Contoh Bisnis Plan: Cara Membuat Perencanaan Usaha dan Contoh Perencanaan Usaha

Jasindopt.com – Membangun sebuah usaha atau bisnis bukanlah hal yang gampang, semua membutuhkan proses. Bagi sebagian pengusaha, mereka merintis dari bawah ikut berproses sambil belajar menekuni usaha yg mereka rintis dengan cara berinovasi, mengikuti perkembangan jaman sehingga menjadi perusahaan besar.

Bagi yang beruntung dan banyak modal seperti punya privilege keluarga, punya pendidikan tinggi, lingkungan yg mendukung, duit yg banyak. bukan juga hal yg susah kalo hanya sekedar mendirikan usaha.

Tetapi waktu akan menguji kelangsungan usaha anda. Untuk itu, orang yang mau mendirikan usaha harus punya perencanaan. Berikut ini contoh perencanaan usaha yang bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin membuka bisnis baru.

Covello mengatakan bahwa seorang pemilik bisnis yang gagal membuat perencanaan, maka ia sedang merencanakan kegagalan.

Perencanaan bisnis atau business plan adalah dokumen yang memuat informasi detail mengenai suatu ide bisnis, yang mencakup informasi misi, lingkungan internal dan eksternal bisnis, peluang dan hambatan bisnis dan lain-lain.

Fungsi perencanaan bisnis ini adalah sebagai alat komunikasi, alat manajemen, dan alat perencanaan.

Perencanaan usaha atau business plan adalah sebuah dokumen yang memuat rencana atu penggambaran tentang bisnis yang akan dijalankan, produk, serta cita-cita yang ingin dicapai perusahaan.

Perencanaan usaha ini sangat diperlukan, terutama pada awal pembentukan sebuah usaha.

  • Karena dengan begitu bisnis yang dijalankan memiliki tujuan dan pengembangannya akan lebih terarah.
  • Selain itu, perencanaan usaha juga dapat digunakan sebagai alat untuk mendapatkan investor, sebab di dalamnya memuat hal yang akan dilakukan saat bisnis dijalankan nantinya.

Adapun isi rencana usaha pada umumnya adalah sebagai berikut:

  • Profil Usaha: Sejarah, Visi, dan Misi
  • Deskripsi dan keunggulan produk
  • Peta persaingannya
  • Strategi Pemasaran
  • Tim
  • Target Penjualan
  • Kebutuhan investasi
  • Penutup

Berikut ini jasindopt.com telah merangkum contoh perencanaan usaha yang bisa memberikanmu gambaran.

Cara Membuat Perencanaan Usaha

Sebelum melihat contoh perencanaan usaha, ada baiknya kamu mengetahui cara membuat perencanaan usaha terlebih dahulu.
Dirangkum dari berbagai sumber, inilah beberapa langkah membuat perencanaan usaha yang perlu kamu ketahui.

1. Lakukan Riset 

Sebelum membangun sebuah usaha, penting untuk melakukan riset secara mendalam terlebih dahulu.
Riset ini akan membantumu membuat perencanaan usaha yang efektif. Proses riset dan pengembangan dapat membantu perusahaan untuk memetakan produk, pasar sasaran, dan kompetitor.

2. Membuat Profil Usaha

Profil ini sangat penting untuk menjelaskan secara singkat tentang bidang serta kualitas dari usaha atau bisnis yang kamu miliki.
Selain itu, profil usaha juga dapat memproyeksikan rencana bisnis kamu ke depannya.
Di dalam profil usaha ini biasanya berisi visi dan misi usaha, serta keunggulan dari usaha kamu miliki.
Buatlah profil usaha semenarik mungkin agar dapat menarik pembeli maupun investor.

3. Buat Gambaran Detail Produk

Buatlah gambaran produk usaha kamu sedetail mungkin. Ini akan membantu memberikan gambaran informasi bisnis kepada pihak-pihak terkait.

4. Tentukan Target Market

Pada tahap ini kamu perlu menyesuaikan kualitas serta harga produk dengan segmennya. Dengan begitu, produk yang kamu tawarkan dapat lebih mudah diterima oleh pasar. 

5. Analisa Kompetitor

Penting untuk membuat dokumen tentang kekuatan dan kekurangan dari kompetitor atau bisnis pesaing.
Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan produk pesaing, kamu dapat menganalisis hal apa yang perlu bisnismu tingkatkan.

6. Buat Rencana Pembiayaan

Hal yang sering pelaku bisnis abaikan saat melakukan perencanaan usaha adalah rencana pembiayaan dan pembukuan. Padahal, ini merupakan salah satu bagian penting saat memulai sebuah bisnis.
Hitung secara terperinci modal awal, pengeluaran serta proyeksi laba yang akan dihasilkan. Catat semua secara rinci dan teratur untuk memudahkan evaluasi.

Contoh Bentuk Perencanaan Usaha Cafe

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat perencanaan usaha, selanjutnya kamu dapat menyimak contoh perencanaan usaha berikut ini.

Usaha Cafe

1. Struktur Organisasi

  • Nama Perusahaan: Kopi Ngopi
  • Jenis usaha: Cafe
  • Alamat usaha: Jalan Nusatara Raya No 9 Bekasi Timur

2. Visi dan Misi Perusahaan

  • Visi: Menjadi cafe populer yang dapat terus bertahan mengikuti trend yang ada serta mampu menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman berkualitas dengan pelayanan profesional.
  • Misi: Menyediakan berbagai jenis minuman kopi maupun minuman lainnya serta makanan bercita rasa enak dan memberikan pelayanan yang profesional pada pelanggan.

3. Deskripsi Usaha

Kopi Ngopi adalah cafe yang menawarkan berbagai minuman kopi dan menu minuman lain serta makanan. Produk yang kami tawarkan dibuat oleh barista serta koki profesional dan berpengalaman.
Tak hanya menawarkan menu yang enak, namun kami juga menawarkan tempat yang sangat nyaman dengan desain cafe yang menarik dan Instagramable.

4. Strategi Pemasaran

Kopi Ngopi memberikan promo menarik pada hari-hari tertentu dan terus meningkatkan kualitas dan pelayanan kami.

5. Analisis Usaha

Kelemahan: Persaingan usaha cafe cukup ketat
Kelebihan: Kopi Ngopi memiliki desain cafe yang menarik serta menawarkan berbagai menu enak dengan harga yang bersaing.

6. Lampiran

Laporan keuangan, detail produksi, dan struktur perusahaan terlampir.

Itulah contoh perencanaan usaha cafe yang bisa menjadi acuan buat kamu yang sedang ingin membuka sebuah usaha atau bisnis baru.

Contoh Bisnis Plan Usaha Makanan

Bisnis makanan selalu memiliki prospek yang bagus karena masyarakat akan membutuhkan makanan selamanya. Namun Anda tidak boleh memulai usaha di bidang ini dengan gegabah. Oleh karena itu, Anda sebaiknya membuat bisnis plan terlebih dahulu seperti contoh di bawah ini.

Bisnis Makanan

1. Struktur Organisasi

  • Nama perusahaan: Risol Mayo Yummy (Risol Mayo Yummy)
  • Bentuk usaha: manufaktur yang dikelola oleh perorangan
  • Jenis usaha: makanan ringan 
  • Alamat perusahaan: Jalan Nusantara Raya No. 11A, Kota Bekasi Timur

2. Visi dan Misi Perusahaan

Visi:

Menjadi perusahaan makanan ternama di Indonesia dan Asia Tenggara dengan banyak relasi di penjuru dunia serta mengedepankan prinsip kesehatan serta bermanfaat bagi sesama.

Misi:

  • Menghasilkan produk risol mayo lebih lezat dibandingkan yang lain.
  • Mempunyai produk dengan kualitas paling tinggi dan memiliki manfaat yang tidak kalah tingginya.
  • Menjalin relasi bisnis ke negara-negara di dunia untuk mengembangkan bisnis.
  • Menjalin komunikasi dengan konsumen dan mitra dengan baik dan terintegrasi.
  • Menciptakan lapangan kerja baru sehingga dapat memberikan manfaat yang besar kepada sesama.

3. Deskripsi Usaha

Risol Mayo Yummy merupakan contoh rencana usaha di bidang kuliner atau makanan, lebih tepatnya risol mayo. Perusahaan ini melakukan proses produksi secara mandiri kemudian memasarkan produk tersebut. 

Ada pun kegiatan produksi dan penjualan dilakukan di alamat perusahaan. Untuk kelancaran usaha, Risol Mayo Yummy mempekerjakan beberapa karyawan.

Produk risol mayo yang ditawarkan oleh Risol Mayo Yummy ini masih setengah jadi. Yaitu berupa produk risol yang sudah siap untuk digoreng. Jadi, sebelum mengonsumsinya, konsumen dapat menggorengnya terlebih dahulu.

Produk ini dapat bertahan lama namun harus disimpan di dalam freezer. Sehingga dapat dijadikan sebagai stok atau persediaan di rumah. Risol mayo ini tersedia dalam berbagai isian yaitu ayam, smoked beef, kornet, dan mix.

Risol Mayo Yummy selalu menjunjung tinggi prinsip higienis dalam proses produksi, kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan, serta efisien bagi para konsumen. Harga produk Risol Mayo Yummy sangat terjangkau dan dikemas dengan baik sehingga kualitas produk terjaga.

4. Keterangan Pembuat Bisnis Plan

  • Pendidikan terakhir: SMK jurusan Tata Boga
  • Pengalaman kerja: head chef di restoran Sari Rasa selama 3 tahun

5. Segmentasi Pasar

Dalam segmentasi pasarnya, Risol Mayo Yummy menyasar semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, bahkan lansia. Produk makanan ini aman dikonsumsi oleh semua kalangan karena tidak menimbulkan efek samping.

Selain itu, produk risol mayo dari Risol Mayo Yummy ini memiliki banyak manfaat karena terbuat dari bahan-bahan premium yang kaya akan zat gizi.

Namun untuk lebih khususnya, segmentasi pasar Risol Mayo Yummy cenderung diperuntukkan bagi anak-anak hingga remaja serta ibu rumah tangga. Alasannya adalah kalangan ini lebih menyukai produk camilan seperti risol mayo.

Karena pertimbangan tersebut, produk risol mayo dari Risol Mayo Yummy ini akan laku keras di lingkungan anak-anak dan remaja serta ibu rumah tangga.

6. Estimasi Jumlah Produk yang Disebar di Awal

  • Harga: Rp 10.000
  • Lokasi: minimarket, supermarket, serta koperasi terdekat.
  • Kuantitas: 100 pcs
  • Jumlah total: Rp 1.000.000
  • Estimasi permintaan pasar: dua kali lipatnya, yaitu 200 pcs.

7. Keunggulan dan Kelemahan

Produk yang ditawarkan oleh Risol Mayo Yummy tentu belum sempurna dan masih membutuhkan banyak pengembangan. Namun hingga saat ini, ada beberapa keunggulan yang sudah dimiliki oleh produk risol mayo Risol Mayo Yummy, antara lain:

  • Memiliki banyak variasi rasa yang lebih lezat dibanding yang ada sebelumnya.
  • Terbuat dari bahan yang alami dan premium, diolah dengan higienis sehingga aman untuk semua kalangan tanpa ada efek samping.
  • Kualitas selalu terjaga karena menggunakan bahan-bahan yang segar dan diolah dengan higienis serta dikemas dalam kemasan kedap udara.
  • Harganya sangat terjangkau untuk sekelas produk premium.

Tentunya produk risol mayo dari Risol Mayo Yummy juga memiliki kelemahan berikut ini.

  • Harus selalu disimpan di freezer karena tidak menggunakan bahan pengawet kimiawi. Sehingga kurang tahan lama jika dibiarkan di suhu ruang.
  • Memerlukan minyak goreng dalam jumlah banyak untuk menghasilkan risol mayo yang sesuai dengan standar Risol Mayo Yummy.

8. Detail Produksi

Produk risol mayo terbuat dari tepung terigu, telur, air, serta tepung panir untuk kulitnya. Sementara isiannya terbuat dari ayam, smoked beef, kornet, sosis, wortel, kenteng, serta bahan pendukung lainya. 

Pertama, adonan kulit dibuat terlebih dahulu. Kemudian dimasak menggunakan alat masak teflon anti lengket sehingga tak memerlukan minyak. Setelah itu isian juga dibuat. Kemudian isian diletakkan ke kulit dan digulung.

Kulit dilapisi dengan telur dan dibaluri dengan tepung panir. Setelah itu, produk ini dimasukkan ke dalam kemasan plastik kedap udara dan dibekukan kembali. Seluruh proses produksi dijamin higienis.

9. Pemasaran

Pemasaran produk Risol Mayo Yummy dilakukan dengan beberapa metode antara lain dari mulut ke mulut, media sosial, dan relasi bisnis. Boleh juga kami ulas produk anda di jasindopt.com mengingat pengunjung web ini ribuan perhari. Silahkan hubungi admin kami.

10. Pendapatan

Dalam satu kali produksi, Risol Mayo Yummy membutuhkan biaya sejumlah Rp 600.000 untuk membeli bahan baku sampai menjadi produk. Dalam satu bulan dilakukan 2 kali produksi dan menghasilkan bruto sebesar Rp 2.000.000. Jadi, keuntungan bersih yang didapatkan adalah Rp 800.000.

Bagaimana? Itu dia contoh penjabaran lengkap seputar bisnis plan makanan yang bisa Anda contoh untuk diterapkan pula pada bisnis F&B Anda. Selain beberapa penjabaran di atas, Anda juga dapat mengembangkannya menjadi lebih detail pada bagian rancangan pendapatan. Selamat mencoba membuat bisnis plan makanan Anda sendiri ya!

%d blogger menyukai ini: