Pengertian: Tugas dan Tanggung Jawab, Manfaat, Contoh, Jenis Tanggung Jawab, Perbedaan Tugas & Tanggung Jawab

Jasindopt.com – Kali ini kita akan membahas tentang pengertian tugas dan tanggung jawab, masih banyak orang tidak bisa membedakan antara tugas dan tanggung jawab.

Tugas adalah sesuatu yang dikerjakan oleh seseorang baik sebagai akibat dari jabatan yang dimilikinya maupun diberikan oleh pihak lain. Sedangkan Tanggung Jawab merupakan satu atau serangkaian hal dan atau kegiatan yang mengikat seseorang dan bersifat wajib terkait jabatan yang dimilikinya.

Apa itu Tugas?

Pengertian Tugas adalah sesuatu yg wajib dikerjakan atau sesuatu perintah yang telah ditentukan untuk dilakukan.

Pekerjaan yang menjadi tanggung jawab seseorang, Pekerjaan yang dibebankan, dan hendaklah dijalankan sesuai dengan fungsi masing-masing. Tugas merupakan wujud pertanggungjawaban individu ataupun organisasi.

Tugas juga dapat diartikan sebagai suatu pekerjaan dan tanggung jawab seseorang. Pekerjaan yang dibebankan, sesuatu yang wajib dilakukan atau ditentukan untuk perintah agar melakukan sesuatu dalam jabatan tertentu.

Contoh penerapan tugas dalam organisasi adalah Adanya merupakan kegiatan yang telah direncanakan dalam sebuah organisasi. Tanpa organisasi tidak mungkin seseorang dapat melakukan pekerjaan.

Pekerjaan yang dimaksud adalah disini adalah tugas atau perintah yang diberikan oleh atasan kepada bawahan sebagai tanggungjawab dalam suatu jabatan/ bidang dalam sebuah organisasi.

Dalam penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa tugas adalah pekerjaan seseorang dalam organisasi atas pemberian dalam sebuah jabatan.

Sehingga dalam menjalankan tugasnya, seseorang dapat memahami tugas dan fungsi kerja dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku pada organsasi tersebut.

Oleh karena itu dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab dalam jabatan organisasi. Perlu adanya kerja sama dengan bidang – bidang lain.

Ini dimaksudkan Dalam melakukan tugas, setiap bidang di organisasi harus memiliki garis koordinasi dan kerja sama yang baik untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Hal yang harus diperhatikan dalam pemberian tugas:
  1. Tujuan penugasan
  2. Bentuk pelaksanaan tugas
  3. Manfaat tugas
  4. Bentuk Pekerjaan
  5. Tempat dan waktu penyelesaian tugas
  6. Memberikan bimbingan dan dorongan
  7. Memberikan penilaian

Pengertian Tanggung Jawab

Rasa tanggung jawab adalah suatu pengertian dasar untuk memahami manusia sebagai makhluk susila dan tinggi rendahnya akhlak yang dimilikinya.

Terkait rasa tanggung jawab, sebaiknya manusia melandasi anggapannya dengan mengakui kenyataan bahwa manusia dalam hubungan yang sempit dan luas memerlukan satu sama lain untuk mewujudkan nilai-nilai kehidupan yang dirasanya baik dan menunjang eksistensi dirinya.

Rasa tanggung jawab kemudian berkembang bukan hanya pada tataran personal, tetapi selalu dikaitkan dengan hubungan dengan orang lain, sehingga dapat dibuat dalam sistem hukum, bahkan hukum pidana.

Seseorang yang terhubung dengan pihak-pihak lain tidak bisa lepas dari rasa tanggung jawab yang melekat pada dirinnya.

David Eagleman menjelaskan bahwa tabiat dan kematangan seseorang mempengaruhi perilaku seseorang, salah satu kegagalannya akan dituntut secara hukum, yaitu dipenjara. 

Dia juga percaya bahwa ilmu pengetahuan menuntut perubahan dan perbaikan, bukan rasa bersalah, harus menjadi fokus dari sistem peradilan hukum.

Jenis – jenis Tanggung Jawab

  • Tanggung jawab moral. Tanggung jawab identik dengan tindakan moral. Tanggung jawab moral melingkupi tiga unsur: kebebasan bertindak dan tindakan integral tanggung jawab (lahir dari hati nurani).
  • Tanggung jawab sebagai warga negara. Baik sebagai pemikul jabatan pemerintah maupun kewajiban sebagai rakyat. Seorang pejabat negara bertanggungjawab kepada instansi dan tugas-tugas yang diberikan kepadanya selaku pejabat. Sedangkan seorang warga biasa, seseorang bertanggung jawab kepada negara, misalnya membayar pajak dan mematuhi peraturan pemerintah yang telah ditetapkan dalam peraturan-peraturan tertentu. Sebagai contoh, di negara demokrasi, kepala pemerintahan bertanggungjawab kepada parlemen dan rakyatnya sesuai undang-undang.

Tanggung jawab adalah sikap atau perilaku untuk melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh dan siap menanggung segala risiko dan perbuatan. Berikut contoh tanggung jawab.

Apa yang dimaksud dengan tanggung jawab? Tanggung jawab adalah kesadaran seseorang melakukan suatu kegiatan, dan bersedia menjalani risiko akibat perbuatan.

Tanggung jawab termasuk tingkah laku manusia, untuk sadar akan perbuatan dan kewajiban yang harus dilakukan. Contoh sikap tanggung jawab adalah memiliki keyakinan pada Tuhan Yang Maha Esa.

Pengertian Tanggung Jawab

Menurut kamus umum bahasa Indonesia, tanggung jawab adalah kewajiban yang ditanggung seorang individu termasuk menanggung akibatnya.

Contoh tanggung jawab yaitu seorang siswa wajib belajar demi memenuhi kewajibannya. Kadar tanggung jawab ini diterima ketika dia menerima hasil ujian apakah nilainya bisa membaik atau buruk.

Setiap tindakan dan keputusan ini dituntut untuk memiliki tanggung jawab. Tanggung jawab dipercayakan pada seseorang atau orang lain diterima sebagai tugas.

Sikap tanggung jawab ini diwujudkan pada diri sendiri, keluarga, dan masyarakat. Sikap ini terbentuk seiring perkembangan seorang anak sampai dewasa.

Jenis Tanggung Jawab

Sikap tanggung jawab berasal dari kemauan diri sendiri atas kewajiban yang harus dilakukan. Mengutip dari buku Kreatif Tematik Tema 6 Kelas V, berikut jenis tanggung jawab:

1. Tanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa

Manusia punya tanggung jawab untuk beriman kepada Tuhan. Tanggung jawab ini contohnya menjalankan perintah Tuhan dan menjauhi larangan-Nya.

2. Tanggung Jawab Kepada Keluarga

Keluarga terdiri dari orang tua, anak-anak, dan anggota keluarga lain. Keluarga termasuk ke dalam lingkungan masyarakat yang lebih kecil. Sebagai anggota keluarga, harus bertanggung jawab untuk menjaga nama baik keluarga.

Dalam sebuah keluarga seorang ayah, ibu, dan anak akan berperan untuk kesejahteraan, pendidikan, dan keselamatan. Umumnya, setiap keluarga memiliki peraturan dan hukuman untuk mendidik anggotanya.

3. Tanggung Jawab Kepada Diri Sendiri

Setiap individu punya kewajiban untuk memenuhi hak dan kewajiban. Tujuan tanggung jawab kepada diri sendiri ini untuk memecahkan masalah dan mengenal diri sendiri.

4. Tanggung Jawab Kepada Masyarakat

Setelah keluarga, setiap individu membentuk kehidupan lebih besar dalam lingkup masyarakat. Warga punya tanggung jawab untuk dijalankan demi keamanan.

5. Tanggung Jawab Kepada Bangsa Dan Negara

Individu punya kedudukan menjadi warga negara. Setiap negara memiliki norma, aturan, hukum yang berlaku untuk warga negaranya.Warga negara bertanggung jawab kepada negara serta tidak berbuat semaunya sendiri.

Manfaat Tanggung Jawab

  1. Seseorang akan dihormati, dihargai, dan dipercaya oleh orang lain karena bertanggung jawab.
  2. Sikap berani mengakui kesalahan yang dilakukan, serta mau mengubah tindakan menjadi lebih baik merupakan kunci kesuksesan.
  3. Tanggung jawab yang dilakukan secara konsisten, membuat seseorang berhasil menyelesaikan tugas dengan baik.
  4. Sikap tanggung jawab ini membuat seseorang melakukan perencanaan dan bertindak lebih hati-hati.
  5. Individu akan lebih kuat dan tegar untuk menghadapi suatu permasalahan, melalui tanggung jawab yang harus diselesaikan.

Contoh Tanggung Jawab

1. Tanggung Jawab Kepada Tuhan

Contoh perilaku tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yaitu rela berkorban, mengerjakan tugas secara sungguh-sungguh, jujur, dan berani menghadapi risiko.

  • Menjalankan perintah dan menjauhi larangan Tuhan. Contohnya saja rajin beribadah dan melakukan perbuatan baik di kehidupan sehari-hari.
  • Bersyukur atas apa yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Contohnya bersyukur karena bisa sekolah, makan, dan hidup sehat.
  • Memelihara dan menjaga lingkungan ciptaan Tuhan. Contohnya bersih-bersih rumah, membersihkan tempat ibadah, dan menjaga lingkungan tetap bersih.

2. Contoh Tanggung Jawab Kepada Diri Sendiri

  • Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan.
  • Menjaga diri dari hal-hal yang membahayakan
  • Menjaga kesehatan dan gizi seimbang
  • Selalu waspada dan menjaga keamanan di tempat yang berbahaya.
  • Melaksanakan tugas sesuai tanggung jawab.
  • Berjanji akan menepati
  • Bertanggung jawab pada perkataan dan perbuatan.
  • Bertanggung jawab terhadap keputusan yang sudah dipilih.

3. Contoh Tanggung Jawab Kepada Keluarga

  • Menjaga nama baik keluarga. 
  • Memelihara lingkungan yang bersih, nyaman, dan aman untuk anak-anak. 
  • Membuat peraturan yang sudah ditetapkan bersama. 
  • Sikap dan perilaku disiplin sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku di dalam keluarga. 
  • Menjaga hubungan baik untuk menghormati, menyayangi, dan menghargai keluarga. 

4. Tanggung Jawab Kepada Masyarakat

  • Ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh masyarakat. Contohnya bersih desa, karang taruna, ikut kegiatan pos kamling. Kegiatan dalam lingkungan ini untuk menjaga kebersihan, keamanan, dan ketertiban di masyarakat.
  • Tidak melakukan perbuatan yang melanggar peraturan dalam masyarakat. Contohnya tidak mencuri dan main hakim sendiri.
  • Berani melaporkan kejadian mencurigakan dan merugikan masyarakat yang berwenang. Contoh melapor pada polisi jika ada kejadian mencurigakan di lingkungan.
  • Menghargai perbedaan masyarakat yang berbeda suku, agama, dan budaya.

5. Contoh Tanggung Jawab Kepada Bangsa dan Negara

  • Mencintai tanah air. 
  • Melestarikan bahasa dan seni budaya. 
  • Menghargai keanekaragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. 
  • Mencintai produk dalam negeri. 
  • Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. 
  • Tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum. 

Perbedaan Tugas Dan Tanggung Jawab

Perbedaan Antara Tugas dan Tanggung Jawab: Tugas dan tanggung jawab mudah disalahartikan satu sama lain tetapi secara kontekstual berbeda. Kewajiban adalah komitmen moral terhadap sesuatu atau seseorang, sedangkan tanggung jawab adalah kondisi untuk bertanggung jawab.

Tugas mencerminkan rasa hormat atau kepatuhan, untuk pekerjaan, aturan, atasan, atau orang yang lebih tua, sedangkan tanggung jawab mencerminkan akuntabilitas atas kinerja atau nonkinerja sesuatu.

Tugas

Kata kewajiban berasal dari kata Latin ‘debate, yang berarti kewajiban; menelepon untuk melakukan sesuatu. Ini menentukan apa yang seharusnya dilakukan seseorang dalam tindakan normal secara umum atau dalam keadaan tertentu.

Kewajiban adalah apa yang harus kita lakukan menurut hukum, konvensi, atau aturan moral. Hal ini dapat dibedakan menurut hukum dan peraturan, tetapi juga memiliki konotasi pribadi berdasarkan seseorang nilai-nilai, Juga.

Hukum yang mengatur negara telah menetapkan tugas-tugas tertentu yang harus diikuti oleh setiap warga negara. Ini menunjukkan kekuatan tak kasat mata yang mengikat seseorang untuk melakukan sesuatu yang dianggap benar di mata hukum, yang tidak melakukannya dapat mengakibatkan denda atau hukuman.

Tugas adalah tugas, perilaku, pekerjaan, atau layanan wajib yang muncul dari posisi, pekerjaan, atau peran individu. Dalam manajemen, kata ‘tugas’ digunakan untuk mendefinisikan tugas atau fungsi yang harus dilakukan oleh seorang karyawan, karena itu adalah bagian dari pekerjaannya.

Rasa kewajiban adalah untuk mematuhi aturan politik, hukum, dan moral yang ditetapkan oleh suatu organisasi.

Tanggung jawab

Tanggung jawab digunakan secara bergantian dengan kata tugas. Ini berasal dari kata Latin ‘respondere’, yang berarti menjamin; menanggapi sesuatu.

Ini mendefinisikan keadaan bertanggung jawab (bertanggung jawab secara moral atau memiliki kewajiban untuk melakukan sesuatu): ini melibatkan pengambilan keputusan dan disertai dengan seseorang yang memiliki tugas tertentu. Tanggung jawab datang dalam dua bagian: itu dapat diberikan kepada Anda, tetapi Anda juga harus mengambil tanggung jawab dengan menerima peran atau tugas yang diberikan kepada Anda.

Itu membuat seseorang bertanggung jawab atau bertanggung jawab atas penyelesaian tugas, atau penyimpanan barang berharga / uang tunai, atau perlindungan seseorang. Oleh karena itu, orang yang menerima tanggung jawab harus siap menanggung akibatnya, atas tindakan atau keputusan yang diambilnya dalam hal ini, yang mungkin positif atau negatif.

Tanggung jawab sering kali datang dengan wewenang untuk memberikan arahan dan mengambil tindakan yang relevan bila diperlukan. Ketika wewenang didelegasikan kepada seseorang, dia bertanggung jawab atas kinerjanya dan penggunaan wewenang yang didelegasikan secara optimal.

Perbedaan Antara Tugas dan Tanggung Jawab

1. Istilah ‘tugas’ adalah komitmen moral terhadap sesuatu atau seseorang, sedangkan tanggung jawab adalah kondisi bertanggung jawab.

2. Tugas menuntut pengorbanan kepentingan pribadi.

3. Karena kewajiban mengacu pada komitmen moral, itu menunjukkan perasaan aktif untuk melakukan sesuatu.

4. Tanggung jawab dapat disebut sebagai kemampuan untuk bertindak atas kehendak sendiri, tanpa pengawasan apapun. Ini adalah kewajiban untuk berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan.

5. Dalam tanggung jawab, seseorang bertanggung jawab penuh atas seluruh tugas dan hasilnya. Adalah tanggung jawab orang tua untuk memberikan pendidikan yang baik kepada anak-anaknya.

6. Sekali seseorang mengikatkan dirinya dengan suatu kewajiban atau jika dia telah dipercayakan dengan suatu kewajiban, maka orang itu sepenuhnya mengikatkan dirinya untuk itu.

%d blogger menyukai ini: