Cara Menjadi Ahli Dalam Suatu Bidang dan Keuntungannya di Kehidupan

Jasindopt.com – Setiap orang butuh menjadi seorang ahli di suatu bidang, tidak masalah bidang apa yang kita pilih karena setiap orang bisa memiliki kesuksesan yang berbeda. Tapi yang terpenting adalah bagaimana kita bisa jadi master dibidang tersebut.

Orang sering lupa, Orang Pintar dan Bodoh bisa sama-sama sukses loh yang penting punya yang namanya keahlian. Seorang petinju, penyanyi dan pemain bola tidak perlu jago matematika, ahli bahasa, akutansi, dll.

Menjadi seorang ahli dapat membuat Anda menjadi seorang yang berwenang pada bidang Anda. Hal tersebut juga dapat memberikan wibawa lebih serta gaji yang lebih tinggi atau bayaran dari konsultasi. Anda dapat menjadi seorang ahli dengan latihan, belajar serta melakukan promosi yang baik dengan terencana.

Banyak dari kita yang menganggap jenjang karir di kantor adalah segalanya. Sehingga tidak jarang muncul budaya “ABS” atau “Asal Bapak Senang” supaya atasan mau menaikkan pangkat kita. Padahal ada jenjang karir di luar itu yang bisa kita coba dan sama-sama berpeluang besar menjadikan kita sebagai sosok yang sukses.

Jenjang karir expertise atau ahli dalam bidang tertentu masih belum banyak dilirik oleh masyarakat Indonesia.

Padahal Indonesia sangat membutuhkan mereka. Misalnya, ahli di bidang elektronik, mekanik, sipil, listrik, bedah, informatika, akuntansi, dan beberapa tenaga ahli lainnya.

Bagaimana cara meniti jenjang karir sebagai expertise atau tenaga ahli ini?

Ada sebuah hukum, 10.000 Hours Rule, yakni apabila suatu kegiatan dilakukan rutin, terus-menerus berlatih, maka hasilnya akan terus meningkat.

Jangan lupa, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih profesi atau bidang ingin kamu tekuni, lalu asahlah skill tersebut.

Dalam meniti karir menjadi seorang expertise juga dikenal Metode Deliberate Practice, yaitu untuk menjadi ahli, kamu tak bisa hanya sekadar melakukan pengulangan.

Kamu juga perlu memperhatikan cara pengulangannya. Bukan hanya memerhatikan kuantitas latihan, melainkan juga kualitasnya.

Cara menjadi ahli di suatu bidang telah kami rangkum dari berbagai sumber seperti berikut:

1. Tentukan Anda Mau Ahli Di Bidang Apa?

Cara menjadi ahli di suatu bidang yang pertama adalah tentukan ahli di bidang apa? Dengan menghubungkan keinginan dan passion kamu. Kamu punya bakat apa?, Kamu sukanya apa?, Kamu cenderung bisa nyanyi, olah raga apa?, menulis tentang apa, dll.

Cara menjadi ahli di suatu bidang dapat juga dirumuskan dengan sederhana yaitu PASSION = KEAHLIAN + MINAT.

Jadi kesimpulan – nya adalah orang – orang yang ahli merupakan orang – orang yang bekerja sesuai dengan passion – nya.

Karena untuk menjadi ahli perlu mengorbankan waktu, pikiran, dan uang yang tidak sedikit lho!.

Maka kamu harus bersungguh – sungguh dari hati yang terdalam untuk melakukan – nya agar bisa berproses, belajar, dan berkembang meningkatkan keahlian yang kamu inginkan.

2. Pastikan Pilihan Anda Bermanfaat!

Cara menjadi ahli di suatu bidang yang ke-2 yaitu Pastikan bahwa apa yang kamu inginkan mempunyai manfaat untuk diri sendiri di kehidupan sehari – hari. Endingnya Cari Nafkah! Ingat semua orang akan hidup dari pekerjaannya, sekalipun itu lembaga sosial dan agama.

Maksud saya begini, hidup ini tidak bisa lepas dari namanya uang. Saya mau belajar sesuatu untuk saya jual nantinya untuk mendapatkan uang. Agar saya bisa hidup layak dan berkembang, sehingga jadi berkat bagi keluarga dan banyak orang bahkan untuk bangsa sendiri.

Coba bayangin deh kalau kamu sudah meluangkan banyak waktu, uang, dan pikiran, namun keahlian tersebut ternyata kurang bermanfaat untuk diri sendiri. Alias buang – buang waktu – mu!. 

Walaupun tidak ada yang namanya ilmu yang tidak terpakai, namun kan sayang juga gak sih?. Mungkin bisa saja dialihkan untuk hal – hal yang lain. 

3. Praktekan Bidang Yang Sudah Kamu Pilih!

Cara menjadi ahli di suatu bidang yang ke-3 yaitu Praktek,wajib bangat buat kamu untuk langsung mempraktekan lho!. Kamu nggak akan tahu kalau kamu ahli atau tidak, benar atau salah, kalau kamu tidak langsung mempraktekkannya. 

Misal untuk kamu Si Kreatif yang punya kemampuan membuat konten tapi masih bingung mau dibawa kemampuan ini. Kamu bisa banget mengasah kemampuan menjadi content creator di salah satu platform milik komunitas / organisasi. 

Dan jangan lupa, selalu update kemampuan – mu dengan cara belajar dengan teman – teman kamu yang sudah ahli. Atau kamu juga bisa mengikuti online class diberbagai platform. Selain mengasah kemampuan, bisa banget loh dijadikan portofolio buat kamu!

4. Mengulangi Keahlianmu Setiap Hari

Cara menjadi ahli di suatu bidang yang ke-4 yaitu Ulangi terus ya keahlian kamu!. Supaya kamu selalu ingat dan semakin paham dengan apa yang kamu ingin kuasai.

Caranya cukup mudah kok,  bisa kamu lakukan dan praktekan sesuai pada tempatnya secara terus menerus untuk menambah jam terbang!. 

Orang yang melakukan sesuatu secara terus menerus dan disiplin akan menjadi ahli dibidangnya.

Setelah praktek, kamu bisa lho minta evaluasi dari teman – teman terdekat, supaya kamu tahu letak salah nya dan bisa diperbaiki dilain kesempatan. 

Nah yang paling penting, kamu harus open minded  ya masukan dari teman – teman, dan jangan baper!. Supaya kamu bisa berkembang ke arah yang lebih baik lagi!

5. Mengajari Orang Lain

Penting banget buat kamu untuk mengajari keahlian yang kamu miliki ke semua orang.

Selain berbagi ilmu, hal tersebut memiliki fungsi supaya kamu selalu ingat dengan ilmu – ilmu yang menyangkut tentang keahlian – mu lho!.

Dan bisa juga menambah ilmu public speaking kamu. Atau bahkan kamu bisa dapat ilmu baru dari orang – orang yang kamu ajari. Wah pastinya seru dong! niat awal – nya hanya ingin mengajari ilmu, malah mendapat ilmu baru!

Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Ahli

Untuk menjadi ahli dalam suatu bidang, memang tidak mudah dan butuh waktu yang panjang. Ibarat batu mulia, ada banyak proses yang mesti dilalui sebelum menjadi seseorang yang berharga dan diperebutkan.

Tapi ternyata, jika mau menang dalam persaingan dunia kita harus menjadi seorang expert.

Lantas, apa saja keuntungan menjadi seorang expert?

1. Pertama, Semakin Percaya Diri. 

Orang-orang yang tidak percaya diri biasanya fokus pada kelemahan, bukan pada keahliannya.

Kuncinya, kenali apa yang menjadi bakat dan kelebihan diri sendiri. Kamu bisa memulainya dengan mengikuti tes bakat seperti talents mapping.

Harga diri dan juga harga tawar seorang expert akan meninggi dan mahal.

Ia akan lebih leluasa mengambil keputusan.

Ketahuilah, orang-orang yang gelisah dan mudah panik adalah mereka yang tidak mempunyai keahlian, atau keahliannya sebatas rata-rata.

2. Kedua, Nikmatnya Akan Berlimpah. 

Menurut G. William Domhoff, Profesor Riset Psikologi dan Sosiologi University of California, 80% populasi dunia memperebutkan 7% perputaran uang.

Sementara 93% jumlah uang yang yang beredar didunia dikuasai oleh 20% populasi manusia, dan yang 20% itu adalah orang-orang expert di bidangnya masing-masing.

Semakin expert seseorang, membuktikan bahwa orang itu termasuk orang yang tahu cara mensyukuri nikmat yang telah Tuhan berikan kepadanya.

Ia mengetahui bidang apa yang seharusnya ia tekuni sesuai dengan apa yang menjadi kekuatannya. Karena setiap manusia itu unik dan punya kelebihan dan kekuatannya masing-masing.

Sesuai dengan firman-Nya dalam Kitab Suci, “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.”

Jadi wajar apabila ia sudah mampu memaksimalkan potensinya maka nikmat serta rezekinya pun akan bertambah.

Dan kehidupannya pun akan semakin mudah dan tak perlu “ngoyo” seperti orang kebanyakan yang tidak expert dalam satu bidang.

%d blogger menyukai ini: