Cara Mudah Dapat Kerja Kuasai 15 Skill Ini Sebelum 2025!

JasindoPT.com – Perkembangan teknologi membuat banyak bidang kerja membutuhkan pekerja dengan skill yang sesuai dengan kebutuhan saat ini dan masa yang akan datang.

Memiliki banyak pengalaman kerja dan memiliki ijazah lulusan universitas terbaik belum tentu cukup untuk bekerja di saat ini.

Nah, untuk itu anda harus update skill. Jika tidak mau belajar dan mengikuti perubahan dari sekarang, kamu akan semakin tertinggal dan sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

Karena ilmu dan keahlianmu sudah jadul dan tidak relevan untuk saat ini dan masa yang akan datang.

World Economic Forum (WEF) memperkirakan pada tahun 2025, pekerjaan manusia akan tergeser oleh mesin.

Hal itu membuat semua pekerja harus selalu update skill jika ingin tetap eksis di masa depan.

“Tahun 2025, 85 juta pekerjaan mungkin tergeser oleh pergeseran pembagian kerja antara manusia dan mesin. Sebanyak 50% dari pekerja membutuhkan pelatihan skill seiring meningkatnya teknologi,” tulis WEF seperti dikutip JasindoPT.com dari laman resminya.

Lantas apa saja skill yang harus dimiliki seorang pekerja pada tahun 2025? Berikut ulasannya dikutip dari laman WEF.

15 Skill Pekerjaan yang Harus Dimiliki Supaya Sukses Dimasa Depan

1. Pemikiran Analitis dan Inovasi

Di masa depan, agar bisa mengimbangi kemajuan teknologi, pekerja harus memiliki kemampuan menganalisa kondisi yang ada serta merumuskan solusinya dengan cepat dan tepat.

Selain itu, pekerja juga perlu memiliki inovasi untuk menyempurnakan analisa agar dapat memberikan efek besar bagi pasar.

2. Strategi dan Daya Belajar Tinggi

Pada era serba dinamis dan mudah berubah-ubah dengan cepat, diperlukan kemampuan belajar yang tinggi dengan disertai strategi tepat.

Kondisi pasar modern di masa depan sangat memerlukan pekerja dengan kemampuan belajar tinggi serta implementasi pekerjaan yang tepat.

3. Kemampuan Memecahkan Masalah yang Kompleks

Pekerja akan selalu menemui persoalan baru dengan tingkat kompleksitas yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pekerja di masa depan perlu memiliki berbagai sudut pandang dalam menyelesaikan persoalan.

4. Pemikiran Kritis dan Analisis

Setelah memiliki kemampuan analitis, diperlukan pekerja dengan pemikiran kritis dengan pandangan detail dan teliti terhadap kondisi pasar di masa depan.

5. Kreativitas, Orisinalitas dan Inisiatif

Persaingan skill pekerjaan di masa depan tak lagi soal ide semata, namun setiap pekerja wajib memiliki pemikiran orisinal yang berasal dari dirinya dan dari hasil pemikirannya.

Oleh karena itu, diperlukan inisiatif untuk memberikan ide-ide kreatif dan orisinal di dunia kerja masa depan.

6. Jiwa Kepemimpinan dan Pengaruh Sosial

Di dunia kerja akan banyak ditemukan banyak bos atau atasan, namun tidak semuanya memiliki jiwa kepemimpinan yang memiliki keseimbangan antara kemajuan pekerjaan, simpati, empati, serta pemikiran yang selangkah lebih maju dibanding lainnya.

7. Mahir Teknologi, Pemantauan dan Kontroling

Bersaing dengan teknologi bukan berarti pekerja harus meninggalkan teknologi. Justru sebaliknya, pekerja harus memiliki bekal pengetahuan yang baik dalam teknologi untuk menyempurnakan pemikiran inovatif dan kreatif.

8. Desain Teknologi dan Pemrograman

Skill ini menjadi sangat penting di tengah majunya teknologi. Banyak perusahaan di masa depan akan antre untuk mendapatkan pekerja dengan skill desain teknologi dan kemampuan pemrograman.

9. Memiliki Daya Ketahanan, Toleransi Stres dan Fleksibilitas

Di dunia kerja yang semakin bergerak cepat dan penuh tekanan, pekerja wajib memiliki daya tahan baik fisik, pemikiran, maupun cara pandang. Pekerja juga harus memiliki kemampuan mengelola stres dengan baik agar setiap pekerjaan bisa mendapatkan porsi yang sesuai.

Selain itu dibutuhkan juga fleksibilitas agar pekerja sanggup belajar berbagai hal dalam kecepatan transformasi teknologi dan situasi.

10. Memiliki Nalar Pikir, Menciptakan Ide, dan Merumuskan Solusi

Hal yang sangat mendasar namun disepelekan oleh pekerja adalah belajar melatih nalar pikir. Pekerja di masa depan tak selamanya bisa digantikan robot selama memiliki nalar pikir yang kuat serta bisa relevan dengan setiap kondisi.

Jika memiliki nalar pikir, pekerja tak hanya bisa menciptakan ide-ide tapi juga sanggup mengatasi berbagai masalah yang ditemui dengan cara pandang berbeda.

11. Kecerdasan Emosional dan Sosial

Kemampuan yang jarang diperhatikan namun penting adalah memiliki kecerdasan emosional dan sosial. Hal ini akan tetap menjadikan setiap pekerja memiliki kemampuan unik sebagai manusia.

Di beberapa sektor, seperti kesehatan misalnya, kemampuan ini akan selalu dibutuhkan. Dengan begitu, memiliki rasa empati, kemampuan kolaborasi, serta komunikasi yang baik menjadi skill yang paling dibutuhkan.

12. Pemecahan Masalah dan Pengalaman Pengguna/Customer

Kemampuan memecahkan masalah ternyata belum cukup. Persaingan skill di masa depan membutuhkan pengalaman pekerja dengan keahlian memahami pengguna atau customer dengan baik.

13. Orientasi Layanan

Salah satu yang terpenting agar perusahaan bisa maju adalah fokus terhadap tujuan. Pada masa depan pekerja dengan kemampuan orientasi layanan bisa menjadi paling dibutuhkan.

14. Analisis dan Evaluasi Sistem

Memahami berbagai persoalan dan kemudian mengevaluasi adalah kemampuan yang harus dimiliki pekerja di masa depan. Hal itu tidak bisa dilakukan robot atau mesin secara detail. Oleh karena itu, kemampuan ini sangat dibutuhkan.

15. Kemampuan Persuasi dan Negosiasi

Pada setiap bidang kerja kemampuan komunikasi sangat penting. Namun hal itu harus dilengkapi dengan komunikasi yang persuasif dan negosiatif. Hal ini dibutuhkan pekerja untuk membantu perusahaan lebih maju di masa depan.

%d blogger menyukai ini: