Arti Ukuran Ban Mobil Dan Cara Mengetahui Kode Produksi Ban Mobil

Jasindopt.com – Pernah ngak Sih? Kepikiran apa makna kode yang tertulis di Ban Mobil Anda. Jika iya, berikut penjelasannya yang telah jasindopt.com lansir dari berbagai sumber.

Apa makna atau arti kode pada ban mobil yg tersurat.

Ban adalah komponen yang sangat penting pada sebuah mobil. Ban ini memiliki fungsi sebagai ‘alas kaki’ yang mendukung mobil melaju secara stabil, sekaligus penopang beban.

Setiap mobil memiliki standar ukuran ban yang berbeda-beda, maka dari itu kamu harus tahu pasti bagaimana cara membaca standar ukuran mobil agar tidak salah pilih.

Untuk mempermudah kamu memilih ban yang sesuai dengan tipe mobil berdasarkan ukuran velg dan ban yang ideal. Anda perlu mengetahui lebih lanjut tips dan informasi lengkap berikut ini!

Arti Ukuran Ban Mobil

Cara melihat ukluran ban mobil yang paling mudah adalah dengan mengecek dinding ban.

Biasanya, produsen  mobil sudah mencantumkan ukuran beserta dengan detail lain mengenai produk mereka pada sisi dinding mobil.

Tentu, kamu akan melihat deretan angka dan huruf pada dinding ban, bukan? Nah, itulah yang dimaksud dengan detail ban.

Setiap angka dan huruf yang tercantum memiliki arti deatil tertentu, seperti ukuran ban, besar tekanan udara hingga tekanan ban maksimal yang mampu ditahan.

Untuk lebih jelas, kamu bisa lihat gambar di bawah ini:

Cara membaca ukuran ban mobil: Huruf pertama kode ban

Setiap tipe ban terdiri dari kombinasi kode yang menunjukan penggunaannya. Misalnya arti ukuran ban mobil P 185/65 R15 93V pada merk Michelin. Huruf P berarti Passenger, yang berarti ban ini dibuat untuk mengangkut orang atau penumpang. 

Huruf P ini adalah ban P-Metric yang mengacu pada ban yang dibuat dengan standar tertentu di Amerika Serikat.

Selain itu, ada kode ‘R’ untuk ban berjenis radial, kode LT yang artinya Light Truck untuk membawa barang muatan, ‘ST’ yang artinya Spesial Trailer, serta ‘T’ alias Temporary yang menunjukan ban cadangan.

Kalau ban mobilmu tidak memiliki huruf di awal, maka menunjukkan tipe mobilmu adalah ban metrik Euro (Euro-Metric).

Cara membaca ukuran ban mobil: Arti tiga angka depan

Masih dengan arti ukuran ban mobil 185/65 R15 93V. Angka 185 pada kode ban mobil tersebut menunjukkan tingkat ketebalan ban dalam ukuran milimeter ketika dipasangi velg. 

Lebar ini diukur dari dinding samping ke dinding samping lainnya. Jadi, ukuran lebar ban mobil yang tercantum pada mobil berkode P 185/65 R15 93V adalah 185 millimeter (mm).

Cara membaca ukuran ban mobil: dua angka setelah garis miring

Setelah tiga angka paling depan yang mengacu pada lebar ban mobil, maka kamu akan menemukan tanda garis miring sebagai pemisah kode. Pada arti ukuran ban mobil 185/65 R15 93V, dua angka setelah garis miring adalah 65.

Angka 65 ini merupakan rasio ban yang artinya persentase tinggi ban terhadap ketebalannya. Jika angka aspek rasionya semakin besar, maka ukuran dinding samping ban juga akan semakin besar.

Cara membaca ukuran ban mobil: huruf di tengah

Pada kode ban juga terdapat huruf yang letaknya di tengah dan paling akhir. Huruf yang berada di tengah kode, yaitu R, adalah kode konstruksi ban. 

Kode huruf R merupakan kepanjangan dari kata radial. Ini berarti lapisan tersebut melapisi ban secara radial.

Cara membaca ukuran ban mobil: dua angka setelah huruf

Selanjutnya terdapat dua angka yang ada pada belakang huruf. Arti ukuran ban mobil 185/65 R15 93V berikutnya, yaitu 15 merupakan kode penunjuk lebar diameter velg dalam ukuran inci. Diameter ini diukur dari jarak satu sisi ke sisi lainnya.

Kalau kamu ingin tahu diameter pelek ban, dua angka ini adalah petunjuknya. Jika angkanya semakin besar, maka ukuran velg yang terpasang pada ban juga semakin besar.

Cara membaca ukuran ban mobil: dua angka terakhir

Cara membaca kode ukuran ban mobil selanjutnya beralih pada dua angka terakhir sebelum huruf. Masih mengupas arti ukuran ban mobil 185/65 R15 93V, maka angka yang dimaksud adalah 93.

Angka ini menunjukan kode batas beban tumpuan yang mampu ditopang oleh setiap ban. Angka 93 pada kode ban tersebut berarti batas beban tumpuan maksimum yang dapat ditopang adalah antara 600-800 kilogram. 

Sebagai informasi, berikut ini contoh kode batas beban tumpuan dan total bobot yang dapat ditopang:

  • Kode 70: beban maksimal 335 kg
  • Kode 75: beban maksimal 387 kg
  • Kode 80: beban maksimal 450 kg
  • Kode 90: beban maksimal 600 kg
  • Kode 100: beban maksimal 800 kg

Cara membaca ukuran ban mobil: satu huruf terakhir

Beralih pada arti ukuran ban mobil 185/65 R15 93V. Huruf paling belakang yaitu V pada kode ban tersebut menunjukkan kode speed rating alias kecepatan ban. V pada kode tersebut merupakan index dari 240 km/jam, yang artinya kecepatan maksimum yang dianjurkan sebesar 240 km/jam. 

Ada juga ban dengan kode S memiliki kemampuan kecepatan maksimal 130 mph atau 210 km/jam, Y dengan kecepatan maksimal paling tinggi 300 km/jam, dan sebagainya.

Huruf ini jadi panduan supaya pemilik tidak memacu kendaraannya melebihi batas kecepatan yang tercantum. 

Kode produksi ban mobil

Selain kode di atas, kamu juga bisa menemukan kode produksi ban mobil. Kode ini juga tak kalah penting dalam memilih ban mobil terbaik karena ban memiliki masa kadaluarsa. 

Ketika kamu membeli ban mobil murah atau ban mobil bekas, maka jangan memilih ban yang masa kadaluarsanya sudah dekat. Ban terbuat dari karet yang kualitas dengan tahun produksi baru akan lebih baik daripada ban yang diproduksi sudah lama meskipun belum digunakan.

Cara membaca kode produksi ban mobil ini bisa ditemukan pada empat digit nomor yang tertera di sisi luar dinding ban. Misalnya, 4020 yang berarti ban tersebut diproduksi pada minggu ke-40 tahun tersebut, lalu dua angka di belakang yaitu 20 adalah tahun pembuatan, yakni 2020.

%d blogger menyukai ini: