Apa Itu Google Meet, Sejarah dan Cara Menggunakanya

Jasindopt.com – Sejarah Google Meet, Google Meet (sebelumnya dikenal Hangouts Meet) adalah layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google.

Aplikasi ini merupakan salah satu dari dua Aplikasi yang nantinya akan mengganti Google Hangouts, yang lainnya adalah Google Chat. Google berencana akan mulai menghentikan Google Hangouts pada Oktober 2019.

Setelah menjadi khusus undangan dan merilis aplikasi iOS secara diam-diam pada Februari 2017, Google secara resmi meluncurkan Meet pada Maret 2017.

Layanan ini diluncurkan sebagai aplikasi konferensi video untuk maksimal 30 peserta, yang dideskripsikan sebagai versi Hangouts yang ramah perusahaan.

Ini telah diluncurkan dengan aplikasi web, aplikasi Android, dan aplikasi iOS.

Meskipun Google Meet memperkenalkan fitur di atas untuk meningkatkan aplikasi Hangouts asli, beberapa fitur Hangouts standar tidak digunakan lagi, termasuk melihat peserta dan melakukan chat secara bersamaan.

Jumlah umpan video yang diizinkan pada satu waktu juga dikurangi menjadi 8 (sementara hingga 4 umpan dapat ditampilkan dalam tata letak “tiles”), dengan memprioritaskan peserta yang terakhir menggunakan mikrofon mereka.

Selain itu, fitur seperti kotak obrolan diubah untuk menghamparkan umpan video, daripada mengubah ukuran yang terakhir agar sesuai.

Selama tahun 2020 pandemi COVID-19, penggunaan Meet tumbuh dengan faktor 30 antara Januari dan April 2020, dengan 100 juta pengguna sehari mengakses Meet, dibandingkan dengan 200 juta penggunaan harian untuk Zoom pada minggu terakhir bulan April 2020.

Fitur Google Meet meliputi:

  • Panggilan audio dan video dua arah dan multi-arah dengan resolusi hingga 720p
  • Obrolan yang menyertai
  • Panggil enkripsi antara semua pengguna
  • Filter audio pembatalan kebisingan
  • Mode cahaya rendah untuk video
  • Kemampuan untuk bergabung dalam rapat melalui browser web atau melalui aplikasi Android atau iOS
  • Integrasi dengan Google Kalender dan Google Kontak untuk panggilan rapat sekali klik
  • Berbagi layar untuk mempresentasikan dokumen, spreadsheet, presentasi, atau (jika menggunakan peramban) tab peramban lainnya
  • Kemampuan untuk menelepon ke pertemuan menggunakan nomor dial-in di Amerika Serikat
  • Host dapat menolak masuk dan menghapus pengguna selama panggilan

Google Meet menggunakan protokol kepemilikan untuk transcoding video, audio, dan data. Namun, Google telah bermitra dengan perusahaan Pexip untuk menyediakan interoperabilitas antara Google Meet dan perangkat lunak dan peralatan konferensi berbasis SIP/H.323.

Akun Google Workspace

Fitur untuk pengguna yang menggunakan akun Google Workspace meliputi:

  • Hingga 100 anggota per panggilan untuk pengguna Google Workspace Starter, hingga 150 untuk pengguna Google Workspace Business, dan hingga 250 untuk pengguna Google Workspace Enterprise
  • Kemampuan untuk mengadakan pertemuan dengan nomor dial-in dari negara-negara tertentu
  • Nomor dial-in yang dilindungi sandi untuk pengguna edisi Google Workspace Enterprise
  • Real-time teks tertutup berdasarkan pengenalan ucapan
  • Latar belakang buram

Pada bulan Maret 2020, Google memperluas sementara fitur lanjutan yang ada dalam edisi perusahaan kepada siapa saja yang menggunakan Google Workspace atau edisi G Suite for education.

Akun Gmail

Pada Maret 2020, Google meluncurkan Meet ke akun Google pribadi (gratis).

Panggilan Meet gratis hanya dapat memiliki satu host dan maksimal 100 peserta, dibandingkan dengan batas 250 penelepon untuk pengguna Google Workspace dan batas 25 peserta untuk Hangouts.

Tidak seperti panggilan bisnis dengan Meet, panggilan konsumen tidak direkam dan disimpan, dan Google menyatakan bahwa data konsumen dari Meet tidak akan digunakan untuk penargetan iklan.

Meskipun data panggilan dilaporkan tidak digunakan untuk tujuan periklanan, berdasarkan analisis kebijakan privasi Meet, Google berhak mengumpulkan data tentang durasi panggilan, siapa yang berpartisipasi, dan alamat IP peserta.

Pengguna membutuhkan Akun Google untuk melakukan panggilan dan seperti pengguna Google Workspace, siapa pun yang memiliki akun Google dapat memulai panggilan Meet dari dalam Gmail.

Setelah Maret 2021, rapat gratis akan dibatasi masing-masing hingga 60 menit.

Pengertian Google Meet

Google Meet adalah aplikasi untuk melakukan konferensi percakapan baik secara video dan audio online. Aplikasi ini dibuat langsung oleh Google. Penggunaan aplikasi ini sangat mudah, Anda hanya memerlukan akun Gmail gratisan saja.

Aplikasi Google Meet ini bisa digunakan hingga 250 peserta dalam satu telekonferensi. Siaran langsung telekonferensi ini pun bisa ditonton hingga 100.000 penonton dengan satu domain.

Tidak hanya melalui Komputer PC atau laptop, Google Meet juga bisa digunakan di HP Android & IOS atau smartphone, caranya sangat mudah.

Berikut cara menggunakan Google Meet di HP Android & IOS seperti kami rangkum dari berbagai sumber.

Cara menggunakan Google Meet di HP Android & IOS

1. Download aplikasi di Android atau iOS

Google Meet bisa digunakan di mana saja dan kapan saja. Ketika Anda tidak memiliki laptop atau PC maka bisa mendapatkannya melalui smartphone. Anda hanya perlu mendownload di App Store atau Play Store.

2. Lakukan proses sign up atau sign in

Cara menggunakan Google Meet di HP setelah mengunduh, Anda hanya perlu melakukan proses sign up atau sign in langsung di aplikasi. Gunakan akun yang sudah ada atau buat akun baru dengan menggunakan sinkronisasi Google.

Secara langsung Anda bisa masuk dan menggunakan fitur yang disediakan oleh Google Meet.null

3. Lakukan pilihan meeting

Cara menggunakan Google Meet di HP memang mudah dilakukan. Untuk memulai meeting maka Anda hanya perlu mengklik ikon ‘+’ yang ada di bagian pojok kanan bawah. Setelah itu pilih New Video Call maka Anda bisa langsung menjadi host di sebuah meeting.

4. Tambahkan partisipan

Untuk menambahkan partisipan saat meeting, Anda bisa menghubungkan langsung nomor HP peserta atau Email pesertanya. Jika Anda ingin join atau gabung meeting lain, cukup melakukan login dengan link dan password yang disediakan.

Cara memulai Google Meet

1. Klik join now atau present null

Untuk Anda yang menjadi host saat meeting maka bisa menekan tombol present. Artinya, Anda bisa memulai untuk melakukan meeting dan mengundang peserta lainnya. Bagikan link kemudian password untuk join meeting kepada peserta meeting lainnya.

Menu join now adalah cara menggunakan Google Meet di Laptop untuk bergabung dengan meeting yang telah dibuat atau berlangsung. Anda akan mendapatkan link kemudian password untuk melakukan meeting. Ketika bergabung Anda akan berada dalam room dan bisa melakukan percakapan secara langsung.

2. Berikan link untuk join pada peserta lain

Jika Anda menjadi host dalam meeting maka bisa membagikan link kepada peserta lainnya. Secara langsung peserta akan masuk ke dalam room yang dibuat dan hanya perlu memasukan password.

Kelebihan dan Kekurangan Google Meet

Kelebihan Menggunakan Google Meet:

  • Bisa menampung lebih dari 250 peserta ketika melakukan meeting.
  • Tersedia fitur video call dan audio call secara gratis.
  • Terhubung langsung dengan G-Suite atau akun Google yang digunakan oleh penggunanya.
  • Melakukan meeting secara real time.
  • Anda bisa dengan mudah membagikan layar dan melakukan presentasi.
  • Privasi pengguna sudah dipastikan aman oleh Google sebagai penyedia layanan sekaligus developer Google Meet.

Kekurangan menggunakan Google Meet:

  • Ketika perekaman meeting teks yang dituliskan biasanya akan hilang.
  • Perekaman sangat terbatas.
  • Tidak ada fitur untuk mengganti background agar tampilan layar lebih baik.
  • Merupakan aplikasi yang berbayar.

Selamat mencoba cara menggunakan Google Meet !

%d blogger menyukai ini: