Pengertian Guru: Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Guru, Kode Etik Guru Beserta Peran dalam Pendidikan

JasindoPT.com – Apa sih arti seorang guru bagi anda? Bagi saya sendiri, Seorang guru adalah pelita dalam kegelapan, kebayang nga sih kita tanpa guru jadi apa?

Guru adalah sosok yang sangat penting dalam hidupku, bahkan selagi kita masi hidup kita akan tetap membutuhkan seorang guru.

Jadi teringat lagu, Guruku Tersayang” merupakan salah satu lagu ciptaan Melly Goeslaw yang dipersembahkan untuk semua guru yang telah mendidik dan tidak lelah mengajar para anak didiknya, termasuk dirinya.

Berikut ini lirik lagu “Terima Kasih Guruku (Guruku Tersayang)” ciptaan Melly Goeslaw.

Pagiku cerah matahari bersinar
Kugendong tas merahku dipundak
Selamat pagi semua
Kunantikan dirimu
Di depan kelasmu, menantikan kami
Guruku tersayang
Guruku tercinta
Tanpamu apa jadinya aku
Tak bisa baca tulis
Mengerti banyak hal
Guruku terima kasihku……
Reff:
Nyatanya diriku
Kadang buatmu marah
Namun segala maaf kau berikan.

Lirik lagu “Terima Kasih Guruku (Guruku Tersayang)” yang ringan dan penuh makna ini membuat banyak orang gampang mengingatnya. Lagu ini jadi semacam lagu wajib setiap memperingati Hari Guru Nasional.

Pengertian Guru

Guru adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Guru-guru seperti ini harus mempunyai semacam kualifikasi formal. Dalam definisi yang lebih luas, setiap orang yang mengajarkan suatu hal yang baru dapat juga dianggap seorang guru.

Pengertian guru, seperti sudah kita ketahui bersama, Guru adalah seorang tenaga pendidik profesional yang mendidik, mengajar suatu ilmu, membimbing, melatih, memberikan penilaian, serta melakukan evaluasi kepada siswa.

Guru juga dapat didefinisikan sebagai seseorang yang telah mengabdikan dirinya untuk mengajarkan suatu ilmu, mendidik, mengarahkan, dan melatih siswanya agar memahami ilmu pengetahuan yang diajarkannya tersebut.

Pengertian Guru Menurut UU No.14 Tahun 2005

Secara khusus UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen memberikan pengertian guru sebagai tenaga pendidik profesional yang memiliki tugas utama untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi siswa pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Sosok guru memiliki peran sangat penting dalam proses menciptakan generasi penerus yang berkualitas, baik secara intelektual maupun akhlaknya sehingga kelas dapat berhasil meneruskan estafet kepemimpinan bangsa.

Tugas dan tanggung jawab guru sangatlah besar. Tidak sekedar menyampaikan materi pelajaran saja. Jika peran seorang guru hanya terbatas dalam hal ini saja, maka tidak heran jika lambat laun guru akan punah dan digantikan oleh teknologi atau buku-buku pelajaran.

Kode Etik Seorang Guru di Indonesia:

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) merumuskan sejumlah poin kode etik seorang guru di Indonesia

  1. Guru berbakti membimbing peserta didik untuk membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang berjiwa Pancasila.
  2. Guru memiliki dan melaksanakan kejujuran profesional.
  3. Guru berusaha memperoleh informasi tentang peserta didik sebagai bahan melakukan bimbingan dan pembinaan.
  4. Guru menciptakan suasana sekolah sebaik-baiknya yang menunjang berhasilnya proses belajar-mengajar.
  5. Guru memelihara hubungan baik dengan orang tua murid dan masyarakat sekitarnya untuk membina peran serta dan rasa tanggung jawab bersama terhadap pendidikan.
  6. Guru secara pribadi dan bersama-sama mengembangkan mutu dan martabat profesinya.
  7. Guru memelihara hubungan profesi, semangat kekeluargaan dan kesetiakawanan sosial.
  8. Guru secara bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan mutu organisasi PGRI sebagai sarana perjuangan dan pengabdian.
  9. Guru melaksakanakan segala kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan.

Tugas dan Tanggung Jawab Guru

Ada tugas dan tanggung jawab guru yang tidak dapat digantikan perannya oleh robot. Berdasarkan pengertian guru yang ada di atas, seorang guru memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengajar, mendidik, melatih para siswa agar menjadi individu yang berkualitas, baik dari sisi intelektual maupun akhlaknya.

Melansir dari akupintar.id berikut ini adalah beberapa tugas utama seorang guru:

1.  Mengajar

Deskripsi tentang guru dibagian awal awal artikel ini menyebutkan bahwa seorang guru adalah seseorang yang mengajarkan ilmu. Seorang guru memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan ilmu pengetahuan kepada siswa-siswanya. Tujuan guru dalam hal ini adalah membuat para siswa mengetahui tentang materi dari suatu disiplin ilmu dan memiliki tingkat intelektual yang tinggi.

2.  Mendidik

Guru merupakan seorang pendidik. Mendidik siswa merupakan hal yang berbeda dengan mengajarkan suatu ilmu pengetahuan. Kegiatan mendidik siswa memiliki tujuan untuk mengubah tingkah laku siswa menjadi lebih baik sehingga dapat menjadi anggota masyarakat yang baik pula.

Dalam proses mendidik siswa, seorang guru akan memiliki tantangan yang berbeda jika dibandingkan dengan hanya mengajarkan suatu ilmu pengetahuan.

Supaya sukses dalam mendidik siswa, seorang guru harus dapat menjadi teladan yang bagi siswa-siswanya sehingga mereka dapat memiliki karakter yang baik sesuai norma dan nilai yang berlaku di masyarakat.

3.  Melatih Keterampilan Hidup

Tugas seorang guru adalah melatih siswa memiliki kecakapan atau keterampilan hidup atau practical life. Seorang guru harus melatih siswa untuk menguasai kecakapan atau keterampilan hidup abad 21 untuk menjadi bekal bagi siswa menaklukkan segala tantangan yang mereka hadapi di masa depan.

4.  Memberikan Bimbingan dan Pengarahan

Pekerjaan guru tidak selesai dengan hanya mendidik dan mengajar saja. Tugas guru terhadap siswa lainnya adalah membimbing dan mengarahkan siswa supaya tetap pada jalur yang benar, terutama pada proses belajar mengajar.

Siswa yang mengalami kebingungan atau kesulitan dalam proses belajar mengajar harus dibimbing dan dibantu mencari solusi. Guru dan siswa bersama-sama berusaha memecahkan masalah sehingga siswa tetap berada pada jalur yang tepat, dan dapat mencapai tujuan pendidikan.

5.  Memberikan Motivasi

Tanggung jawab seorang guru yang terakhir adalah untuk memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa-siswanya agar selalu berusaha keras untuk lebih maju.

Bentuk dorongan dan motivasi yang dapat diberikan seorang guru kepada siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya memberikan hadiah, memberikan pujian, dan penghargaan.

Peran Guru dalam Pendidikan

Seiring berkembangnya zaman, banyak hal yang dulu dilakukan oleh manusia digantikan oleh mesin atau robot. Berikut ini adalah perang seorang guru dalam pendidikan yang tidak dapat digantikan oleh apapun juga di dunia ini.

1. Fasilitator

Sebagai fasilitator, seorang guru harus mampu memfasilitasi pembelajaran supaya seluruh siswa dapat terlibat secara aktif. Seorang guru harus dapat memfasilitasi pembelajaran para siswa untuk bisa mendapatkan pengalaman yang otentik.

Hal ini sesuai dengan falsafah pendidikan era 4.0 yang lebih mengedepankan student centered. Dengan fasilitator yang baik, siswa kan menjadi aktif dalam belajar dan dapat menggali semua potensi besar yang mereka miliki.

2. Motivator

Dalam proses belajar mengajar, tidak jarang siswa mengalami kesulitan atau kendala dalam belajar. Seorang guru harus dapat mengambil peran sebagai pemberi semangat pada siswa supaya selalu kuat menghadapi tantangan yang ada di depan mata dan tidak mudah menyerah atau putus asa.

3. Inspirator

Seorang guru tidak cukup hanya sekedar jadi panutan yang dapat diteladani segala tindak tanduknya. Seorang guru juga harus dapat menjadi inspirasi bagi siswa sehingga mereka senantiasa tergerak untuk  berkarya, bersemangat dalam mencapai cita-cita, dan juga berkontribusi positif di dalam masyakat.

4. Mentor

Sebagai mentor, seorang guru sepatutnya dapat menjadi rekan belajar para siswa. Seorang guru harus dapat memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa. Bukannya bersikap otoriter dan selalu mendikte siswa untuk melakukan keinginannya.

5. Pemantik Imajinasi dan Kreativitas Siswa

Pada pendidikan di era 4.0, pembelajaran seharusnya tidak boleh kaku dan hanya berpusat pada guru. Seorang guru dituntut untuk dapat mendesain pembelajaran yang menyenangkan dan sekaligus kreatif.

6. Pengembang Nilai Karakter & Kerja Tim

Kolaborasi merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang harus dikuasai siswa. Seorang guru harus melatih siswa untuk mampu berkolaborasi dengan orang lain dan juga menanamkan nilai-nilai karakter yang positif pada siswa.

7. Empati Sosial

Seorang guru adalah sebagai entitas sosial harus bisa menunjukan rasa empati pada tiap-tiap siswa. Hal ini merupakan salah satu hal yang tidak akan dapat dilakukan oleh mesin atau robot. Empati guru juga merupakan bentuk penghargaan terhadap sisi kemanusiaan tiap siswa.

Syarat Menjadi Guru

Apa saja persyaratan menjadi seorang guru atau tenaga pengajar di Indonesia? Dalam Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005, ada lima syarat menjadi guru di Indonesia:

1. Memiliki Kualifikasi Akademik

Syarat menjadi guru adalah ijazah jenjang pendidikan akademik yang harus dimiliki oleh seorang guru sesuai dengan jenis, jenjang, dan satuan pendidikan formal di tempat penugasan.

Ijazah yang harus dimiliki guru adalah ijazah jenjang Sarjana S1 atau Diploma IV sesuai dengan jenis, jenjang, dan satuan pendidikan atau mata pelajaran yang diampunya sesuai dengan standar nasional pendidikan.

2. Memiliki Kompetensi

Syarat menjadi guru adalah memiliki seperangkat pengetahuan, ketrampilan, dan perilaku yang harus dikuasai oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. Kompetensi guru tersebut meliputi, kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional, dan sosial.

3. Memiliki Sertifikat Pendidik

Syarat menjadi guru adalah harus memiliki sertifikat pendidik yang ditandatangani oleh perguruan tinggi sebagi bukti formal telah memenuhi standar profesi guru melalui proses sertifikasi.

4. Sehat Jasmani dan Rohani

Syarat menjadi guru adalah harus memiliki kondisi kesehatan fisik dan mental yang memungkinkan guru dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

5. Memiliki Kemampuan Khusus

Syarat menjadi guru adalah memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Itu artinya harus ikut serta dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat.

Terutama dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara demokratis serta bertanggungjawab.

Nah, sekarang anda sudah mengetahui pengertian guru, tugas, tanggung jawab, kode etik, syarat menjadi guru beserta perannya seorang guru dalam pendidikan. semoga bermanfaat, ya!

%d blogger menyukai ini: