semakin berkembang. Contoh pelatihan dan pengembangan yang bisa Anda sediakan adalah pelatihan digital marketing, developer, grafik desain, coding hingga urusan administrasi.

2. Pengembangan diri dan karir

Pelatihan ini, juga cukup banyak diminati. Beberapa pelatihan di bidang ini antara lain teknik wawancara, teknik melamar kerja, dan semacamnya.

3. Gaya hidup

Pelatihan soal gaya hidup juga banyak peminatnya. Contohnya pelatihan tata rias, fotografi, dan sebagainya. Ada juga peserta yang telah berhasil menjadi penata rias, dia melakukannya dari rumah.

4. Food and beverage

Pelatihan selanjutnya yang paling banyak dipilih adalah terkait dengan produksi makanan dan minuman. Jadi memasak, bisnis rumahan, kursus barista, membuat kue itu banyak yang memilih.

4. Bisnis Informasi Teknologi

Bisnis ini menjadi salah satu dari deretan sektor usaha yang dapat menjadi peluang usaha saat Resesi dan dapat bertahan dalam kondisi krisis sekalipun.

Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi membawa pencerahan bagi masyarakat dan mampu mendukung hingga mengembangkan sektor-sektor bisnis lain.

Dalam prosesnya, bisnis digital justru menjadi solusi bagi sebagian besar masyarakat untuk keluar dari persoalan, bahkan dapat mendorong masyarakat untuk keluar dari masa krisis.

Misalnya, teknologi digital berupa aplikasi video conference bisa membantu para karyawan untuk bertatap muka jarak jauh dan menyelesaikan persoalan bisnis ketika masa krisis kesehatan akibat Pandemi Covid-19 saat ini.

Contoh Bisnis Informasi & Teknologi

1. Bisnis Teknologi Web Development

Website adalah salah satu contoh produk itu yang saat ini sudah menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh sebuah bisnis.

Sebab, sekarang adalah eranya informasi, keterbukaan, dan kemudahan dalam komunikasi.

Ada banyak manfaat memiliki website untuk sebuah bisnis, diantaranya meningkatkan kredibilitas, memperkenalkan profil, media promosi, media komunikasi, dan lain sebagainya.

2. Bisnis Teknologi Startup Produk IT

Startup adalah istilah bagi seseorang yang baru merintis bisnis dalam bidang teknologi atau digital. Untuk membangun sebuah startup, Anda hanya membutuhkan konsep yang matang saja.

Jika Anda tidak bisa masalah pemrograman, desain, konten marketing, strategi pemasaran, dan SEO, Anda bisa melemparkan ke orang lain yang lebih berpengalaman.

3. Jasa Penulis Artikel

Pekerjaan menulis ini merupakan salah satu dari ide peluang bisnis teknologi di bidang IT paling mudah dilakukan. Apalagi jika Anda memahami masalah SEO, maka nilai artikel Anda akan dihargai lebih.

Anda bisa menawarkan keahlian menulis Anda di forum-forum atau bergabung dengan perusahaan penulis konten.

4. Bisnis SEO Konsultan

SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu cara bagaimana menaikan website Anda berada di halaman pertama pencarian Google sehingga banyak pengunjung yang datang pada website Anda.

Ilmu SEO ini masih jarang yang menguasainya, masih terbuka lebar peluang untuk membuat usaha atau bisnis teknologi di bidang SEO ini. Apalagi biaya dari jasa SEO ini tergolong mahal, terutama pada website yang memiliki persaingan berat.

5. Bisnis Teknologi Produk IT Aplikasi Mobile

Perkembangan aplikasi mobile dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi, dari tahun ke tahun perkembangannya sangat signifikan

Apalagi ditambah dengan maraknya smartphone yang membuat aplikasi mobile menjadi salah satu contoh produk IT yang sangat menggiurkan.

Aplikasi mobile yang paling banyak di-download menurut data di urutan pertama adalah kategori Games (21,69%), urutan kedua kategori Education and Reference (14,6%), urutan ketiga kategori Business and Productifity (13,90%).

Dari data tersebut menyebutkan bahwa bisnis teknologi di bidang aplikasi games adalah yang paling laku dan diminati saat ini, sehingga ini menjadi peluang yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai usaha di bidang IT yang tepat.

Jika aplikasi lebih cenderung ke mobile/smartphone, maka untuk software ini cenderung ke perangkat komputer.

Software adalah perangkat lunak yang isinya dari bahasa pemrograman tertentu yang memiliki kesatuan dan memiliki nilai dan tujuan tertentu.

Jika Anda memiliki kemampuan coding yang baik, maka mendirikan usaha bisnis teknologi software house developer adalah pilihan yang tepat.

Selain pasarnya masih luas, harga setiap software yang dijual biasanya memiliki harga yang mahal, sehingga masih sangat prospek untuk kedepannya.

5. Bengkel Mobil & Motor

Layaknya kaki, mobil dan motor menunjang mobilitas kita dalam segala hal, terutama menunjang aktivitas pekerjaan Anda.

Misalnya Jika Anda bekerja di Jabodetabek tentunya Anda membutuhkan tranportasi untuk sampai ke tujuan dan kebanyakan menggunakan motor atau mobil.

Kelesuan ekonomi menyebabkan daya beli masyarakat menurun, sedangkan masyarakat membutuhkan kendaraan untuk menunjang mobilias mereka.

Pada kondisi ini, pilihan terbaik adalah dengan memperbaiki kendaraan yang sudah mereka miliki, daripada harus membeli kendaraan baru.

Dalam laporan The los Angeles Time 2010, Ada sebuah fakta menarik, pada periode krisis Global tahun 2008-2010, di mana hampir semua industri otomotif mengalami penurunan, bahkan perusahaan besar seperti Toyota mengalami kerugian 1.7 miliar dollar AS, atau sekitar 24 triliun rupiah selama 3 tahun.

Penurunan ini diakibatkan oleh penurunan daya beli masyarakat global saat itu. Disaat yang sama jasa perbaikan mobil mampu meraup keuntungan hingga 36 miliar dollar AS ( sekitar Rp509 triliun).

6. Potong Rambut & Salon

Bisnis Cukur Rambut Akan selalu dibutuhkan sekalipun resesi ekonomi, karena tidak semua orang bisa cukur rambut. Saat ini hampir seluruh pria sudah mulai sadar bahwa penting untuk merawat rambut untuk penampilannya sehari-hari.

Sehingga usaha cukur rambut ini dianggap sebagai usaha yang ‘tidak ada matinya’ dan selalu dibutuhkan oleh calon pelanggan.

Usaha cukur rambut bisa jadi peluang menjanjikan. Kenapa? Karena cukur rambut dibutuhkan oleh sebagian masyarakat kita, termasuk para pria.

Di beberapa kota besar seperti Jakarta, omzet yang didapatkan dari usaha cukur rambut ini bisa jutaan, bahkan hingga belasan juta setiap bulannya.

Sangat menggiurkan bukan? Walau bisnis cukur rambut sempat menurun ketika awal pandemi COVID-19, para pebisnis di bidang ini menyesuaikan dan beradaptasi agar tetap dapat melayani pelanggan.

%d blogger menyukai ini: