Apa itu Selebgram? Contoh Selebgram terkaya di Indonesia dan cara menjadi Selebgram terkenal

Jasindopt.com – Selebgram adalah istilah yang diberikan pada orang-orang yang terkenal lewat media sosial instagram.

Selebgram adalah sebutan yang diambil dari kata “Selebriti” dan “Instagram”. Dari dua kata ini sebenarnya sudah bisa kamu pahami apa itu selebgram. Jika diartikan secara sederhana, selebgram artinya selebriti di Instagram. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), selebriti artinya adalah orang yang terkenal atau masyhur (biasanya tentang artis). Jadi, kalau ada orang yang sangat tenar di Instagram, dia adalah selebriti. 

Seseorang bisa dikatakan sebagai selebgram jika memiliki minimal 20.000 followersFollowers artinya adalah orang-orang yang secara sukarela mengikuti akun selebgram tersebut karena tertarik dengan konten yang diunggah. Semakin banyak jumlah followernya, semakin terkenal pulalah seseorang itu. Begitu konsepnya. 

Ada banyak cara untuk menaikkan jumlah follower, mulai dari mengunggah konten yang orisinil, menuliskan caption Instagram yang menarik dan bisa memancing interaksi, sampai mengikuti tren dengan pemakain tagar atau hashtag.

Intinya, jangan bosan untuk melakukan interaksi dengan orang-orang yang sudah merelakan waktunya untuk mengikuti akunmu. Mereka biasanya akan lebih loyal dengan orang yang juga mau merelakan waktunya untuk sekadar membalas pesan atau memberikan respon positif untuk mereka. 

Ketenaran Selebgram dan jumlah pengikut yang berlimpah memberi peluang untuk mendapat penghasilan lewat endorsmen dan adsense di media sosialnya.

Bahkan penghasilan yang didapat dengan menjadi selebgram bisa sangat fantastis dan membuat mereka lebih kaya daripada artis.

Berikut selebgram-selebgram terkaya di Indonesia yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Ria Ricis

Ria Ricis tidak hanya sukses sebagai seorang selebgram tetapi juga sebagai YouTuber. Rahasia sukses Ria Ricis ada pada konten-kontennya yang selalu lucu dan menghibur serta sangat rajin dalam membagikan konten.

Akun Instagram milik Ria Ricis sudah diikuti oleh sebanyak 30,8 juta pengikut dengan penghasilannya ditaksir mencapai Rp 200 juta per bulan. Dengan penghasilan sebanyak itu, istri Teuku Ryan ini menjadi salah seorang selebgram terkaya di Indonesia.

2. Keanu Agl

Selebgram Keanu Agl yang juga menjadi sorotan publik setelah secara gamblang mengatakan tarif endorse yang diterimanya. Jumlah pengikutnya yang sudah mencapai 5 juta lebih menjadikan dirinya semakin dibanjiri endorse di akun Instagram miliknya.

Keanu mengaku pernah mendapatkan endorse produk dengan bayaran tertinggi sampai mencapai Rp 1 miliar. Tidak heran kalau Keanu masuk ke dalam jajaran selebgram terkaya di Indonesia.

3. Anya Geraldine

Pemeran sosok Lidya dalam Serial Layangan Putus ini mempunyai pengikut Instagram yang mencapai 9,4 juta. Untuk endorse Anya Geraldine memasang tarif paling tidak Rp 5 juta untuk sekali unggah. Bisa terbayang kan berapa penghasilan yang bisa dikantongi Anya dalam satu bulan?

4. Rachel Vennya

Meskipun namanya pernah tersandung kasus hukum dan sempat menjadi kontroversi, pekerjaan Rachel Vennya sebagai selebgram tampak tidak terganggu.

Harga yang dipatok oleh mantan istri Niko Al Hakim alias Okin ini bahkan sangat fantastis karena mencapai puluhan juta rupiah. Penghasilan yang berhasil dikantonginya sebagai seorang selebgram diperkirakan mencapai Rp 100 juta hanya dari satu kali endrose saja.

5. Karin Novilda (Awkarin)

Karin Novilda atau yang lebih akrab disapa Awkarin pertama kali dikenal publik lantaran gagal menjalin cinta dengan Gaga Muhammad yang pernah viral. Namanya semakin dikenal publik setelah ia mengeluarkan lagu duet bersama musisi Young Lex.

Dengan pengikut Instagram yang sudah mencapai 7,9 juta, Awkarin mematok tarif endorse sangat bervariasi, mulai dari Rp 2 juta untuk 1 kali unggahan hingga puluhan juta. Dalam 1 bulan, penghasilannya bisa mencapai Rp 97-100 juta hanya dari Instagram saja.

6. Fadil Jaidi

Fadil Jaidi dikenal dengan konten kebersamaannya dengan sang ayah, Pak Muh yang juga menjadi selebgram dengan penghasilan yang cukup fantastis.

Hingga saat ini, Fadil mempunyai followers sebanyak 5,9 juta, dan lewat akun Instagram-nya Fadil bisa memperoleh pemasukan sebesar Rp 200 juta lebih per bulan

Di dunia, tercatat ada 10 akun dengan follower terbanyak, hingga menembus 500 juta.

Berikut daftarnya, dikutip dari Life Style Asia:

1. Instagram (516 juta)

Instagram memiliki akun yang paling banyak diikuti, dengan lebih dari 500 juta pengikut.

Akun tersebut memiliki lebih dari 7.000 unggahan yang berisi kreator populer, kreatif atau mendapat perhatian.

2. Cristiano Ronaldo (451 juta)

Cristiano Ronaldo menjadi manusia pertama yang menembus 400 juta pengikut di Instagram.

Jika Instagram Ronaldo adalah sebuah negara, maka akan menjadi negara dengan penduduk terpadat ketiga di dunia setelah China dan India.

3. Kylie Jenner (345 juta)

Kylie Jenner baru-baru ini menjadi wanita pertama yang menembus 300 juta pengikut di Instagram.

Namun, itu mungkin tidak berarti jika dibandingkan dengan gelarnya sebagai miliarder termuda Forbes pada 2019.

4. Lionel Messi (334 juta)

Dari rival Ronaldo di lapangan hingga Instagram, Lionel Messi membuktikan dirinya cukup mahir di media sosial dan mengintai Kylie Jenner di posisi keempat.

5. Selena Gomez (325 juta)

Sementara Selena Gomez telah terbuka tentang menghindari media sosial, ia telah mendapat jumlah pengikut tercepat dalam daftar akhir-akhir ini.

Gomez menggunakan platformnya untuk kebaikan, berbicara secara terbuka tentang kesehatan mental dan mendorong pengikut untuk mendidik diri.

6. Dwayne “The Rock” Johnson (320 juta)

Posisi nomor enam jatuh ke bintang film Hollywood dan mantan juara WWE, Dwayne Johnson.

Ia telah membangun pengikutnya yang terus meningkat dengan unggahan tentang kehidupan dan inspirasi olahraga.

7. Kim Kardashian (316 juta)

Kim dikenal selalu mengontrol dan menjaga penampilannya. Tak heran ia masuk dalam daftar 10 besar.

8. Ariana Grande (315 juta)

Ariana Grande telah memberi penggemarnya banyak alasan untuk mengikutinya dalam beberapa tahun terakhir.

Dengan feed yang dipenuhi dengan teaser tentang apa yang dia dapatkan dalam pekerjaannya, ditambah sekilas tentang kehidupan pribadinya, Ariana berhasil mengumpulkan banyak pengikut.

9. Beyonce Knowles (261 juta)

Beyonce telah menemukan cara untuk mencapai batas antara superstar yang lebih besar dari kehidupan, sambil tetap memberi kita pandangan sekilas tentangnya dan keluarganya.

10. Khloe Kardashian (249 juta)

Khloe menjadi nama baru dalam daftar 10 besar akun dengan pengikut Instagram terbanyak, menggeser Justin Bieber.

Sejarah Selebgram Indonesia

Sejak diluncurkan pertama kali pada 2010, Instagram kini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak diminati di dunia.

Forbes pada 2021 menempatkan Instagram sebagai aplikasi paling banyak diunduh kedua sepanjang tahun, yaitu oleh sebanyak 546 juta pengguna.

Instagram dulunya merupakan aplikasi berbagi foto sederhana. Namun, kini telah berkembang dengan sangat pesat dan bisa memuat banyak hal.

Aplikasi ini bahkan telah menciptakan jenis selebritas baru atau lebih dikenal dengan Selebriti Instagram (Selebgram).

Semenjak kepopuleran Instagram itu, di Indonesia memicu munculnya online – online shop di media sosial tersebut. Seperti tidak kehabisan akal para penjual online shop melakukan strategi marketing mereka.

Semakin ke sini, semakin ada peluang terlihat untuk mendapatkan followers yang lebih besar. Banyak public figure yang memiliki akun Instagram pribadi dan memiliki banyak followers. Hal ini pun dimanfaatkan untuk mempromosikan online shop. Mereka mengguanakn sistem “endorse”.

Saat itu sistem endorse belum berbayar, para pemilik online shop hanya tinggal mengirimkan barang yang ingin mereka promosikan saja ke public figure. Maklum masih baru banget dan istilahnya endorser di bayar dengan produk dari online shop tersebut.

Namun, seiring perkembangan dan kesuksesan dunia bisnis di Instagram, ada tarif yang dikhususkan untuk melakukan endorse. Tentu masing-masing influencer beda harga tergantuk dari jumlah followers dan bentuk konten yang akan dibuat.

Banyak orang akhirnya tertarik dengan sistem endorse. Baik dari sisi penjual dan pemasarnya. Mereka yang memiliki banyak followers tentunya tidak akan menyia-nyiakan hal ini. Siapa coba yang tidak ingin dikasih barang gratis sekaligus di bayar untuk mempromosikan barang di Instagram pribadinya?

Tapi, semanjak sistem endorse dilirik perusahaan, tarif para endorser langsung melejit pesat. Saat itu persaingannya juga masih sedikit sekali. Oleh sebab itu, muncullah istilah baru untuk orang-orang yang populer di Instagram yakni “Selebgram”.

Selebriti Instagram sendiri berasal dari berbagai latar belakang. Banyak yang memulainya dari nol. Dari orang yang biasa-biasa saja, orang normal yang tidak hidup diantara hingar bingar kepopuleran. Memang, ada juga yang merupakan selebriti top di layar kaca, mudah sekali bagi mereka yang memiliki basis fans mendapatkan jutaan followers.

Hal yang membuat mereka jadi selebgram adalah orisinilitas konten. Para selebgram yang merintis dari nol pasti memiliki konten yang menghibur dan disukai banyak orang, atau memiliki konten yang serius dan memanjakan mata penonton yang melihatnya. Tentu saja ada ciri khas dari konten yang mereka buat sehingga mereka bisa mencapai titik kesuksesan.

Hal lain yang membuat selebgram lebih cepat melejit adalah karena adanya kedekatan yang lebih dengan followersnya, di banding artis yang berada di layar kaca.

Banyak orang menyukai postingan kegiatan sehari-hari yang diunggah para selebgram. Hal itu tidak akan didapatkan di layar kaca. Selebgram juga bisa berinteraksi langsung dengan beberapa fitur yang tersedia seperti kolom komentar, direct message, polling, dan live Instagram.

Cara Menjadi Selebgram Terkenal

Jangan pernah berpikir bahwa cara menjadi selebgram bisa dilakukan dengan instan, karena semuanya membutuhkan proses dan perjuangan dalam waktu yang tidak singkat. 

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan ingin ingin menjadi selebgram Instagram adalah:

1. Tentukan Topik yang Menarik 

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memikirkan dan menentukan topik yang tepat untuk konten-konten yang akan kamu unggah di akun pribadimu. Pastikan topik yang kamu pilih sesuai dengan minat, hobi, dan bidang yang kamu kuasai. Ini untuk mempermudah kamu memvisualisasikan hal tersebut, karena Instagram erat kaitannya dengan sesuatu yang berbau visual. 

Topik apa saja yang bisa menjadi pilihan konten? Ada banyak. Misalnya, kecantikan, kamu bisa memberikan referensi style dalam berbusana, bisa juga mengulas kosmetik dan alat kecantikan. Kalau kamu suka memasak, maka cobalah untuk membuat konten membuat berbagai macam masakan, mulai dari bekal bekerja, sampai dengan hidangan khusus untuk perayaan hari tertentu.

2. Target Pasar

Menjadi selebgram juga membutuhkan adanya target pasar, yaitu orang-orang yang sekiranya akan berminat dengan konten yang kamu buat dan akhirnya memilih untuk menjadi follower setia. 

Di awal, kamu bisa menentukan rentang usia audiens, apakah kamu akan membuat konten yang sesuai untuk usia remaja, ibu rumah tangga, atau bisa masuk ke semua usia. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi kamu untuk membuat konten yang menarik minat mereka. 

3. Personal Branding

Seorang selebgram adalah orang yang awalnya memulai konten dan perjuangannya sendiri. Tentu saja personal branding dibutuhkan dalam hal ini. Personal branding yang biasa digunakan oleh para selebgram ada bermacam-macam, bisa saja dari kecantikan, kemampuan atau skill khusus yang dimiliki, sampai dengan kreativitas atau ide yang tidak ada habisnya. 

4. Profil Instagram yang Keren

Masih berhubungan dengan personal branding, profil instagram adalah hal pertama yang dilihat oleh orang lain dari akun kamu. Jadi, usahakan untuk membuat profil yang keren dan menarik.

Gunakan foto profil yang menarik dan berkualitas baik, tuliskan bio yang simpel tapi tetap keren, cantumkan nomor kontak atau tautan ke akun media sosial dari platform lain yang kamu miliki, bisa Facebook, Youtube, personal blog, atau Twitter. Satu hal yang juga penting, Instagram sudah menyediakan fitur pilihan akun bisnis, jadi tidak ada salahnya jika kamu memanfaatkan hal tersebut. Dengan beralih dari akun personal ke akun bisnis, kamu akan lebih mudah untuk memantau perkembangan dan engagement akunmu. 

5. Buatlah Konten yang Bisa Menarik Perhatian Orang Lain

Seperti sudah dijelaskan di awal, selebgram adalah orang yang dikenal melalui konten di akun Instagram miliknya. Karena itu, jika kamu sudah menentukan topik, buatlah konten yang sesuai dan konsisten dengan topik tersebut. 

Gambar atau video yang kamu unggah harus dalam kualitas yang baik, sehingga nyaman untuk dilihat oleh banyak orang. Tambahkan audio dan juga caption yang berhubungan dengan gambar tersebut agar bisa lebih menarik perhatian. 

Kamu juga bisa membuat jadwal khusus untuk mengunggah konten ini, entah dua hari sekali atau bahkan setiap hari. Cari tahu kapan waktu terbaik untuk mengunggah konten dan mendapatkan engagement yang baik, misalnya di waktu jam istirahat kerja, atau di akhir pekan. 

6. Gunakan Bantuan Tagar

Tagar atau hashtag memang berpengaruh pada jumlah views atau engagement dari unggahan kamu. Dengan menggunakan tagar yang sedang trending, maka kemungkinan unggahanmu akan dilihat oleh banyak orang semakin terbuka lebar. Peluang untuk meningkatkan jumlah followers pun juga semakin besar.

7. Berinteraksi dengan Followers

Memiliki jumlah tertentu dalam hal followers artinya kamu memiliki orang-orang yang menyukai dan mempercayaimu. Hal ini harus dihargai. Hargai waktu yang mereka berikan untuk melihat konten unggahanmu. 

Kamu bisa membalas pesan yang mereka kirimkan, memberikan respon yang baik pada mereka, atau bisa juga sering menyapa langsung dengan mengadakan agenda live di Instagram. Bisa juga dengan memancing  interaksi dari mereka dengan memberikan pertanyaan pada konten dan caption yang kamu buat. Ingat, interaksi dengan followers ini bisa meningkatkan engagement akun kamu. 

8. Memilih Produk Endorse

Jika akhirnya kamu sudah mencapai jumlah followers tertentu, akan ada kesempatan kamu ditawari beberapa produk dalam bentuk endorsement. Biasanya para pemilik bisnis online shop yang akan melakukan ini. Ada endorsement yang menawarkan ‘bayaran’ hanya berupa produk yang dikirimkan, namun lebih sering yang memberikan uang dalam jumlah tertentu.

Kamu bisa menentukan rate sendiri dalam hal endorse ini, tapi ingat untuk tidak menentukan rate terlalu tinggi di awal dan yang penting jangan menerima produk secara asal-asalan. Sebisa mungkin, pilihlah produk endorse yang sesuai dengan topik kontenmu, agar terlihat lebih relate

9. Lakukan Kolaborasi dengan Selebgram Lain

Jika ternyata ada selebgram lain yang memiliki minat di bidang yang sama dengan kamu, tidak ada salahnya untuk melakukan kolaborasi. Apalagi bila selebgram tersebut sudah lebih dulu memiliki followers banyak daripada kamu. Hal ini bisa berpengaruh pada ketenaran kamu. 

Pada dasarnya, selebgram adalah salah satu bidang yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar. Saking besarnya pendapatan selebgram, pemerintah bahkan mulai berpikir untuk mengenakan tarif pajak khusus bagi mereka.

Bila dilihat dari penjelasan mengenai apa itu selebgram tadi, bisa disimpulkan bahwa pada dasarnya mengelola akun selebgram hampir sama dengan mengelola bisnis. Apalagi kalau kamu memilih untuk menawarkan dan menjual produkmu sendiri dengan memanfaatkan status selebgram tersebut.

Semua tahapnya perlu kamu pikirkan dengan baik, mulai dari branding, pola promosi, strategi pemasaran dan pengelolaan after-sales. Jangan lupa juga untuk mengatur keuangan dengan baik. Sering kita dengar berita selebgram yang akhirnya harus kehilangan proyek pekerjaan atau bisnisnya mengalami kebangkrutan karena kesalahan dalam pengelolaan finansialnya.

%d blogger menyukai ini: