Pengertian Perusahaan Multinasional dan Contohnya di Indonesia

Hub: 0812 827 9944 (Jasindo Truste): Jasa Pendirian Perusahaan seperti PT dan CV di Bekasi. Kunjungi https://Jasindopt.com

JasindoPT.com – Pengertian Perusahaan Multinasional dan contohnya di Indonesia.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Perusahaan Multinasional dari Indonesia. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

Sebelum kita membahas pengertian perusahaan multinasional, saya mau infokan Negara Indonesia membutuhkan Pengusaha dari anak bangsa sendiri, khususnya kaum Millenial sekitar 11%.

Syarat untuk menjadi negara maju ialah jumlah pelaku entrepreneur harus lebih dari 14% dari 270.000.000 rasio penduduknya. Artinya Indonesia butuh 37.800.000 orang pengusaha di Indonesia.

Sementara di Indonesia, pelaku entrepreneur baru 3,47% sehingga perlu diadakan percepatan dan kemudahan agar pelaku ekonomi Indonesia bisa meningkat jauh.

Tingkat kewirausahaan atau entrepreneurship di Tanah Air masih lebih rendah jika dibandingkan negara lain di Asia Tenggara.

Di mana, jumlah wirausaha Indonesia sendiri baru sekitar 3,47 persen dari total penduduk.

Sementara, jika melihat negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand, tingkat kewirausahaanya sudah berada di sekitar 4,74 persen dan 4,26 persen.

Sedangkan, Singapura menjadi yang tertinggi yakni sebesar 8,76 persen.

Kembali ke pembahasan di atas, Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak wilayah. Pada beberapa wilayah di Indonesia, banyak berdiri perusahaan-perusahaan.

Perusahaan yang berdiri tersebut dapat dikelompokkan berdasarkan skala bisnisnya. Salah satu skala perusahaan yang berdiri di Indonesia yaitu multinasional.

Perusahaan yang memiliki skala bisnis tersebut biasanya disebut dengan perusahaan multinasional (PNM) atau Multinasional Company (MNC).

Perusahaan yang sudah dikategorikan sebagai perusahaan multinasional termasuk perusahaan yang besar karena telah memiliki berbagai anak perusahaan yang mungkin tersebar di beberapa negara.

Pengertian Perusahaan Multinasional

Perusahaan multinasional adalah satu perusahaan besar yang biasanya didirikan di negara maju lalu memiliki anak perusahaan di berbagai negara termasuk di negara berkembang.

Meskipun begitu, tidak semua perusahaan multinasional pertama kali didirikan di negara maju. Banyak perusahaan yang awalnya menjalankan bisnis di negara berkembang kemudian usahanya pun akhirnya mendunia. Perusahaan yang telah mendunia memiliki peranan dalam aspek politik dan sosial yang sangat tinggi. 

Karakteristik Perusahaan Multinasional

Pada beberapa orang, perusahaan multinasional sering disamakan dengan Transnasional Corporation (TNC).

Padahal PNM dan TNC berbeda, Berikut ini karakteristik-karakteristiknya supaya kamu lebih memahami apa itu perusahaan multinasional.

1. Mempunyai Anak Perusahaan Atau Cabang Di Luar Negeri

Sesuai dengan namanya yaitu multinasional, perusahaan memiliki menjalankan bisnisnya di berbagai negara dengan cara memiliki anak perusahaan di negara lain.

Biasanya produk yang diproduksi juga akan mengikuti budaya dan regulasi negara setempat agar lebih mudah diterima pasar. 

2. Teknologi Canggih

Perusahaan yang sudah mendapatkan predikat sebagai multinasional merupakan perusahaan yang besar sehingga mereka bisa mempunyai teknologi yang canggih.

Teknologi yang canggih dan modern in mampu membantu perusahaan induk dalam mengawasi perusahaan-perusahaan cabang yang ada di berbagai negara.

3. Kontrol Terhadap Modal

Perusahaan dengan status multinasional memiliki kontrol terhadap modal perusahaan baik modal di perusahaan induk atau di perusahaan cabang.

Modal merupakan salah satu faktor yang dapat memberikan dampak bagi perusahaan. Modal yang banyak dapat mempermudah perusahaan dalam mengembangkan perusahaan.

4. Sistem Manajemen Dan Distribusi Secara Global

Perusahaan yang menyandang status multinasional adalah perusahaan lintas dunia sehingga manajemen dan distribusi memiliki sistem yang mendunia dan dilakukan dengan sangat profesional. Target distribusi juga dilakukan di pasar global.

5. Memiliki Visi Dan Misi Yang Mendunia

Memiliki beberapa anak perusahaan di berbagai negara membuat perusahaan harus memiliki visi dan misi yang mendunia. Bahkan cara yang dilakukan untuk mencapai visi dan misi tersebut juga bersifat global. Oleh sebab itu apa yang dilakukan perusahaan dapat berpengaruh pada kondisi global.

MANFAAT KEBERADAAN PERUSAHAAN MULTINASIONAL DI INDONESIA

Di Indonesia banyak berdiri perusahaan. Salah satunya adalah perusahaan asing dan memiliki banyak cabang yang diizinkan berdiri di Indonesia. Tentunya alasan diizinkannya perusahaan ini karena memiliki beberapa manfaat bagi perkembangan ekonomi dan sosial di Indonesia.

1. Meningkatkan Devisa Negara

Di Indonesia terdapat anak-anak perusahaan dari perusahaan negara lain. Salah satu manfaat dengan adanya anak perusahaan di Indonesia yaitu mampu menambah devisa Indonesia. Devisa negara dapat bertambah karena adanya penanaman modal, biaya perambahan pajak dan sebagainya.

2. Mendukumg Modernisasi

Dengan adanya perusahaan dari negara maju yang masuk ke negara berkembang seperti Indonesia, akan memberikan kemajuan di Indonesia. Kemajuan-kemajuan tersebut dapat dilihat dari adanya modernisasi pada teknologi dan industri.

3. Mendukung Pembangunan Nasional

Mendukung pembangunan nasional merupakan salah satu efek domino dari adanya perusahaan multinasional yang mampu menambah devisa negara. Devisa negara sangat berperan dalam pembangunan nasional. Besarnya devisa negara yang diperoleh dapat digunakan untuk membiayai pembangunan di suatu negara.

2. Meningkatkan Penghasilan Penduduk Negara

KoBerdirinya anak-anak perusahaan dari luar negeri tentunya dapat membuka lapangan pekerjaan baru di negara tempat anak perusahaan didirikan. Anak perusahaan yang terus berkembang akan terus menyerap lebih banyak tenaga kerja lokal sehingga mampu menambah penghasilan penduduk di negara tersebut serta mampu mengurangi angka pengangguran suatu negara.

3. Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

Masyarakat bisa lebih mudah bekerja dan menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Selain itu, dengan berdirinya perusahaan asing maka akan ada produk atau jasa yang dihasilkan dari perusahaan tersebut. Bisa jadi, produk yang dihasilkan atau jasa yang ditawarkan merupakan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Contoh Perusahaan Multi Nasional Dalam Negeri (Indonesia)

Meskipun Negara Indonesia bukan negara maju, Indonesia telah memiliki perusahaan-perusahaan yang sanggup mendirikan cabang di luar negeri dan tak kalah perkembangannya dengan perusahaan asing. Tentunya hal ini mampu mengharumkan nama bangsa dan memotivasi banyak orang untuk mengembangkan bisnisnya jauh lebih baik. Berikut ini perusahaan multinasional di Indonesia.

  1. Semen Indonesia :Merupakan salah satu BUMN pertama yang sudah memiliki status multinational corporation. BUMN ini sudah berhasil mengakusisi perusahaan asing dan berhasil memasuki pasar ASEAN dan Asia Selatan.
  2. GarudaFood : Produk makanan dan snack dari perusahaan ini sudah banyak diterima di berbagai negara. GarudaFood berhasil mengekspansi perusahaan asing dan berhasil mengakusisisi pabrik gula Fuhua Jingjiang Yonghe.
  3. Freeport Indonesia :Perusahaan jenis ini menambang dan mengeksplorasi bijih yang mengandung tembaga, perak dan emas dengan wilayah operasi di Papua.
  4. Bank DBS Indonesia :Perusahaan ini berkelas multinasional dalam kategori perbankan. DBS Indonesia adalah bagian dari Grup DBS yang basisnya ada di Singapura.
  5. Unilever Indonesia :Merupakan suatu multinational corporation dengan banyak kantor cabang dan manajemen di dunia. Hampir seuruh produk rumah tangga diproduksi oleh Unilever hingga sangat dikenal oleh seluruh masyarakat.
  6. Rohto Laboratories Indonesia : Merupakan sebuah perusahaan yang sudah berkembang di Indonesia dengan salah satu satu produk tetes mata paling dikenal oleh masyarakat
  7. Gojek : Saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan startup yang mulai bermunculan. Meskipun di awal kali Gojek berdiri di Indonesia banyak sekali perdebatan yang muncul, kini perusahaan Gojek mampu menjadi melebarkan sayap ke luar negeri seperti Vietnam, Singapura dan Thailand dengan bermacam services mengikuti kebijakan masing-masing negara. 
  8. Indofood: Salah satu perusahaan dari Indonesia yang terkenal dengan produk mie dengan merek Indomie. Indomie rupanya mampu mengikat konsumen dari berbagai negara sehingga Indofood memiliki cabang di luar negeri seperti Nigeria, Mesir dan sebagainya. 

Perkembangan bisnis di Indonesia kian makin pesat dan dinamis. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan di indonesia tidak boleh berhenti berinovasi agar dapat berkompetisi dengan perusahaan dari negara lain di indonesia.

Sekian penjelasan mengenai bagaimana perusahaan multinasional.

Semoga dapat menambah wawasan dan memberi inspirasi bagi Anda untuk mengembangkan bisnis semakin pesat! 

Jika Anda Seorang Anak bangsa Indonesia yang Hebat, tertarik membuat perusahaan (PT & CV) atau menjadi seorang Pengusaha di kota Bekasi. Hubungi Admin Kami : 0812 827 9944. Kami siap membantu segala perizinan yang dibutuhkan untuk usaha anda.

%d blogger menyukai ini: