Jenis-Jenis Pekerjaan, Gaji & Kualifikasi bekerja di Google

Jasindopt.com – Google adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet.

Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. Penghasilan terbesar dari Google adalah berasal dari AdWords.

Google kita gunakan setiap hari, oleh karena itu kita lebih kenal sebagai mesin pencari. Lebih dari 70 persen permintaan pencarian online di seluruh dunia ditangani oleh Google.

Google didirikan pada tahun 1998 oleh Sergey Brin dan Larry Page. Saat ini Google berkantor pusat di Mountain View, California.

Organisasi induk: Alphabet Inc. Anak perusahaan: YouTube, Google LLC, Kaggle, Firebase, AdMob, Fitbit, Google AI, lainnya

Google merupakan anak perusahaan dari Alphabet, sangat mencintai para engineer mereka. Oleh karena itu, jangan heran jika pekerjaan sebagai engineer menempati daftar atas pekerjaan dengan bayaran tertinggi di Google.

Sebenarnya, ada banyak pekerjaan lainnya di Google dengan bayaran tinggi bukan hanya pekerjaan yang berkutat dengan engineer atau pemrograman.

Ternyata Google bersedia membayar mahal untuk para kandidat terbaik, terlepas dari bidang pekerjaannya.

Perlu diingat! Bahwa:

  • Data dari Glassdoor ini merupakan rata-rata berdasarkan laporan yang secara sukarela diberikan oleh para karyawan saat ini dan para karyawan baru Google.
  • Semua angka ini mengacu pada bayaran pokok dan tidak termasuk bonus. Di samping itu, bayaran ini juga bervariasi berdasarkan pengalaman.

Berikut ini, pekerjaan dengan bayaran tertinggi di Google, menurut data gaji tahunan dari Glassdoor, seperti dikutip dari Business Insider.

1. Direktur Keuangan

Posisi puncak dari pekerjaan dengan gaji tertinggi di Google ditempati oleh posisi direktur keuangan.

Dengan gaji senilai US$ 339.825 atau jika dirupiahkan Rp. 5.085.000.000, seorang direktur keuangan biasanya mengelola semua tugas keuangan untuk sebuah perusahaan, yang mencakup mengurus laporan keuangan dan memastikan semua departemen mematuhi kebijakan keuangan perusahaan.

2. Direktur Engineering

Bayaran sebesar US$ 272.370 atau jika dirupiahkan Rp. 4.080.000.000, tampaknya sepadan bagi seorang direktur engineering.

Seperti namanya, seorang direktur engineering mengawasi semua aspek engineering dalam perusahaan.

Jenis pekerjaan ini, menurut situs pengembangan karir Monster, membutuhkan sampai 10 tahun pengalaman.

3. Direktur Pemasaran

Dengan bayaran senilai US$ 268.936 jika dirupiahkan Rp. 4.020.000.000, seorang direktur pemasaran di Google bertanggung jawab untuk memastikan masyarakat mengetahui segala sesuatu, yang ditawarkan raksasa teknologi ini.

Hal ini dapat mencakup banyak hal, mulai dari menulis blog, sampai menyetujui iklan televisi.

4. Business Operations Principal

Selanjutnya, pekerjaan dengan bayaran tertinggi di Google adalah business operations principal.

Dengan bayaran sebesar US$ 252.423 atau jika dirupiahkan Rp. 3.780.000.000, seorang business operations principal mengelola proyek yang ditugaskan oleh tim eksekutif Google.

Peran ini, menurut sebuah daftar pekerjaan Google, akan bekerja dengan pimpinan senior perusahaan untuk mengembangkan dan meluncurkan inisiatif operasional.

Bagi Anda yang menginginkan posisi ini, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda mempunyai 6 tahun pengalaman sebagai syarat utama melamar posisi ini.

5. Manajer Produk

Manajer produk merupakan titik temu untuk setiap proyek Google. Mereka berinteraksi dengan bagian penjualan, software engineer, manajer pemasaran, dan hampir setiap bagian lain dari suatu proyek.

Beberapa produk terbaik Google tidak bisa diluncurkan tanpa manajer produk yang baik. Bayaran untuk posisi manajer produk adalah US$ 243,299, jika dirupiahkan Rp. 3.645.000.000

6. Manajer Software Engineering Senior

Seorang manajer software engineering senior merupakan posisi profesional dengan kualifikasi tinggi, yang berpengalaman dalam pemrograman.

Orang di posisi ini bertanggung jawab terhadap tim coders terkemuka di bawahnya dan dibayar sebesar US$ 235.772, atau jika dirupiahkan Rp. 3.525.000.000.

7. Staf Senior Software Engineer

Dengan bayaran sebesar US$ 210.462 atau jika dirupiahkan Rp. 3.150.000.000, posisi ini salah satu yang mendapat bayaran tertinggi Google.

Orang-orang di posisi ini diharapkan menangani peranan teknis, di departemen mana mereka bekerja, entah itu YouTube, AdWords, atau divisi lain dari perusahaan.

8. Lead Software Engineer

Seorang lead software engineer umumnya bertanggung jawab untuk arsitektur atau perancangan yang mendasari program yang diberikan.

Karena kata “lead” menunjukkan peran senior, seorang lead software engineer juga kemungkinan bertanggung jawab untuk mengelola anggota lain dari tim.

9. Staf Software Engineer

Para engineer di Google harus pandai memecahkan permasalahan kompleks. Maka, tidak mengherankan jika perusahaan ini dikenal suka menantang para pelamarnya dengan permainan asah otak yang memusingkan.

Tapi, berdasarkan data Glassdoor, tampaknya Google memberi mereka kompensasi yang sepadan.

Masih menurut Glassdoor, bayaran untuk posisi ini 60% lebih tinggi dari rata-rata nasional sebesar US$ 201.565, atau jika dirupiahkan Rp.3.015.000.000.

10. Manajer Produk Senior

Para manajer produk senior adalah aset berharga bagi Google. Karena itu, wajar jika Google membayar mereka sebesar US$ 197.252 atau jika dirupiahkan Rp. 2.955.000.000.

Mereka membantu baik untuk memimpin tim engineering menuju tujuan umum, maupun secara luas tersebar di kantor-kantor Google.

11. Site Reliability Engineer

Seorang staf di posisi ini merupakan troubleshooter atau pemecah masalah.

Ketika mempekerjakan seseorang untuk posisi ini, Google setidaknya akan mencari tahu dua hal;

  • Apakah orang itu dapat memecahkan masalah;
  • Apakah kemampuan desain web orang itu memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Untuk posisi ini, Google mengeluarkan uang sebesar US$ 193.423, atau jika dirupiahkan Rp2.895.000.000.

12. Manajer Operasional dan Penjualan Online Senior

Dengan bayaran sebesar US$ 192,915 atau jika dirupiahkan Rp.2.880.000.000, seorang manajer operasional dan penjualan online senior menjalankan peran yang meliputi pengawasan strategi penjualan online dan pertumbuhan pendapatan.

Di samping itu, di perusahaan seperti Google, di mana semua layanannya berbasis online, peran ini dipastikan sangat penting.

13. Manajer Penjualan Senior

Iklan masih merupakan hal sangat mendasar dan penting di Google.

Karena itu, Google rela merogoh kocek sebesar US$ 193.680 atau jika dirupiahkan Rp.2.895.000.000, untuk mempekerjakan para manajer penjualan senior di perusahaannya.

14. Staf Perancang User Experience

Merancang user experience di belakang sebuah produk adalah salah satu pekerjaan terpenting di perusahaan mana pun, termasuk Google yang bersedia membayar mahal para perancang hebat.

Perancang user experience ditugaskan khususnya untuk memastikan produk Google terlihat bagus dan mudah digunakan. Posisi ini diganjar dengan bayaran sebesar US$ 191.881 atau jika dirupiahkan Rp.2.865.000.000.

15. Manajer Engineering II

Sering kali para engineer menciptakan lembaga yang menyokong produk Google yang paling penting.

Seorang manajer engineering akan bertanggung jawab dalam hal supervisi tim engineer untuk mengembangkan, menguji dan menciptakan produk baru.

Untuk posisi ini, Google mengeluarkan dana sebesar US$ 191.552 atau jika dirupiahkan Rp.2.860.000.000.

16. Manajer Komunikasi

Ketika Anda sebesar Google saat ini, maka sangat penting untuk memastikan misi dan pernyataan perusahaan yang jelas dan dinyatakan sebaik mungkin.

Itu sebabnya posisi manajer komunikasi ada di antara peluang Google dengan kompensasi paling baik.

Lantas, berapa bayaran yang diterima seorang manajer komunikasi? Jawabannya, sebesar US$ 190.846 atau jika dirupiahkan Rp.2.850.000.000.

17. Manajer Strategi Penjualan Senior

Dengan berfokus pada iklan Google, maka penting bagi Google untuk memiliki ahli yang bertugas mencari tahu cara terbaik untuk menjual sesuatu ke konsumen.

Di sinilah seorang manajer strategi penjualan senior bekerja. Untuk pekerjaannya, seorang manajer strategi penjualan senior mengantongi bayaran sebesar US$ 190.727 atau jika dirupiahkan Rp.2.835.000.000.

18. Penasihat Perusahaan

Penasihat perusahaan merupakan para pengacara yang biasanya memberi nasihat kepada perusahaan dalam persoalan hukum (legal matters) di dalam dan di luar ruang sidang. Para penasihat perusahaan ini mendapat bayaran sebesar US$ 189.262 atau jika dirupiahkan Rp. 2.820.000.000.

19. Manajer Program teknis IV

Manajer program teknis IV bertugas mengantarkan proyek melalui seluruh siklus proyek yang bersangkutan, yang mencakup jadwal pengelolaan proyek, identifikasi risiko yang ada di dalamnya, dan komunikasi tujuan proyek kepada para pemangku kepentingan.

Para manajer program teknis ini dibayar US$ 188.229 atau jika dirupiahkan Rp. 2.805.000.000.

20. Staf Hardware Engineer

Ketika Google bergerak untuk membuat lebih banyak produk seperti OnHub router, smartphone dan tablet Nexus, serta produk hardware lainnya, maka diperlukan bayaran yang kompetitif agar bisa menghasilkan produk berkualitas terbaik.

Untuk tanggung jawab tersebut, Google menggelontorkan bayaran sebesar US$ 183.948 bagi para staf Hardware Engineer atau jika dirupiahkan Rp. 2.745.000.000

Gaji di Google memang bervariasi. Harus dilihat dari peran pekerjaan, pendidikan, sertifikasi, hingga keterampilan.

Sebagai gambaran buat kamu, ini rata-rata gaji bulanan yang diterima para karyawan Google di Indonesia, seperti dilaporkan Glassdoor, dikutip dari Detikcom sebagai berikut:

  1. Management Trainee Rp 6 Juta
  2. Computer Programmer Rp 10 – 11 Juta
  3. IT Engineer Rp 7 – 8 Juta
  4. Community Manager Rp 13 Juta
  5. Human Resources Assistant Rp 7 – 8 Juta
  6. UI/User Experience Designer Rp 8 – 9 Juta
  7. Managing Director Rp 39 – 43 Juta
  8. QA Engineer Rp 9 – 10 Juta
  9. Solutions Architect Rp 37 – 40 Juta
  10. Security Engineer Rp 7 – 8 Juta

Persyaratan Kerja di Google

Bagi yang berminat bekerja di Google, berikut beberapa posisi dan persyaratan yang harud dipenuhi supaya bisa bekerja di perusahaan itu.

1. Customer Engineer

Google for Education & Chrome Enterprise Kualifikasi minimal:

  1. Memiliki pengalaman profesional 5 tahun sebagai insinyur pra-penjualan atau peran yang setara dalam menghadapi pelanggan, dalam Teknologi Pendidikan (EdTech) atau industri perusahaan
  2. Berpengalaman dengan teknologi web (HTTP, HTML, XML / XSLT, JavaScript, cookie / sesi, dll.), Integrasi (REST, SOAP, J2EE, CGI / Java / ASP servlet), dan manajemen sesi
  3. Memiliki kemampuan berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

2. Customer Solutions Consultant

Public Sector Kualifikasi minimal:

  1. Lulusan Sarjana (S1) dalam Ilmu Komputer, bidang teknis terkait, atau pengalaman praktis yang setara
  2. Berpengalaman dengan solusi Gudang Analitik tradisional termasuk teknologi Teradata, Netezza, Vertica, Oracle, SQL-Server dan “Big Data”
  3. Berpengalaman dalam mengimplementasikan arsitektur sistem analitik
  4. Berpengalaman bekerja dengan teknologi, metodologi, dan solusi baru dan yang sedang berkembang di bidang teknologi

3. Sales Specialist

Google Workspace Kualifikasi minimal:

  1. Memiliki pengalaman setidaknya 8 tahun untuk melakukan penjualan perusahaan
  2. Berpengalaman dalam peran pembawa kuota dan peran penjualan Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS).

4. Video Media Specialist

Media Operations Kualifikasi minimal:

  1. Lulusan S1 di bidang Pemasaran, Teknik, Teknologi, Sains, atau Matematika, atau pengalaman praktis yang setara
  2. Memiliki pengalaman minimal 5 tahun sebagai pemimpin tim pemasaran / merek dalam industri iklan konsumen / online
  3. Mampu berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dengan lancar.

5. Search Specialist

Media Operations Kualifikasi minimal:

  1. Memiliki gelar S1 atau pengalaman praktis yang setara
  2. Berpengalaman minimal 4 tahun dalam mengelola kampanye pemasaran digital dengan pengukuran dan operasi online
  3. Berpengalaman menghadirkan solusi digital kepada klien atau pengalaman penjualan langsung
  4. Mampu berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dengan lancar.

6. People Consultant Associate

Kualifikasi minimal:

  1. Memiliki lulusan S1 atau pengalaman praktis yang setara
  2. Berpengalaman 3 tahun dalam Manajemen / Konsultasi Bisnis atau sebagai HR Business Partner
  3. Memiliki kemampuan berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

7. Partner Development Manager

Telco Partnerships Kualifikasi minimal:

  1. Memiliki gelar S1 atau pengalaman praktis yang setara
  2. Memiliki pengalaman minimal 10 tahun dalam manajemen mitra, penjualan teknologi dan / atau pengalaman industri dalam bisnis SaaS, telekomunikasi, dan / atau infrastruktur TI.
  3. Berpengalaman dalam manajemen penjualan, pengaktifan, dan pelatihan untuk tim tenaga penjualan dalam skala besar

8. Account Strategist

Google Customer Solutions Kualifikasi minimal:

  1. Memiliki gelar S1 atau pengalaman praktis yang setara
  2. Berpengalaman 1 tahun di bidang penjualan, media, periklanan, e-commerce atau industri digital
  3. Mampu berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dengan lancar

9. Infrastructure Architect

Google Cloud Professional Services Kualifikasi minimal:

  1. Memiliki gelar S1 dalam Ilmu Komputer atau pengalaman praktis yang setara
  2. Berpengalaman 5 tahun dalam mengelola proyek konsultasi yang dihadapi pelanggan / klien hingga penyelesaian dan penanganan pemecahan masalah teknis
  3. Berpengalaman menulis skrip dalam satu atau lebih bahasa (mis., Python, Go, dll)
  4. Berpengalaman dalam merancang dan memelihara aplikasi kelas produksi yang menghadapi internet dalam lingkungan virtual atau lingkungan yang terdistribusi

10. Partner Solutions Consultant

Google Cloud Kualifikasi minimal:

  1. Memiliki gelar S1 dalam Ilmu Komputer, bidang terkait atau pengalaman praktis yang setara
  2. Berpengalaman melayani dalam kapasitas sebagai Teknisi Penjualan Teknis dalam lingkungan komputasi awan atau pengalaman yang setara dalam peran yang dihadapi pelanggan dan / atau mitra

Syarat utama kerja di google yang harus dimiliki, antara lain minimal lulusan S1, memiliki pengalaman praktis, dan fasih berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Nah, apabila tertarik, Anda bisa mengirimkan lamaran dengan mengunggah Curriculum Vitae (CV) di laman resmi rekrutmen Google. Informasi lebih lanjut mengenai syarat rekrutmen dan proses pendaftaran dapat Anda akses melalui laman careers.google.com.

%d blogger menyukai ini: