35 Jenis-Jenis Pekerjaan Dan Profesi Masa Kini Yang Muncul di Era Digitalisasi, Pekerjaan Kekinian Yang Banyak Disukai Generasi Z

Metaverse adalah suatu teknologi Augmented Reality (AR) yang memungkinkan individu untuk berinteraksi dengan individu lainnya secara virtual. Metaverse kerap diartikan sebagai simulasi dunia nyata manusia yang diimplementasikan di dunia maya atau internet.

JasindoPT.com – Era Digital adalah suatu masa yang sudah mengalami perkembangan dalam segala aspek kehidupan dari yang tadinya analog menjadi serba digital atau menggunakan teknologi.

Pada Era Digital seperti ini, manusia secara umum memiliki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik. Di Era digital, kita lebih mudah dalam mendapatkan berbagai informasi melalui internet dengan dukungan gadget yang memadai.

Di era Revolusi Industri 4.0 ini, terjadi banyak perubahan-perubahan teknologi digital di berbagai bidang kehidupan manusia, baik di sektor ekonomi, bisnis, perbankan, infrastruktur, maupun komunikasi. Sebagai dampaknya, muncul profesi-profesi baru.

Generasi Z adalah salah satu generasi yang lahir di era digital ini. Mereka inilah yang paling banyak merasakan dampak dari perkembangan teknologi ini. Generasi Z adalah generasi penerus setelah generasi milenial.

Menurut Pew Reseach, definisi dari generasi Z adalah orang yang lahir setelah 1997 yang tumbuh dengan teknologi, internet, dan media sosial. Sebab dari lahir hingga dewasa, generasi ini telah terpapar internet, jaringan sosial, dan sistem seluler.

Fungsi dari media sosial pun semakin bergeser, dari yang hanya sebagai media komunikasi, kini sudah menjadi wadah untuk eksistensi diri. Ya, salah satunya adalah menjadikan media sosial sebagai lahan untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Nah, akibat Era Digital ini banyak jenis-jenis pekerjaan baru yang kekinian, Cocok untuk generasi masa kini.

Berikut ini beberapa profesi-profesi baru yang muncul di era digital, di antaranya yaitu:

1. Youtuber

Pengertian Youtuber: Seorang atau sekelompok orang yang memiliki channel Youtube sendiri, membuat, menayangkan vlog, dan mencari subscribers. Awalnya, Youtuber hanya sekadar hobi, namun kini, bila diseriusi, bisa dijadikan profesi profesional.

Profesi sebagai Youtuber dikategorikan sebagai pekerjaan bebas dengan Klasifikasi Usaha nomor KBLI 90002 (Kegiatan Pekerja Seni) sesuai PER-17/PJ/2015.

Wikipedia: YouTuber, juga dikenal sebagai pembuat konten YouTube, adalah jenis videografer yang membuat video untuk situs web berbagi video Youtube, kadang-kadang didukung oleh jaringan. Beberapa tokoh YouTube juga memiliki sponsor perusahaan yang membayar untuk penempatan produk dalam klip mereka atau produksi video online.

Penghasilan Youtuber: Selama ini, perhitungan gaji YouTuber bisa dihitung dari salah satunya yakni Cost per Mille atau CPM (biaya per seribu tampilan), Kemudian pendapatan lainnya berasal dari biaya per klik atau pendapatan yang hanya masuk ketika penonton mengklik iklan yang muncul.

Profesi YouTuber adalah salah satu pekerjaan populer saat ini, beberapa anak kecil bahkan ingin menjadi YouTuber ketika dewasa kelak. Pasalnya, pekerjaan sebagai YouTuber memungkinkan kita untuk menyalurkan passion sekaligus bekerja tanpa waktu yang terikat. Jika kanal YouTube kita sudah besar dan ditonton banyak orang, uang yang dihasilkan pun bisa luar biasa besar. Hal yang paling dibutuhkan ketika hendak memulai karir sebagai YouTuber sebetulnya adalah niat.

2. Selebgram

Selebgram atau Selebritis Instagram adalah istilah untuk para pengguna akun Instagram yang terkenal melalui situs jejaring sosial Instagram tersebut.

Selebgram tidak jauh berbeda dengan selebritis pada umumnya. Ketenaran seorang selebgram tidak terlepas dari bagaimana mereka mempresentasikan diri mereka melalui akun instagram mereka.

Layaknya selebriti, mereka juga memiliki penggemar dan menjadi trendsetter. Seseorang dikatakan sebagai selebgram jika memiliki minimal 20.000 followers.

Berapa Penghasilan Selebgram? Penghasilannya ya berbeda-beda, namun kisaran per posting Instagramnya mulai dari 20.000 Rupiah hingga 70-an Juta Rupiah.

Selebgram dengan pengikut antara 1.000 hingga 10.000 atau dikenal dengan mikroinfluencer bisa menghasilkan USD1.420 atau sekitar Rp20,5 juta per bulan. Dari angka tersebut dapat disimpulkan para selebritis Instagram ini rata-rata menghasilkan USD31 atau Rp499.000 per jam.

3. Tiktoker

Tiktokers adalah sebutan bagi orang-orang yang gemar bermain Tiktok.

Berbeda dari YouTube dengan AdSense-nya, TikTok tidak memberikan bayaran untuk setiap ads yang dipasang di akun pengguna. Bagi Anda pemilik brand, akun personal, atau bahkan untuk pemula, ada beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa Anda coba, yaitu: Sponsored Content Post. Donasi atau Payout Coins.

Berapa Gaji Tiktokers ? TikToker dengan pengikut besar dapat menghasilkan dari $200 hingga $5.000 per bulan, atau bahkan hingga $1000 – $30000 (Rp 14 juta – Rp 422 juta) tergantung pada ukuran pengikut mereka.

Menurut laman The Sun, syaratnya adalah berusia minimal 18 tahun dan memiliki 10 ribu followers. Perusahaan membutuhkan influencer untuk mengunggah video mengenai produk mereka sebagai bagian dari promosi. Diharapkan bisa mendorong produk dijual dengan jumlah yang banyak.

4. Data Analyst dan Data Scientist.

Data Analyst adalah seseorang yang meneliti informasi menggunakan alat analisis data. Hasil analisis data yang mereka peroleh membantu perusahaan atau klien mereka dalam membuat keputusan penting dengan mengidentifikasi berbagai fakta dan tren.

Data scientist adalah seseorang yang memiliki tugas menganalisa database perusahaan untuk meningkatkan pengembangan produk, marketing, dan strategi bisnis. Serta menganalisis data agar mendapatkan insight yang dapat digunakan dalam mengembangkan bisnis perusahaan.

Data Scientist menganalisis data untuk mendapatkan prediksi masa depan yang dapat mendorong perusahaan. Yang membedakan Data Scientist dari Data Analyst adalah algoritma Machine Learning. Algoritma ini adalah apa yang digunakan Data Scientist untuk memprediksi peristiwa di masa depan.

5. Big Data Specialist

Big data adalah kumpulan data yang sangat besar, kompleks dan terus bertambah setiap waktu. Data ini dihasilkan dari aktivitas internet yang makin rutin dilakukan, baik untuk tujuan pribadi maupun bisnis. Sebagai contoh, awalnya informasi penting dari Anda mungkin berupa data nama, alamat dan nomor telepon.

Big Data Specialist bertugas untuk mendesain, mengembangkan, hingga mengelola database. Biasanya, profesi ini akan bekerja dengan data engineer untuk membuat data workflow sesuai tujuan dari perusahaan. Selain itu, tanggung jawab lainnya dari profesi ini adalah untuk merancang dan menguji prototype database yang baru.

Big Data scientist memiliki tanggung jawab untuk mengolah data dan menyajikannya dalam sebuah produk data. Mereka mengolah :Data scientist, Data engineer, Data analyst, Data architect, Database administrator, Database manager

6. Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning Specialist,”

AI Specialist adalah orang yang ahli dalam pemrograman komputer dengan tugas utama melakukan pengecekan hipotesis. Pengecekan hipotesis ini dilakukan menggunakan simulasi kognitif yang berfungsi menguji cara kerja pikiran manusia. 

Sebagai contoh, AI Specialist mengembangkan sebuah sistem keamanan berbasis AI berupa face recognition. Teknologi face recognition dapat membantu manusia untuk mengetahui identitas seseorang. AI akan mengenali wajah objek dengan cara kerja laiknya otak manusia saat mengenali wajah seseorang. Nah, tugas dari AI Specialist adalah mengembangkan sistem ini. 

7. Digital Marketing dan Strategy Specialist

Digital marketing specialist merupakan seseorang yang bekerja bersama tim pemasaran perusahaan untuk mengidentifikasi target pasar, menciptakan brand image, serta membuat dan memelihara marketing campaign dengan menggunakan internet dan teknologi digital.

Sebagai seorang Digital Marketing Specialist, Anda akan bertugas menggunakan media digital sebagai upaya dalam kegiatan pemasaran, periklanan, dan promosi untuk mencapai tujuan perusahaan.

8. Profesi di bidang pengembangan energi terbarukan atau renewable energy engineer

Energi terbarukan adalah sumber energi yang berasal dari alam dan jumlahnya melimpah. Contoh energi terbarukan yaitu air, angin, panas bumi, cahaya matahari, dan biomassa. Hal tersebut dikarenakan sumber energi ini terbentuk melalui proses alam yang berkelanjutan.

9. Spesialis Process Automation (SPA)

Spesialis Process Automation atau Robotic Process Automation (RPA) adalah sebuah konsep teknologi yang menggunakan robot untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaan yang bersifat repetitif.

Dalam konteks ini bukanlah sebuah bentuk robot yang duduk di depan komputer dan bekerja layaknya manusia, juga dalam konteks ini bukanlah sekelompok pasukan robot seperti di film Transformer atau Terminator.

RPA merupakan software yang mampu meniru aktivitas manusia di dalam komputer dengan kecepatan dan akurasi sampai 100%.

Melalui perkembangan teknologi dan transformasi digital, para praktisi membagi teknologi dalam tiga kategori, seperti probots, knowbots, dan chatbots. RPA sendiri adalah evolusi dari tiga teknologi utama, yaitu screen wraping, workflow automation, dan artificial intelligence.

Automata sendiri merupakan bagian dari teori komputasi pada ilmu komputer. Beberapa teori komputasi datang dari bahasa dan rekayasa sistem, terutama yang berbasiskan matematika. Gagasan dasar tersebut dimodel dengan suatu simbol-simbol yang merepresentasikan juga suatu fungsi dari komputer digital.

10. Spesialis Internet of Thing

IoT adalah sebuah objek memiliki kemampuan untuk mentransmisikan atau mengirimkan data melalui jaringan tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer dan manusia.

Jadi, Internet of Things memuat konsentrasi berupa konsep konektivitas antar perangkat dengan internet menggunakan embedded systems untuk mengumpulkan, mentransfer, dan mengakuisisi data.

Secara sederhana, IoT akan menghubungkan semua objek fisik di kehidupan sehari-hari ke Internet.

Teknologi yang telah menerapkan sistem IoT. Sebagai contoh adalah sensor cahaya, sensor suara dari teknologi Google terbaru, yaitu Google Ai, dan Amazon Alexa.

Dalam kehidupan sehari-hari, teknologi ini memiliki peranan yang cukup penting dan inovatif. Diantaranya adalah :

1. Bidang Energi

Permasalahan yang timbul di bidang energi antara lain pencemaran, pemborosan, dan pengikisan sumber daya. Peran IoT dalam bidang ini seperti pada penerapan sensor cahaya yang dapat mengurangi penggunakan energi listrik.


2. Bidang Pendidikan

Di bidang pendidikan, Internet of Things dapat membuat fitur yang bermanfaat dalam membantu proses pembelajaran antara guru dan murid. Seperti fitur smart presensi, pengaturan suhu ruang, hingga sensor-sensor lain yang dapat dikendalikan secara otomatis.

3. Bidang Pertanian

Pengaplikasian IoT di sektor pertanian contohnya mengumpulkan data terkait serangan hama, curah hujan, suhu, kelembaban, muatan tanah dan kecepatan angin. Data ini kemudian diambil kesimpulan sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas pengelolaan tanaman.

Beberapa produk IoT pertanian yang sudah bisa dinikmati adalah agricultural drone untuk penyemprot air dan pupuk menggunakan sensor. Smart Greenhouse yang menggunakan sensor suhu, kelembaban ruangan dan tanah, intensitas cahaya dan masih banyak lagi

11. Profesi Digital Transformation Specialist (Spesialis Transformasi Digital)

Transformasi Digital adalah merupakan bagian proses dari teknologi yang lebih tinggi, yang mana merupakan perubahan berkaitan dengan penerapannya pada seluruh aspek kehidupan yang terdapat dalam masyarakat.

Transformasi digital mencakup penggunaan dan kemampuan transformatif dalam hal menginformasikan kesadaran digital.

Tahap transformasi adalah tahap penggunaan proses digital yang memungkinkan inovasi dan kreativitas dalam suatu produk digital tertentu, bukan hanya meningkatkan saja, tetapi juga mendukung metode tradisional.

Contoh sederhana begini, transformasi digital dapat menghasilkan Konsep Paperless yaitu upaya untuk mengurangi pemakaian kertas bukan berarti meniadakan pemakaian kertas sama sekali dan mempengaruhi efektifitas usaha perorangan dan dapat berguna pada seluruh segmen masyarakat, seperti pemerintah, komunikasi massa,seni, obat-obatan dan ilmu pengetahuan.

Profesi digital transformation specialist merupakan pengguna teknologi yang mampu mengubah proses bisnis untuk menciptakan sebuah bisnis baru. Profesi satu ini berfungsi untuk mengembangkan sistem keamanan dan menjaga jaringan serta sistem dalam sebuah instansi atau perusahaan.

12. Profesi Bussines Services dan Administrasi Manager

Manajer Administrasi menjalankan operasi bisnis. Mereka mengoordinasikan prosedur harian, mengelola perlengkapan kantor, dan memantau pengeluaran umum dan administrasi (G&A).

Untuk peran ini, gelar sarjana tidak selalu diperlukan, tetapi kandidat dengan gelar S.A.B (Sarjana Administrasi Bisnis) di bidang Administrasi Bisnis akan menonjol. Orang-orang dengan sertifikat profesional dan/atau pengalaman manajemen kantor, akan lebih terbiasa dengan prosedur dasar, seperti cara menggunakan peralatan kantor dan cara menyiapkan laporan rutin (misalnya laporan pengeluaran mingguan.)

Untuk mempekerjakan Manajer Administrasi yang sukses, biasanya penyaringan kandidat dalam hal soft skill. Biasanya untuk mengisi posisi ini, orang yang dapat mengatur pekerjaan mereka, memelihara sistem pengarsipan yang efisien, dan mengelola beban kerja mereka, terlepas dari adanya tenggat waktu.

Orang-orang ini akan berinteraksi dengan tim dan mitra eksternal melalui telepon dan email, jadi yang dicari ialah kandidat dengan keterampilan komunikasi verbal dan tertulis yang kuat.

Peran dari pekerjaan ini akan membutuhkan pengawasan dan pelatihan personel, maka dari itu biasanya akan diajukan pertanyaan wawancara yang mengungkapkan kemampuan untuk manajemen kandidat.

13. Spesialis Business Development (Arsitek Pengembang Bisnis)

Dilansir dari Forbes, Bisnis Depelopmen adalah sebuah proses menciptakan nilai jangka panjang untuk perusahaan melalui pelanggan, pasar, dan juga relasi bisnis.

Maksudnya begini, Bisnis Developmen adalah orang yang bertanggung jawab untuk mencari cara supaya interaksi dari ketiga saluran tersebut (pelanggan, pasar, dan relasi bisnis) bisa menciptakan peluang bagi perusahaan untuk terus tumbuh.

Nilai jangka panjang atau yang biasa disebut long-term-value sendiri sederhananya yaitu uang, keuntungan, image, atau apa saja yang menjadi tujuan utama sebuah perusahaan berkembang.

14. Pengusaha Start-up Company

Start-up Company bukan hanya istilah untuk sebuah perusahaan baru yang bersentuhan dengan teknologi, dunia maya, aplikasi atau produk, tetapi juga mengenai jasa dan gerakan ekonomi rakyat. Contoh Start-up lokal yang kini sudah mencetak sukses di dunia maya antara lain; Kaskus, Tokopedia, Gojek, dan masih banyak lainnya.

15. Application Developer

Sering pula disebut dengan profesi di bidang IT. Contoh hasil kerja seorang application developer yang paling mudah ialah pembuatan aplikasi yang dapat kita temukan di Google Play Store. Contoh aplikasi yang semakin marak digunakan di era pandemi sekarang ini ialah Zoom. Aplikasi online meeting seperti Zoom sangat memudahkan pebisnis dalam melakukan kegiatan di era pandemi.

16. Content Writer

Content writer bekerja menulis artikel yang akan diunggah di website perusahaan. Pekerjaan sebagai content writer sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan karena  artikel yang dibuat oleh content writer harus informatif dan merepresentasikan produk ataupun citra perusahaan.

17. Blogger

Blogger adalah pekerjaan yang mudah untuk dimulai, terutama jika kita senang membuat konten.

Selain itu, aktivitas blogging juga tidak mahal dan bahkan bisa dimulai dengan memanfaatkan platform tidak berbayar.

Kita bisa menulis hal-hal yang kita sukai, seperti tentang makanan, film, musik, dan topik-topik lainnya.

Blogging memang tak bisa begitu saja memberikan kita banyak uang. Tetapi, seiring berkembangnya blog kita dan semakin banyak orang yang kita jangkau, maka semakin besar pula kemungkinan kita mendapatkan keuntungan dari aktivitas ini.

Kuncinya adalah sabar.

18. Robotics Specialists dan Engineers

Robotika merupakan suatu perangkat mekanis yang telah diprogram untuk menjalankan tugas sesuai perintah pada sistem yang dikonfigurasikan dari perangkat lunak komputer. Robotika digunakan dalam banyak aspek manufaktur untuk membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi sekaligus menurunkan biaya produksi. Robot di bidang manufaktur berkolaborasi dengan pekerja untuk melakukan tugas yang berulang ataupun rumit di bawah bimbingan dan kendali operatornya.

19. Copywriting

Copywriting adalah menulis untuk tujuan berkaitan dengan aktivitas marketing dan ini sangat bisa dilakukan di rumah.

Selain menjadi copywriter perusahaan, kita juga bisa menjadi freelance copywriter.

20. Event planner

Perencana acara atau event planner bertugas untuk membantu penyelenggaraan acara penting, mulai dari acara korporat, pesta pernikahan, hingga pesta pernikahan. Dalam mengorganisasi acara, seorang event planner tak melulu harus bertemu dengan klien atau tim.

Komunikasi juga bisa dilakukan secara online, dengan beberapa kali pertemuan tatap muka jika diperlukan.

21. Bisnis e-commerce

Selama memiliki sambungan internet yang memadai, kita bisa melakukan bisnis e-commerce di rumah.

Jika tidak memiliki barang dan jasa sendiri untuk dijual, kita bisa memulainya dengan menjadi dropshipper.

Ketika menjadi dropshipper, kita bahkan tak perlu ke luar rumah karena produsen akan mengirimkan langsung barang ke pelanggan dan kita hanya perlu membantu memasarkannya.

22. Desainer Grafis

Banyak bisnis membutuhkan seseorang untuk membantu mereka mendesain logo, situs, atau visual iklan. Pekerjaan ini membutuhkan skill khusus di bidang desain grafis, bahkan beberapa orang punya latar belakang pendidikan khusus di bidang ini. Semakin tinggi skill kita, maka akan semakin banyak klien yang datang untuk menggunakan jasa kita. Dengan semakin majunya teknologi dan platform media sosial, semakin banyak pula orang yang memerlukan jasa seorang desainer grafis sehingga pekerjaan ini sangat potensial.

Profesi graphic designer bekerja untuk membuat konten pemasaran perusahaan dalam bentuk gambar. Dalam membuat desain, seorang graphic designer dituntut untuk memiliki kreatifitas yang sangat tinggi. Hal ini perlu agar menghasilkan visual yang interaktif, komunikatif dan sesuai dengan pes

24. Animator

Membuat animasi dan efek visual untuk video televisi, film video games, dan tipe media lainnya juga bisa dikerjakan di rumah.

Jika tidak ingin berafiliasi dengan agensi atau perusahaan tertentu, kita juga bisa menjalani karir sebagai freelance animator.

25. SEO Specialist

Seorang SEO soecialist bekerja dengan menganalisa, meninjau, dan menerapkan perubahan pada situs web untuk memaksimalkan jumlah orang yang mengunjungi situs tersebut dan meningkatkan penelusurannya di mesin telusur.

Tergantung kemahiran dan pengalaman, namun pekerjaan sebagai seorang SEO specialist juga memungkinkan kita untuk menghasilkan uang banyak tanpa harus bekerja di luar rumah.

26. SEO Manager

Search Engine Optimization atau SEO adalah cara yang digunakan untuk mengoptimasi suatu website, agar mendapatkan peningkatan kunjungan melalui pemilihan keyword atau kata kunci yang banyak dicari orang. 

Untuk memaksimalkan penggunaan SEO dalam suatu konten, kehadiran SEO manager sangat diperlukan. Seorang SEO manager umumnya bertugas mengatur kata kunci, yang nantinya dapat berpengaruh terhadap traffic dari suatu website

Biasanya, jenis profesi era digital yang satu ini bekerja juga di perusahaan digital, start up, atau brand tertentu yang memang berfokus dalam penerapan strategi digital marketing. Jika bekerja di start up, maka mau tak mau generasi milenial perlu memahami budaya kerja di perusahaan start up.

27. Product reviewer

Rasanya, di era media sosial saat ini, product reviewer sangat banyak kita temukan. Hasil ulasan produk mereka bisa dipublikasikan lewat berbagai media, mulai dari tulisan di blog, foto-foto menarik di media sosial, hingga video YouTube. Kita juga bisa mengontrol pendapatan kita sendiri.

Tentunya, semakin banyak yang mengakses, menonton, dan menyukai konten kita, maka potensi penghasilan pun akan semakin besar.

28. Social Media Manager

Ada banyak organisasi dan usaha yang memerlukan orang khusus untuk mengelola akun-akun media sosial mereka.

Orang-orang yang menjalani pekerjaan sebagai pengelola media sosial biasanya akan disuplai konten oleh orang yang memekerjakan mereka atau klien dan pekerjaan bisa dilakukan dari mana pun, termasuk dari rumah. 

29. Digital Marketers

Kini media konvensional seperti brosur, poster, billboard, dan lain sebagainya mulai tersaingi dengan adanya teknologi digital. Hal ini sangat berpengaruh pada strategi pemasaran yang dilakukan, di mana kini lebih mudah dan murah melakukannya dengan mengandalkan teknologi digital.

30. Videografer

Bagi pemasar digital harus menguasai SEO, strategi media sosial hingga memproduksi konten digital yang tepat dan menarik. Tuntutan pekerjaan tersebut sepadan bila kamu yang memilih bekerja disni mendapatkan hasil atau gaji yang tinggi.

Kebanyakan macam-macam pekerjaan masa kini berdiri dari hobi yang terus dikembangkan. Salah satunya lagi adalah menjadi videografer. Bukan tergolong pekerjaan baru, namun kini pekerjaan yang satu ini sangat memberikan peluang yang sangat besar untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Ya, dengan hadirnya media sosial dengan pengguna yang sangat aktif di sana, memberikan peluang bagi kamu memamerkan hasil video yang kamu ciptakan. Kamu bisa membagikannya di aplikasi media sosial yang sangat banyak digunakan saat ini seperti Instagram.

Sama halnya dengan dunia kerja pada umumnya, menjadi videografer juga juga harus selalu mengembangkan ide-ide cemerlangnya. Jadi tak hanya sebatas memiliki kemampuan video saja. Melainkan kamu harus mampu menjadi videografer profesional, yang siap bekerja di lokasi-lokasi berbeda. Hal ini bertujuan untuk sekaligus mengasah kreativitas yang kamu miliki agar bisa melakukan inovasi di setiap hasil karya yang kamu hasilkan.

31. Video Creator

Profesi sebagai video creator merupakan profesi yang diminati oleh banyak perusahaan karena banyak perusahaan yang membutuhkan seorang video creator untuk membuat konten berbentuk video. Seorang video creator harus mampu membuat konsep yang matang agar pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan dapat menarik perhatian calon konsumen.

32. Social Media Specialist

Social Media Specialist merupakan salah satu dari banyaknya macam-macam pekerjaan masa kini yang cukup menguntungkan. Pekerjaan ini berfungsi untuk melakukan pengamatan terhadap traffic yang terjadi pada media sosial. Pekerjaan ini umumnya bergerak untuk kepentingan sebuah perusahaan.

Kalau kamu memiliki kemampuan untuk selalu update mengenai perkembangan dalam media sosial, pekerjaan ini cocok untuk kamu. Soalnya perusahaan membutuhkan orang yang bisa terus update dengan perkembangan dalam media sosial guna mengerti pasar yang ditujunya.

33. Content Creator


Ada banyak tantangan yang dihadapi generasi milenial dalam dunia kerja. Meski begitu, mereka tetap perlu kreatif menemukan jenis pekerjaan yang sesuai dengan era terkini. Maka, salah satu jenis pekerjaan di era digital untuk generasi milenial yang pertama adalah menjadi content creator.

Content creator adalah seseorang yang membuat suatu konten, baik berupa foto, tulisan, atau video, yang nantinya ditayangkan atau diunggah di media sosial milik pribadi atau perusahaan.

Ini artinya, seorang content creator dapat bekerja untuk mengembangkan media sosial miliknya sendiri atau milik suatu brand (perusahaan). Dalam dunia digital marketing, peran content creator sangat besar dalam menyediakan konten digital yang interaktif, berkualitas, dan menarik minat banyak orang.

Hanya saja, profesi yang satu ini memerlukan kreativitas tanpa batas, out of the box atau berpikir kreatif, kemampuan lifelong learning (kemampuan belajar yang tinggi), sehingga dapat memiliki ide konten kreatif untuk sosial media. Selain itu, orang yang bekerja dalam bidang ini pun harus peka pada perkembangan teknologi di sekitarnya.

34. Head of E-Commerce

Seorang head of e-commerce secara umum bertugas mengelola semua aspek bisnis yang berhubungan dengan aktivitas perdagangan elektronik. Salah satunya, memastikan apakah suatu produk disertai konten digitalnya sudah sesuai dengan pangsa pasar atau tidak. 

Jika bekerja sebagai head of e-commerce, Anda juga harus memastikan bahwa kerja sama antara perusahaan dengan mitra dapat berjalan lancar dan terarah sesuai tujuan di awal. Di saat yang sama, hapus pula membangun kedekatan dengan konsumen.

Gaji seorang head of e-commerce terbilang besar, sesuai dengan beban tanggung jawabnya yang besar juga. Anda harus menyusun, merencanakan, dan melakukan analisis terhadap strategi bisnis agar produk bisa diterima masyarakat secara maksimal dan lebih unggul dibandingkan kompetitor. 

Anda juga harus mampu menganalisis kinerja dan traffic website, serta mengawasi pembuatan materi promosi produk-produk dalam perusahaan agar bisa menangani manajemen laba dan rugi, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

35. Head of Digital

Tugas seorang head of digital adalah bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berhubungan dengan semua kegiatan digital yang dilakukan perusahaan, mulai dari pemasaran secara online, pembuatan aplikasi, penggunaan media sosial, pemanfaatan e-mail marketing, mendesain website, dan membuat konten pemasaran yang berkaitan dengan strategi pemasaran digital. 

36. UI/UX Manager

Jenis pekerjaan atau jabatan ini mulai banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Jabatan sebagai UI/UX manager memiliki bidang kerja yang berkaitan dengan aspek visual   dalam desain interface atau antarmuka suatu website dan aplikasi smartphone. Prinsipnya, UI/UX manager memastikan tingkat kenyamanan pengguna demi melancarkan branding sebuah perusahaan secara online

37. Affiliate Account Manager

Tujuan didesainnya antarmuka suatu web atau situs dimaksudkan agar tampilannya lebih menarik dan sesuai bagi pengguna web atau aplikasi smartphone yang bersangkutan.  

Banyak perusahaan yang memanfaatkan program afiliasi ini karena untuk mempermudah penjualan produk perusahaan. Maka dari itu, banyak perusahaan membutuhkan seorang affiliate account manager untuk membangun kerja sama.

38. Data Analyst

Data analyst bertugas menganalisa data yang nantinya dapat menjadi acuan bagi kemajuan sebuah bisnis di suatu perusahaan. Data-data tersebut nantinya bukan hanya dianalisa saja, namun juga harus mampu dijelaskan sebab akibatnya oleh seorang data analyst. Oleh karena itu, profesi data analyst dituntut untuk memiliki kemampuan analisa yang kuat.

%d blogger menyukai ini: