Jenis – Jenis Pekerjaan & Besaran Gaji di KFC

Jasindopt.com – KFC singkatan dari Kentucky Fried Chicken adalah jaringan restoran cepat saji Amerika yang berkantor pusat di Louisville, Kentucky, yang berspesialisasi dalam ayam goreng.

Daftar Isi:

  1. Sejarah KFC Indonesia
  2. Profil KFC
  3. Gaji Karyawan KFC
  4. 45 Jenis Pekerjaan Di KFC
  5. Produk & Layanan Perusahaan
  6. 1. KFC Coffee
  7. 2. Drive Thru
  8. 3. Catering
  9. 4. Breakfast
  10. 5. KFC Birthday

KFC adalah jaringan restoran terbesar kedua di dunia (diukur berdasarkan penjualan) setelah McDonald’s, dengan 22.621 lokasi secara global di 150 negara pada Desember 2019.

KFC didirikan oleh Kolonel Harland Sanders (1890–1980), seorang pengusaha yang mulai menjual ayam goreng dari restoran pinggir jalan di Corbin, Kentucky, selama Depresi Hebat.

Sanders mengidentifikasi potensi konsep waralaba restoran, dan waralaba “Kentucky Fried Chicken” pertama dibuka di Utah pada tahun 1952.

KFC adalah anak perusahaan dari Yum! Brands, sebuah perusahaan restoran yang juga membawahi Pizza Hut, Taco Bell, dan WingStreet.

Sejarah KFC Indonesia

KFC Indonesia pertama kali berada di Jalan Melawai, Blok M, Jakarta Selatan. Dick Gelael melalui PT. Fast Food Indonesia membeli izin untuk memegang merek tunggal KFC di Indonesia

Hingga saat ini olahan ayam goreng tepung tersebut tetap menjadi favorit berbagai kalangan di Tanah Air lebih dari 40 tahun.

KFC adalah Restoran yang memiliki tagline ‘Jagonya Ayam’ ini pertama kali membuka cabangnya di Indonesia pada Oktober 1979.

Sejarah KFC berawal ketika PT Fast Food Indonesia Tbk sebagai pemegang hak waralaba tunggal untuk merek KFC di Indonesia. Pendiri KFC Indonesia adalah keluarga Gelael pada 1978.

Selanjutnya, pada 1990 Salim Group bergabung sebagai salah satu pemegang saham utama PT Fast Food Indonesia. 

Masuknya Salim Group membuat KFC semakin ekspansif dalam mengembangkan bisnis perseroan. Lalu, pada 1993, perseroan terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia).

Profil KFC

Kentucky Fried Chicken atau sering disebut KFC merupakan perusahaan waralaba yang bergerak di bidang restoran cepat saji.

Makanan yang disajikan dalam KFC mayoritas ayam goreng. Bila dilihat dari hasil penjualan, KFC menduduki posisi nomor dua sebagai perusahaan terbesar di dunia. Hal ini dibuktikan dengan adanya 150 negara sebagai kantor cabang KFC.

Awalnya KFC hanya menjual ayam goreng biasa yang diolah dengan 11 bumbu rahasia, lengkap dengan rempah-rempah pilihan.

Kemudian ayam tersebut dijual di restoran pinggiran. Sejak saat itu, banyak yang suka dengan menu ayam goreng KFC.

Alhasil pemilik perusahaan KFC melakukan mengembangan produk, antara lain kentang goreng, salad, hingga burger.

  • Jenis Perusahaan : Restoran cepat saji
  • Pendiri Perusahaan : Harland Sanders
  • Waktu Pendirian Perusahaan : 20 Maret 1930
  • Kantor Pusat : Texas, Amerika Serikat
  • Produk Perusahaan : Ayam goreng, kentang goreng, salad, hingga sandwich ayam
  • Cabang Perusahaan : 22.621 lokasi

Gaji Karyawan KFC

KFC Indonesia menjadi perusahaan makanan pertama yang banyak dilirik oleh para pencari kerja. Salah satu alasannya adalah besarnya gaji karyawan KFC setiap bulannya.

Dengan gaji tersebut setiap karyawan KFC bisa hidup sejahtera. Namun untuk menjadi karyawan KFC tidak mudah. Anda harus mengikuti seleksi karyawan yang sudah ditentukan oleh perusahaan.

Seleksi karyawan yang selesai dilakukan akan diarahkan untuk mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar karyawan tersebut mahir dalam melayani para pelanggan.

Sehingga para pelanggan akan sangat senang dan puas dengan pelayanan terbaik yang didapatkannya.

Di KFC sendiri ada banyak posisi yang ditempati oleh karyawannya dan di bawah ini Anda bisa mengetahui gaji karyawan KFC sesuai dengan posisinya.

45 Jenis Pekerjaan Di KFC

45 Jenis – Jenis Pekerjaan di KFC Sebagai Berikut:

  1. Accounting Staff and Account Payable Staff Rp 4,0 Jt
  2. Administration Staff Rp 2,8 Jt
  3. Assistant Manager Rp 4,0 Jt
  4. Assistant Operational Manager Rp 6,0 Jt
  5. Cashier Rp 2,2 Jt
  6. Cook Rp 2,5 Jt
  7. Corporate Legal Rp 10,0 Jt
  8. Crew Restoran Rp 4,0 Jt
  9. Customer Service Rp 4,0 Jt
  10. Digital Media Manager Rp 12,0 Jt
  11. Driver Rp 2,5 Jt
  12. Finance and Accounting Staff Rp 2,5 Jt
  13. Intern Magang Rp 1,5 Jt
  14. Internal Audit Staff Rp 6,0 Jt
  15. IT Programming Rp 8,0 Jt
  16. 16.IT Support Rp 2,5 Jt
  17. Kasir Rp 2,0 Jt
  18. Kitchen Cook Rp 2,5 Jt
  19. Koperasi KaryawanRp 4,0 Jt
  20. Manager Rp 8,0 Jt
  21. Market Analyst Manager Rp 10,0 Jt
  22. Market Development Planner Rp 4,0 Jt
  23. Officer Rp 6,0 Jt
  24. Part Time Job Rp 2,3 Jt
  25. PelayanRp 1,5 Jt
  26. Pramuniaga Rp 1,5 Jt
  27. Regional Quality Assurance Rp 6,0 Jt
  28. Restaurant Assistant Manager Rp 5,0 Jt
  29. Restaurant Crew Rp 4,0 Jt
  30. Restaurant Manager Rp 7,0 Jt
  31. Rider Rp 1,5 Jt
  32. Shift Head Rp 4,0 Jt
  33. Staff Crew Rp 2,1 Jt
  34. Store ManagerRp 10,0 Jt
  35. Supervisior Rp 4,8 Jt
  36. WaiterRp 1,8 Jt
  37. WaitressRp 1,5 Jt
  38. Business Development Rp 4,61 Jt
  39. Media / Public Relations Rp 2,05 Jt
  40. Logistik & Transportasi Rp 2,85 J
  41. Finance / Akunting Rp 9,23 Jt
  42. Riset / Sains / Pengembangan Rp 2,77 Jt
  43. IT / Internet Rp 4,83 Jt
  44. Human Resource Rp 4,90 Jt
  45. Management Product / QC Rp 3,59 Jt

Catatan: Besarnya gaji karyawan KFC setiap bulannya tergantung dari UMK/UMR setempat, kinerja dan jabatan yang diperoleh.

Setiap karyawan KFC mendapatkan gaji yang berbeda-beda. Sehingga tidak dapat disamaratakan. Oleh sebab itu bila karyawan ingin mendapatkan kenaikan gaji, maka kinerja yang dihasilkan harus ditingkatkan lagi.

Produk & Layanan Perusahaan

Perusahaan waralaba KFC memiliki beberapa jenis layanan yang bisa Anda nikmati. Layanan tersebut dibuat untuk membuat para pelanggan merasa nyaman dan puas selama menikmati produk yang ditawarkan KFC.

Hingga kini layanan KFC selalu dilakukan penambahan dan perbaikan untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya.

1. KFC Coffee

KFC coffee sangat bermanfaat untuk Anda yang suka dengan minuman kopi. Kapanpun Anda ingin minum kopi, karyawan KFC siap melayani dengan sebaik mungkin.

Semakin baik pelayanan yang diberikan, maka poin kinerja yang didapatkan semakin banyak. Dengan poin kinerja tersebut, akan menentukan besarnya gaji karyawan KFC setiap bulannya.

2. Drive Thru

Drive thru dapat Anda gunakan ketika malas untuk turun dari kendaraan. Sehingga Anda dapat memesan melalui order point. Untuk pilihan menu ada di etalase tempat order point.

Kemudian Anda tinggal membayar di payment point, lalu mengambil pesanan di collect point. Adanya layanan drive thru ini sangatlah mudah dan cepat, tanpa perlu antri di dalam restoran.

3. Catering

Layanan catering bisa dimanfaatkan ketika Anda hendak menggelar sebuah acara kantor. Anda dapat memesan catering dalam jumlah besar. Pastinya harga catering yang ditawarkan lebih hemat.

Untuk pilihan menunya, Anda bisa sesuaikan dengan peserta acaranya. Dengan begitu Anda tidak perlu bingung lagi dalam mencari catering untuk acara kantor.

4. Breakfast

Menu breakfast selalu disediakan untuk Anda yang malas sarapan di rumah. Ada berbagai macam menu breakfast yang bisa Anda pesan. Setiap menu breakfast, dijual dengan harga dan varian makan yang berbeda-beda.

Sehingga Anda bisa memilih menu sesuai dengan keinginan. Untuk layanan breakfast, bisa Anda dapatkan dari jam 05.00 sampai 10.00 pagi.

5. KFC Birthday

Nah, kalau layanan yang ini sangat cocok untuk anak-anak. Bagi orang tua yang tidak mau repot mengurus ulang tahun anak, bisa menggunakan KFC Birthday.

Berbagai promo menarik, harga khusus dan souvenir pilihan bisa Anda dapatkan. Yuk rayakan ultah anak Anda tanpa perlu ribet namun tetap berkesan di KFC Birthday.

Selain gaji karyawan KFC yang cukup tinggi, KFC juga mendapatkan berbagai penghargaan selama keberadaannya di Indonesia.

Pada tahun 2020, KFC berhasil meraih penghargaan yaitu Indonesia Top Digital Public Relations Award 2020.

%d blogger menyukai ini: