Ayo Jadi Pengusaha:Pemerintah Dorong Peningkatan Wirausaha Muda Perkuat Ketahanan Ekonomi Indonesia

Jasindopt.com – Saat ini pemerintah Indonesia sedang meningkatkan jumlah wirausaha karena calon-calon wirausaha muda yang nanti akan menciptakan lapangan kerja baru. Untuk memperkuat ketahanan ekonomi dalam menciptakan pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan di Indonesia.

Sampai tahun 2024, pemerintah mengharapkan ada pertumbuhan 1,5 juta wirausaha baru dan dalam waktu tiga tahun ini pemerintah harus mencapai target 500 ribu wirausaha per tahun. Ayo bela negara dengan menciptakan lapangan kerja.

Siapa bilang pengusaha sukses hanya berlaku untuk orang yang sudah berumur saja? Pasalnya banyak pengusaha muda yang sukses mendirikan bisnis di Indonesia. Kerja keras, semangat pantang menyerah serta tekad yang kuat menjadi salah satu faktor yang membuat para pengusaha muda berhasil meraih kesuksesan.

Berikan aku 1000 orang tua niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Berikan aku 1 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.” – Bung Karno.

Sosok yang menjadi inspirasi untuk anak muda ditahun 2023 adalah orang-orang yang pada masa mudanya sudah bekerja keras, berani melawan hawa nafsu anak muda, menghindari nongkrong dan hal-hal negatif lainnya.

Masa Muda hanya sekali dan masa muda adalah masa emas yang paling tepat untuk berprestasi dan memperjuangkan semua yang kita cita-citakan. Selagi Anda masih muda, banyak sekali hal yang dapat Anda pelajari, dan ini akan menjadi semakin sulit seiring bertambahnya usia.

Misalnya, mempelajari sebuah bahasa baru atau mempelajari caranya berenang. Jika Anda ingin mempelajari suatu hal baru, lakukan sekarang atau tidak sama sekali, karena mungkin sebelum Anda mengetahuinya, Anda sudah tidak bisa melakukannya lagi.

Keadaan selalu berubah dan tidak seorang pun mengetahuinya. Misalnya, mempelajari suatu hal baru membutuhkan banyak usaha dan mungkin nantinya Anda tidak dapat melakukannya lagi. Bisa saja nantinya Anda harus menjadi seorang ibu yang sibuk dengan urusan anak dan rumah tangga lainnya. Sehingga Anda tidak lagi memiliki waktu untuk berfokus dalam mempelajari suatu hal.

Contoh 10 Pengusaha Muda Sukses di Indonesia yang Berhasil Masuk Forbes Asia

Bukti bahwa menjadi seorang pengusaha sukses, tidak perlu menunggu hari tua. Setidaknya hal itu dibuktikan oleh para pengusaha muda sukses di Indonesia ini. Mereka semua berhasil mendirikan bisnisnya dari nol dan mengalami jatuh bangun membangun usaha sampai sukses seperti sekarang ini.

Perlu kamu ketahui bahwa mendirikan bisnis di usia muda tidaklah mudah. Sebab, butuh kerja keras dan tekad yang sangat kuat. Walaupun pengalaman para pengusaha ini masih minim, namun dengan terus belajar dan berinovasi, bisnisnya bisa terus dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

1. James Prananto

Pengusaha muda sukses pertama yang masuk Forbes Asia adalah James Prananto. Beliau bersama Edward Tirtanata mendirikan usaha bernama Kopi Kenangan. Kini, bisnisnya tersebut sudah tersebar di berbagai sudut kota-kota besar di Indonesia.

Kopi Kenangan sendiri didirikan dengan konsep warung kopi pinggir jalan dan kafe kelas atas. Dengan begitu, usaha ini tetap menawarkan produk berkualitas tinggi namun harganya terjangkau. Rencana jangka panjangnya adalah James ingin menambah lagi gerai baru dan menjual kopi hingga tiga juta cangkir per bulannya.

2. Amanda Cole

Berikutnya ada Amanda Cole yang merupakan pendiri Sayurbox. Beliau rela mengorbankan pekerjaan tetapnya untuk bisa membantu para petani di daerah. Tujuan didirikannya Sayurbox adalah untuk membantu para petani dalam memotong harga tengkulak sehingga mereka bisa dapat harga yang lebih adil.

Amanda sudah bermitra dengan lebih dari 300 perkebunan dan Sayurbox sudah melayani hingga lebih dari 50 ribu pelanggan. Berkat idenya tersebut, Amanda berhasil menang dalam kompetisi startup Seedstars Jakarta dan menerima uang sekitar US$2 juta sebagai pendanaan bisnisnya.

3. Benz Budiman

Selanjutnya, ada Benz Budiman yang juga termasuk pengusaha muda sukses yang masuk ke Forbes Asia. Beliau adalah pendiri dan juga CEO dari Pomona, sebuah startup adtech yang berpusat pada industri FMCG.

Pada dasarnya, Pomona memulai bisnis sebagai aplikasi seluler dan menawarkan promosi cashback setiap pembelian bahan makanan. Pada akhir 2017, usaha ini berubah menjadi penyimpanan data konsumen.

Sejak tahun 2016, pengguna Pomona sudah mencapai angka lebih dari 200.000. Aplikasi ini juga didukung oleh investor seperti Stellar Kapital, Central Capital Ventura, Prasetia, hingga Fenox VC. Kini, Benz Budiman masuk ke dalam Forbes Asia sebagai pengusaha muda sukses.

4. Haryanto Tanjo

Haryanto Tanjo adalah pendiri Moka Indonesia dan juga termasuk pengusaha muda sukses yang masuk ke dalam Forbes Asia. Moka sendiri adalah sebuah software kasir online yang membantu UMKM, pengecer, hingga toko retail. Dengan adanya aplikasi tersebut, pedagang bisa lebih dimudahkan dalam hal operasional usahanya.

Kesuksesan aplikasi Moka ini membuat Haryanto dapat dana bantuan dari Softbank dan EDBI. Total bantuan yang didapatkan mencapai US$28 juta. Dari hal tersebut, tidak mengherankan kalau Moka menjadi salah satu aplikasi terkemuka di Indonesia.

5. Archie Carlson

Pengusaha muda sukses lainnya yang masuk Forbes Asia adalah Archie Carlson. Beliau dan tiga mitra lainnya mendirikan StickEarn pada tahun 2017. Usaha tersebut mendapatkan dana awal sebesar US$1 juta dari East Ventures. Melalui StickEarn, mereka masuk jajaran pengusaha muda sukses di Indonesia.

StickEarn menawarkan jasa antar pengiklan dan juga pemilik mobil. Sampai saat ini, StickEarn telah menangani lebih dari 200 klien dan menjangkau 17 industri di seluruh Indonesia. Bahkan, StickEarn sudah membayar sekitar US$2 juta kepada lebih dari 60 ribu pengemudi sebagai penghasilan tambahan.

6. Muhammad Alfatih Timur

Muhammad Alfatih Timur merupakan pendiri Kitabisa.com yang merupakan situs pengumpulan dana atau crowdfunding.

Situs Kitabisa.com sudah banyak mendanai berbagai proyek sosial dan membawa dampak langsung untuk masyarakat Indonesia. Dengan usahanya tersebut, nama Muhammad Alfatih Timur masuk ke dalam pengusaha muda sukses yang masuk Forbes Asia.

Hingga saat ini, situs penggerak ekonomi masyarakat Kitabisa.com berhasil memfasilitasi lebih dari 30 ribu penggalangan dana sosial. Ditambah lagi, sudah banyak orang yang bergabung dengan jumlah rata-rata 2 juta orang dan dana donasi sekitar Rp815 miliar.

7. Andi Nata

Berikutnya ada Andi Nata yang merupakan pendiri jasa masakan aqiqah. Pengusaha muda sukses satu ini merupakan mahasiswa Universitas Indonesia dan mengambil jurusan teknik mesin. Meskipun begitu, Andi memiliki ambisi untuk membuka usaha pada bidang kuliner. Bisa dikatakan, keputusannya itu sangat berani padahal dia sendiri tidak bisa memasak.

Dengan kerja kerasnya selama bertahun-tahun, usaha tersebut akhirnya membuahkan hasil. Masakan Andi bahkan bisa menembus Hotel Four Season serta tiga hotel bintang empat lainnya di daerah ibukota. Secara omzet, bisnisnya saat ini sudah mencapai ratusan juta rupiah per bulan.

8. Hamzah Izzulhaq

Hamzah Izzulhaq merupakan pendiri bisnis franchise program bimbingan belajar. Pengusaha muda sukses yang masuk Forbes Asia ini memang senang berbisnis dan berdagang sejak kecil. Waktu itu, dia sering menjual mainan, petasan, koran, sampai pernah menjadi tukang parkir.

Saat ini, usahanya sudah memiliki tiga cabang dan omzetnya mencapai ratusan juta rupiah. Selain itu, Hamzah juga mengembangkan bisnis kerajinan sofabed yang sudah diresmikan menjadi badan hukum dengan nama CV Hamasa Indonesia. Bisnis mebelnya tersebut juga memiliki omzet hingga ratusan juta per bulan.

9. Aruna Harsa

Pengusaha muda sukses dan masuk Forbes Asia berikutnya adalah Aruna Harsa. Beliau merupakan pendiri Dekoruma yang merupakan perusahaan startup jasa.

Perusahaan tersebut memberikan solusi yakni sebuah layanan untuk dapat membantu para penyedia barang. Setelah itu, para penyedia barang dapat mendistribusikan produknya ke berbagai pasar yang jauh lebih luas.

Dengan perusahaan yang dibuat Aruna, masyarakat tidak perlu bingung jika ingin merenovasi rumahnya. Konsumen tinggal mengakses platform dekorasi rumah milik Aruna dan dia menjadi perantara untuk desainer, vendor, dan juga konsumen.

10. Felicya Angelista

Bisa dikatakan, Felicya Angelista adalah pengusaha muda sukses wanita yang berhasil masuk Forbes Asia. Sejak tahun 2017, Felicya Angelista sudah mendirikan brand kecantikan yang bernama Scarlett Whitening.

Sampai hari ini, bisnisnya sudah mengeluarkan berbagai produk perawatan kulit yang dimulai dari serum, toner, moisturizer, masker, sabun, dan lain-lain.

Berdasarkan data dari Marketeers pada awal 2021 lalu, Scarlett Whitening merupakan salah satu brand favorit dan juga terlaris di masyarakat. Produk yang diminati masyarakat adalah dua serum andalan brand ini.

Dengan kesuksesan yang diraih, Scarlett Whitening sudah mencapai transaksi hingga lebih dari 150 ribu. Bahkan total penjualannya bisa mencapai Rp15,5 miliar.

Nah, itulah contoh pengusaha muda sukses Indonesia yang masuk Forbes Asia. Dari ulasan di atas, kita bisa tahu bahwa menjadi seorang pengusaha sukses bisa dilakukan dalam umur yang masih muda.

Kunci untuk bisa sukses berbisnis seperti mereka adalah selalu inovasi, kerja keras, dan jangan lupa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi kamu dalam berwirausaha, ya.

Menjadi seorang pengusaha sukses tentu tidak dapat terjadi hanya dalam waktu semalam saja. Penting untuk menyadari sejak awal bahwa tidak ada keajaiban instan yang akan mengubah Anda menjadi pengusaha sukses dalam waktu yang sangat singkat. Namun, bagi Anda yang siap bekerja keras untuk sukses, ada beberapa keterampilan kewirausahaan yang dapat membantu Anda untuk mencapai hal tersebut.

1. Kerja Cerdas, Bukan Kerja Keras

Cara menjadi pengusaha sukses yang pertama adalah memahami pola pikir untuk bekerja secara lebih cerdas, bukan bekerja keras. Banyak orang membayangkan seorang wirausahawan sebagai seseorang yang bekerja 18 jam sehari, tidak melakukan apa-apa selain makan, tidur, dan mengerjakan bisnisnya.

Orang-orang cenderung melukis gambaran seseorang yang begitu terdorong untuk sukses sehingga seluruh hidup mereka hanya berada di seputar pekerjaan. Tentu saja, kerja keras adalah kunci sukses sebagai wirausahawan di samping ketabahan.

Namun, kenyataannya tidak seperti itu. Bekerja setiap menit tidak secara otomatis membuat Anda menjadi pengusaha sukses. Pendekatan ini berarti bahwa wirausahawan bertanggung jawab untuk melakukan segalanya. Pendekatan ini mungkin bisa berhasil sesekali, tetapi sebagian besar orang tidak mampu mempertahankan ritme kerja yang melelahkan untuk jangka waktu yang lama.

Bekerja berlebihan menyebabkan kelelahan, yang pada akhirnya akan membawa kesalahan. Sebagian besar dari Anda mungkin bisa melakukan beberapa hal dengan sangat baik. Namun,tentu ada beberapa hal lain yang tidak Anda kuasai 100%. Untuk itu, Anda harus belajar cara bekerja dengan lebih cerdas, bukan lebih keras, dan Anda akan terbiasa dengan pola pikir ini seiring berjalannya waktu.

2. Delegasikan Pekerjaan Pada Orang yang Lebih Ahli

Cara menjadi pengusaha sukses yang kedua dengan mendelegasikan atau mempekerjakan orang lain untuk menangani hal-hal yang tidak Anda kuasai. Hal ini memungkinkan Anda untuk fokus pada area bisnis yang memang menjadi keahlian Anda. Langkah ini dapat membawa efisiensi dan keuntungan yang sama rata.

Pengusaha hebat memahami pentingnya delegasi. Terkadang dibutuhkan hal-hal yang membuat kewalahan (dan kegagalan) sebelum Anda benar-benar memahami mengapa delegasi tugas adalah hal yang sangat penting.

Pikiran untuk menambahkan anggota tim dan karyawan tambahan mungkin agak berisiko, seperti halnya biaya yang terkait dengan membangun staf yang besar. Namun berkat ekonomi virtual saat ini, Anda dapat menemukan bantuan yang dibutuhkan dalam bentuk freelancer dan kontraktor

3. Jaga Hubungan Bisnis Jangka Panjang

Cara menjadi pengusaha sukses yang ketiga dengan menjaga hubungan bisnis jangka panjang. Hampir semua pelaku bisnis akan lebih suka bekerja dengan perusahaan yang mereka sukai dan percayai. Kemampuan Anda untuk memelihara hubungan kerja jangka panjang dengan wirausahawan yang berpikiran sama dalam industri ini akan menjadi salah satu faktor kunci dalam kesuksesan bisnis jangka panjang.

Sebagian besar wirausahawan setuju bahwa jauh lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan dari pelanggan tetap daripada menginvestasikan waktu dan uang untuk mendapatkan pelanggan baru. Hubungan bisnis juga mencakup akses ke keuangan. Setiap pengusaha menginginkan kesempatan terbaik untuk melihat proposisi bisnis mereka menjadi perusahaan yang mapan.

Ini berarti para wirausahawan harus memiliki kemampuan berinvestasi yang tinggi. Membina hubungan baik dengan investor, pemodal ventura, investor swasta, dan bahkan bank, Anda dapat menggerakkan roda untuk mengamankan pendanaan wirausahawan yang sangat penting itu.

4. Pekerjakan Freelancer

Cara menjadi pengusaha sukses yang keempat dengan mempekerjakan freelance untuk melakukan beberapa hal yang tidak Anda kuasai dalam jangka waktu tertentu. Meskipun menggunakan jasa freelancer bukanlah situasi yang paling ideal untuk perusahaan yang sudah mapan, ketika Anda adalah perusahaan tahap awal, menggunakan freelancer dan kontraktor pihak ketiga bisa sangat efektif dan tidak akan merusak keuangan.

Faktanya, cara ini adalah solusi yang terjangkau berkat pasokan dan permintaan dasar. Pendekatan ini jauh lebih hemat biaya jika dibandingkan dengan karyawan penuh waktu, karena freelancer hanya diberi kompensasi untuk pekerjaan yang telah mereka selesaikan

5. Terus Mengembangkan Diri

Cara menjadi pengusaha sukses yang kelima dengan terus melakukan upaya pengembangan diri. Setiap pengusaha sukses membutuhkan kelincahan bisnis, dengan kemampuan untuk belajar dan beradaptasi dengan metode, proses atau teknologi baru yang dapat membuat bisnis mereka lebih kuat dan efisien.

Kebutuhan pasar selalu dinamis: dunia bisnis dan konsumen selalu berubah dan apa yang berhasil bertahun-tahun, bahkan berbulan-bulan yang lalu mungkin tidak akan berfungsi lagi keesokan harinya. Pengusaha sukses tidak akan gegabah untuk menerima ketika ada peluang baru untuk meningkatkan penawaran dan lebih memenuhi kebutuhan pelanggan dan pasar secara keseluruhan.

Produk yang dikembangkan secara ketat sesuai preferensi Anda sendiri akan diklasifikasikan lebih seperti hobi; namun, produk yang dikembangkan untuk pasar harus dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar yang berkembang. Untuk itu, Anda diharuskan bijak dan mengerti di mana basis pijakan Anda. dan terus mengevaluasi diri.

Pengusaha Hebat Perlu Miliki Daya Juang yang Tinggi

Menjadi seorang pengusaha sukses diperlukan semangat dan mental yang kuat, serta daya juang yang tinggi. Terlebih menjadi pengusaha tanpa memiliki modal ilmu di perkuliahan maupun sekolah formal.

Banyak pengusaha yang mengubah dunia, justru mereka yang tidak sekolah. Namun yang perlu diingat, mereka memiliki daya juang yang sangat tinggi untuk meraihnya. Ini karena bisnis itu mengelola ketidakpastian, sehingga diperlukan mental yang kuat.

%d blogger menyukai ini: