90 Jenis – Jenis Pekerjaan Dan Profesi, Pengertian Beserta Tugasnya

Jasindopt.com – Jenis-jenis Pekerjaan adalah ragam aktivitas yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Nah, Artikel ini akan membahas jenis-jenis pekerjaan dan profesi beserta tugasnya.

Perkembangan Teknologi 20 tahun terakhir banyak melahirkan bidang bidang pekerjaan baru seperti youtuber, selebgram, blogger,dll. Disiplin ilmu robotik, Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, Bioteknologi, Self Drive Vehicle muncul sebagai program studi di berbagai perguruan tinggi.

Daftar Isi :

  1. Pengertian Pekerjaan
  2. Pengertian Profesi
  3. Perbedaan Antara Pekerjaan dan Profesi
  4. Kegiatan yang Menunjukkan Pekerjaan dan Profesi
  5. 90 Jenis- Jenis Pekerjaan dan Profesi Beserta Tugasnya

Baca Juga: Apa Itu YouTuber? Apakah YouTuber Pekerjaan? YouTuber Dapat Duit Dari Mana?

Program studi ini muncul tidak terlepas dari permintaan tenaga kerja dari perusahaan yang menggunakan teknologi yang dinamis, sehingga membutuhkan tenaga kerja profesional di bidang teknologi terbaru.

Kami akan berbagi informasi tentang pekerjaan dan profesi yang hanya ada ditemukan di Indonesia dan juga ditemukan di negara luar lain seperti Dokter, tentara, guru atau pilot ada di seluruh penjuru dunia.

Sebelum membahas jenis – jenis pekerjaan dan profesi beserta tugasnya, kita bahas dulu pengertian dan perbedaan pekerjaan dan profesi.

Pengertian Pekerjaan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pekerjaan dapat diartikan sebagai pencaharian, atau sesuatu yang bisa dijadikan pokok penghidupan, maupun sesuatu yang dilakukan untuk mendapat nafkah.

Pekerjaan adalah kegiatan yang bisa dilakukan tanpa harus memiliki keahlian atau keterampilan khusus. Tujuan dari melakukan pekerjaan adalah untuk mendapatkan penghasilan dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Nah, dari pengertian diatas saya menyimpulkan bahwa pengertian Pekerjaan adalah semua kegiatan yang ditekuni, ada kreatifitas, punya nilai jual, dibutuhkan orang, dilakukan untuk mencari nafkah dan bisa dijadikan menjadi sumber penghasilan utama, baik yang tidak memiliki keahlian khusus maupun yg harus memiliki keahlian khusus.

Pengertian Profesi

Profesi berasal dari kata serapan bahasa Inggris “Profess”, yang bermakna: Janji untuk memenuhi kewajiban melakukan suatu tugas khusus secara tetap (permanen).

Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus.

Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut.

Contoh profesi adalah pada bidang hukum, kesehatan, keuangan, militer, teknik desainer, tenaga pendidik. Seseorang yang berkompeten di suatu profesi tertentu, disebut profesional.

Walau demikian, istilah profesional juga digunakan untuk suatu aktivitas yang menerima bayaran, sebagai lawan kata dari amatir.

Contohnya adalah petinju profesional menerima bayaran untuk pertandingan tinju yang dilakukannya, sementara olahraga tinju sendiri umumnya tidak dianggap sebagai suatu profesi.

Perbedaan Antara Pekerjaan dan Profesi

Pekerjaan dan Profesi adalah sama-sama aktifitas (kegiatan) yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, ternyata keduanya memiliki arti yang berbeda loh.

Pekerjaan adalah aktifitas (kegiatan) yang bisa dilakukan tanpa harus memiliki keahlian atau keterampilan khusus, bisa dilakukan siapa saja. Bisa dipelajari secara otodidak tanpa harus melalui pendidikan formal.

Sedangkan Profesi adalah aktifitas (kegiatan) yang harus membutuhkan keahlian, pelatihan khusus, sekolah atau pendidikan khusus.

Kegiatan yang Menunjukkan Pekerjaan dan Profesi

Setelah mengetahui pengertian dan perbedaan dari pekerjaan dan profesi, sekarang kita mengetahui kegiatan apa saja yang termasuk dalam kategori pekerjaan dan profesi, simak yuk!

Kegiatan yang termasuk sebagai Pekerjaan adalah tidak membutuhkan pelatihan khusus.

Contoh Pekerjaan

  • Media Sosial Officer
  • Content Creator
  • Youtuber
  • Tiktoker
  • Selebgram
  • Petani
  • Nelayan
  • Tukang Becak
  • Penjaga Toko
  • Pedagang
  • Kondektur
  • Aktor
  • Model
  • Novelis
  • Penyanyi

Kegiatan yang termasuk sebagai Profesi adalah kegiatan yang membutuhkan Pelatihan khusus.

Contoh Profesi

  • Guru
  • Programmer
  • Artificial Intelligence (AI) Engineer
  • Dokter
  • Pilot
  • Nahkoda
  • Pengacara
  • Hakim
  • Jaksa
  • Polisi
  • Bidan
  • Akuntan
  • Dosen
  • Perawat
  • Tentara
  • Arsitek
  • Apoteker

Setelah kita membahas pengertian Pekerjaan, Profesi, membahas mengenai perbedaan Pekerjaan dan Profesi, mengetahui kegiatan yang termasuk Pekerjaan atau profesi, lalu kira-kira jenis-jenis pekerjaan & profesi apa saja ya?

Berikut jasindopt.com merangkum dari berbagai sumber, 70 jenis-jenis pekerjaan & profesi dan Tugasnya. Nomer 57 sampai nomer 70 adanya di negara kita, 14 profesi ini cuma ada dan terkenal di Indonesia loh. Penasaran? Check…..!!!

Baca Juga: 35 Jenis-Jenis Pekerjaan Dan Profesi Yang Muncul di Era Digitalisasi, Pekerjaan Kekinian

90 Jenis- Jenis Pekerjaan dan Profesi Beserta Tugasnya

1. Arsitek

Mungkin Anda sudah sering mendengar kata arsitek. Nah, jika Anda pernah melihat bangunan – bangunan yang megah atau gedung bertingkat pencakar langit, itu adalah hasil karya dari arsitek.

Tugas Arsitek antara lain : Mengelola tata ruang sebuah bangunan, menata letak bangunan yang memiliki keterikatan fungsi, menentukan konsep desain interior dan eksterior, menentukan jenis dan letak instalasi listrik, pipa air serta ventilasi udara pada bangunan, melakukan penentuan anggaran biaya pembangunan.

2. Apoteker

Pernah Anda berobat kerumah sakit? Anda harus menunggu obat racikan yang diberikan oleh dokter. Nah, para apotekerlah yang meracik obatnya, pekerjaannya yaitu melayani dan penyerahan obat, memberikan informasi yang berhubungan dengan penggunaan obat.

3. Akuntan

Akuntan adalah julukan atau gelar yang diberikan kepada seseorang yang telah menempuh pendidikan sarjana di fakultas ekonomi jurusan akuntansi dan telah lulus Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).

Memiliki profesi sebagai akuntan bisa disejajarkan dengan profesi sebagai ahli hukum, insinyur, notaris, ahli hukum, dsb.

Tugas akuntan adalah untuk mengawasi, menghitung, dan membuat laporan keuangan suatu lembaga, instansi, atau perusahaan.

4. Aktor (laki-laki) atau Aktris (perempuan)

Anda suka Nonton Film? Nah, para pemain film tersebut disebut Aktor & Aktris, tugas mereka adalah memerankan tokoh dalam film, sinetron, dll.

Tugas Aktor adalah memerankan karakter sesuai degan yang telah tertulis pada naskah. Ia memiliki tugas utama untuk membawa emosi penonton sesuai dengan peran yang ia mainkan.

Perbedaan Aktor dan Aktris

Aktor adalah pria yang berperan sebagai pelaku dalam pementasan cerita, drama, dan sebagainya di panggung, radio, televisi, atau film.

Aktris adalah wanita yang berperan sebagai pelaku dalam pementasan cerita drama, dan sebagainya di panggung, radio, televisi, atau film.

5. Atlet

Pernahkah Anda nonton PON Pekan Olah raga Nasional, olimpiade atau pesta dunia olahraga? Nah, mereka orang-orang yg bertanding di dalamnya disebut-sebut Atlet.

6. Bidan

Pernahkah Anda melihat ibu yang sedang hamil? Tugas utama dari bidan adalah merawat ibu hamil, membantu persalinan, dan merawat bayi yang baru lahir.

Bidan adalah seseorang profesional yang membantu wanita saat melahirkan, mereka telah menyelesaikan program pendidikan kebidanan.

Tugas bidan: Mendampingi wanita untuk memastikan kesiapan fisik dan emosional sebelum melahirkan, Melakukan pemantauan kesehatan ibu dan kandungan, Membantu persalinan, Mendampingi dan memantau tumbuh kembang bayi, Melakukan pelayanan Keluarga Berencana (KB)

7. Dokter

Pernahkah Anda sakit? Dokter bertugas mengobati dan mencegah timbulnya kembali penyakit. Jadi, dokter akan melakukan pemeriksaan, pengobatan dan perawatan medis pada pasien dengan pengetahuan medis dan rasa kemanusiaan. Dokter juga melayani konsultasi kesehatan, jadi bukan cuma ngurusin orang sakit aja.

Dokter adalah profesi yang bergerak di bidang kesehatan sesuai dengan keahliannya.

Tugas dokter:

  • Dokter gigi bertugas menangani pasien yang memiliki masalah kesehatan gigi dan mulut.
  • Lalu, dokter anak bertugas menganani masalah kesehatan atau penyakit anak.
  • Sementara dokter jantung bertugas menangani pasien terkait permasalahan denyut jantung abnormal.

8. Dosen


Dosen adalah sebutan Guru bagi mahasiswa, jika Anda punya kaka atau saudara yang sudah kuliah, maka mereka akan di ajar oleh dosen dan tugas itu adalah: mengajar mahasiswa di perguruan tinggi.

Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Tugas Dosen : Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran.

9. Direktur

Direktur adalah seseorang yang ditunjuk untuk memimpin suatu lembaga perusahaan pemerintah, swasta, atau lembaga pendidikan Politeknik. Kepemimpinan lembaga perusahaan yang kemudian disebut instansi Perseroan terbatas, dipimpin oleh Direktur.

Pada umumnya direktur memiliki tugas antara lain: memimpin perusahaan dengan menerbitkan kebijakan-kebijakan perusahaan atau institusi. memilih, menetapkan, mengawasi tugas dari karyawan dan kepala bagian (manajer) atau wakil direktur. menyetujui anggaran tahunan perusahaan atau institusi.

10. Desainer

Pernah dengar perancang busana kan? Merekalah yg membuat desain atau rancangan baju tersebut. Mendesain Bangunan, Desain Aplikasi ,dll.

Perancang atau desainer adalah seseorang yang merancang sesuatu. Designer adalah seseorang yang merancang atau menciptakan sesuatu berdasarkan imajinasi dan kreativitas yang ia miliki.

Jenis Pekerjaan Desainer yang mungkin bisa kamu tekuni!

  • UI/UX Desainer.
  • Desainer Produk.
  • Desainer Baju.
  • Desainer Grafis.
  • Ilustrator.
  • Arsitek.

11. Guru

Guru adalah sebuah Profesi, pekerjaannya mengajar atau mendidik siswa atau murid di sekolah. Tugas guru antara lain Melatih peserta didik, memberikan bimbingan dan pengarahan, mengajarkan ilmu dan budi pekerti, melakukan evaluasi, memberikan penilaian dan motivasi.

12. Hakim

Hakim adalah pejabat yang memimpin persidangan. Istilah “hakim” sendiri berasal dari kata Arab yang berarti “aturan, peraturan, kekuasaan, pemerintah”. Ia yang memutuskan hukuman bagi pihak yang dituntut. Hakim harus dihormati di ruang pengadilan dan pelanggaran akan hal ini dapat menyebabkan hukuman. Tugas utama hakim adalah menerima, memeriksa dan mengadili serta menyelesaikan semua perkara yang diajukan kepadanya. Jadi Hakim adalah sebagai petugas pengadilan yang mengadili perkara.

13. Jaksa

Jaksa adalah pegawai pemerintah dalam bidang hukum yang bertugas menyampaikan dakwaan atau tuduhan di dalam proses pengadilan terhadap orang yang diduga telah melanggar hukum.

Tugas adalah Melakukan pra penuntutan, pemeriksaan, tambahan, penuntutan, pelaksanaan terhadap hakim dan putusan pengadilan, pengawasan terhadap pelaksanaan putusan lepas bersyarat dan tindakan hukum lainnya dalam perkara tindak pidana umum berdasarkan peraturan perundang-perundangan dan kebijaksanaan oleh Jaksa Agung.

14. Kasir

Kasir adalah orang yang bertugas untuk mengurusi dan menyimpan hasil pembayaran terutama uang, dan memasukkannya ke dalam mesin kasir. Kasir dapat ditemukan di berbagai tempat, terutama di tempat-tempat yang memiliki titik penjualan seperti di dalam toko

Tugasnya adalah pembayaran pembelian barang atau jasa seperti di toko, kafe, rumah sakit, dll.

15. Kondektur

Membantu sopir mengatur penumpang supaya teratur dalam Bus umum atau Bus sekolah. Kondektur adalah seorang pegawai resmi dari perusahaan transportasi yang bertanggung jawab atas operasional kendaraan dan keselamatan penumpang selama perjalanan.

Tugas kondektur: Memastikan semua penumpang memiliki tiket yang valid, Memastikan semua penumpang merasa nyaman dan mendapatkan pelayanan terbaik, Mewakili perusahaan penyedia jasa bus atau kereta api dalam melayani penumpang

16. Koki & Chef

Tugas memasak dan meracik menu di rumah makan, restoran, kafe, dll.

Koki atau juru masak adalah orang yang menyiapkan makanan untuk disantap. Istilah ini kadang merujuk pada chef, walaupun kedua istilah ini secara profesional tidak dapat disamakan.

Juru masak atau koki adalah seseorang yang menyiapkan dan memasak makanan, sedangkan chef adalah membuat racikan menu untuk dimasak Koki (juru masak) jadi chef adalah guru masak yang terampil dan terlatih yang bekerja di hotel atau restoran.

Chef adalah seseorang yang memiliki keterampilan memasak di suatu tempat dan dipercaya untuk memimpin dapur dan membuat racikan menu. Ia juga seseorang yang suka memberikan pelatihan dan teknik memasak kepada koki atau orang biasa.

17. Karyawan

Karyawan adalah Orang yang menggunakan tenaga atau keahliannya untuk mendapatkan upah atau gaji berupa uang maupun bentuk lainnya kepada pemberi kerja atau pengusaha atau majikan. 

Karyawan atau sering juga disebut Buruh, pekerja, pegawai, tenaga kerja pada dasarnya adalah sama penerima upah atau gaji. Tugas Karyawan adalah melakukan pekerjaan sesuai bidangnya dalam perusahaan tempatnya bekerja.

18. Masinis

Jika Anda pernah naik kereta api maka orang yang menjalankan kereta api tersebut disebut masinis, tugas menjalankan kereta api. Masinis adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjalankan kereta api.

Dalam menjalankan tugasnya, masinis biasanya akan dibantu oleh asisten masinis yang setidaknya sudah memiliki pengalaman dinas selama enam bulan. Tugas masinis: Memeriksa mesin sebelum memulai perjalanan, Memastikan rute sudah tepat sesuai pusat kendali, Mengemudikan kereta api, Mengikuti peraturan keselamatan setiap saat, Memperingatkan pusat kendali untuk semua bahaya yang terlihat di sepanjang rute, Memberhentikan kereta di setiap stasiun sesuai jadwal

19. Model/Peragawan

Tugas memperagakan/menampilkan dan mode belanja atau produk lain untuk tujuan iklan atau promosi atau yang berpose untuk karya seni.

Peragawan atau model adalah seseorang yang dipekerjakan untuk tujuan menampilkan dan mempromosikan pakaian mode atau produk lainnya dan untuk tujuan iklan atau promosi atau yang berpose untuk karya seni.

20. Nelayan

Kegiatannya yaitu menangkap atau memancing ikan untuk dijual.

Tugas nelayan: Mempersiapkan semua peralatan untuk mencari ikan, Mengoperasikan kapal perahu, Mencari dan menangkap ikan, kerang dan biota laut lainnya

21. Novelis

 Penulis novel disebut novelis tugasnya menulis novel. Novel adalah salah satu jenis karya sastra yang berbentuk prosa. Kisah di dalam novel merupakan hasil karya imajinasi yang membahas tentang permasalahan kehidupan seseorang atau berbagai tokoh. 

Tugas seorang novelis: Menulis cerita fiksi yang orisinil, menarik dan dapat dipertanggungjawabkan. Mengungkapkan ide dan menambah wawasan pembaca baik dari karya novelnya maupun sebagai seorang pembicara dalam seminar-seminar kepenulisan.

22. Nakhoda


Tugas mengemudikan kapal. Nakhoda merupakan juragan (pemimpin) perahu (kapal). Selain itu, nakhoda juga dapat diartikan sebagai seorang perwira laut yang memegang komando tertinggi di atas kapal niaga. Tugasnya tentu adalah mengemudikan kapal.

23. Pegawai Negeri Sipil

Tugas melakukan pelayanan publik atau tugas lainnya sesuai dengan tempat instansi masing-masing-masing. Instansi pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Pegawai Negeri Sipil yang selanjutnya disingkat PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan, dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

24. Penyanyi

Terlibat dalam acara musik atau dalam studio (perekaman lagu)

Penyanyi adalah seseorang yang membawakan sebuah lagu dengan cara mengeluarkan nada melodis melalui suara dari mulutnya baik dengan iringan musik maupun tidak. Penyanyi dapat berprofesi sebagai penampil tunggal, maupun tergabung dalam grup, seperti paduan suara, ensembel, orkestra, akapela.

25. Pengacara


Memberikan bantuan hukum/melakukan pembelaan untuk memberlakukan kejanggalan dalam persidangan. Memberikan konsultasi hukum pada klien. Membela perkara yang jadi tanggung jawabnya sesuai dengan kuasa yang telah diberikan klien. Mewakili dan/atau mendampingi klien dalam sidang pengadilan. Menegakkan keadilan.

Pengacara, advokat atau kuasa hukum adalah kata benda, subjek. Dalam praktik dikenal juga dengan istilah Konsultan Hukum. Dapat berarti seseorang yang melakukan atau memberikan nasihat dan pembelaan “mewakili” bagi orang lain yang berhubungan dengan penyelesaian suatu kasus hukum

Pengacara mewakili kepentingan hukum klien dan mencoba menyelesaikan perselisihan seefektif mungkin. Mereka juga memiliki peran penasehat dan tetap berhubungan dengan rekanan. Selama prosedur, mereka menyiapkan dokumen prosedural, mengajukan kasus ke pengadilan dan berkorespondensi dengan otoritas kehakiman

26. Programmer

Mengatur program/ membuat perangkat lunak/ Membuat aplikasi dalam komputer.

Programmer merupakan profesi yang ditekuni oleh orang-orang yang membuat program berdasarkan lembar spesifikasi software engineering. Ketika membuat suatu program, ada bagan alur yang harus diperhatikan kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa komputer menggunakan kode tertentu sehingga menjadi sebuah perintah kepada komputer untuk menjalankan tugas tertentu.

Bahasa pemrograman, seperti CSS, SQL, HTML, JavaScript, PHP, XML, Python, dan sebagainya sudah jadi hal yang familiar bagi seorang programmer. Nah kalau program sudah selesai dibuat, programmer harus memastikan kalau programnya beroperasi dengan benar.

Programmer akan melakukan berbagai uji dengan memperkirakan setiap kasus yang akan terjadi karena komputer tidak akan mampu beroperasi ketika terdapat sebuah kesalahan. Maka dari itu, programmer harus bisa bersahabat sama error. Karena tiap kali membuat program, pasti selalu ada trial and error.

27. Polisi

Tugas menjaga ketertiban dalam lingkungan, lalu lintas, pencegahan dan tindakan jahat, dll.

Polisi juga merupakan jenis pekerjaan yang mengemban tanggung jawab besar. Pekerjaannya berkaitan erat dengan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat. Polisi sudah pasti tersebar di berbagai penjuru tanah air. Tujuannya untuk menjaga pemerataan kondusifitas di dalam negara. Polisi juga harus bersikap netral dalam menegakkan hukum kepada siapapun. Penegakan hukum tidak boleh bersikap “tajam ke bawah, tetapi tumpul ke atas”.

28. Pramugari

Pramugara dan pramugari adalah staf/karyawan perusahaan pengangkutan umum yang bertugas melayani penumpang. Tugas utama mereka adalah menjaga keselamatan dan melayani kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan. Kepramugaraan adalah hal-hal yang berkenaan dengan pekerjaan di pesawat udara, kereta api, atau kapal 

29. Perawat

Tugas membantu dokter dalam merawat pasien.

Perawat adalah seorang tenaga profesional yang bertanggung jawab memberikan perawatan kepada pasien. Tugas perawat: Merawat pasien dan memastikan kondisinya dalam keadaan baik, Memberikan obat sesuai dengan resep dokter, Menjaga dan memeriksa kondisi tubuh pasien secara berkala

30. Penerjemah

Tugas menerjemahkan bahasa tertentu ke bahasa lainya. Penerjemah video yang dapat dilakukan bahasa tertentu ke dalam bahasa lainnya.

31. Pilot

Pernahkah Anda naik pesawat? Orang yang menerbangkan pesawat tersebut disebut pilot, tugas terbangkan pesawat terbang. Pilot adalah sebutan untuk orang yang mengemudikan pesawat terbang.

Seorang pilot dituntut untuk memiliki keahlian khusus dalam mengemudikan pesawat dan telah menempuh ujian resmi dari sekolah penerbangan.

Tugas pilot: Menjalankan penerbangan sebagai orang di balik kemudi (kokpit pesawat), Melakukan pengecekan kondisi pesawat dan melakukan komunikasi dengan teknisi, pengawas, maupun pihak maskapai, Bertanggung jawab atas keselamatan kru dan penumpang dalam penerbangan

32. Pramusaji

Pramusaji (waiters) atau Pelayan ialah orang yang bekerja di restoran, bar, maupun kafe untuk melayani pengunjung yang datang. Pekerjaan ini termasuk dalam sektor jasa.

Tugas dan tanggung jawab melayani kebutuhan makanan dan minuman secara profesional bagi para pelanggan restoran, seperti mencatat pesanan pengunjung, menghidangkan makanan dan minuman di restoran atau rumah makan.

33. Presiden

Memimpin suatu negara atau orang yang menjalankan roda pemerintahan dalam suatu negara.

Presiden sebenarnya hanya sebutan, intinya adalah kepala negara. Arab Saudi menyebut kepala negaranya sebagai raja karena menganut sistem pemerintahan kerajaan Islam. Di Malaysia, kepala negaranya dinamakan Perdana Menteri. Di Jepang disebut Kaisar, dan masih banyak lagi. Tanggung jawab pemimpin negara tentunya sangat besar.

34. Penari


Tugas dan peran dalam pertunjukan.

Penari adalah sebutan bagi seseorang yang menggerakkan tubuhnya secara berirama dan penuh penghayatan untuk menyalurkan perasaan, maksud, juga pikirannya.

35. Pemadam Kebakaran

Memadamkan api jika terjadi kebakaran. Sesuai namanya, seorang pemadam kebakaran bertugas untuk memadamkan kebakaran. Profesi ini memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi.

Tugas pemadam kebakaran: Memadamkan api saat kebakaran, Menolong para korban yang terjebak saat kebakaran, Pencegahan, pengendalian, pemadaman, penyelamatan dan penanganan bahan berbahaya dan beracun kebakaran, Inspeksi peralatan proteksi kebakaran, Investigasi kejadian kebakaran, Pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan kebakaran.

36. Pelayan

Tugas melayani tamu.

Pelayan ialah orang yang bekerja di restoran, bar, maupun kafe untuk melayani pengunjung yang datang. Pekerjaan ini termasuk dalam sektor jasa. Pelayan mencatat pesanan pengunjung dan kemudian membawa makanan atau minuman ke meja pemesan

37. Petani


Tugas menggarap lahan atau tanah pertanian/perkebunan untuk menghasilkan produk pertanian/perkebunan seperti padi, jagung, teh, kopi, sayuran, dll.

Petani adalah orang yang bekerja di bidang pertanian. Selain di sawah, usaha pertanian juga dapat dilakukan di ladang atau di pegunungan. Hasil yang diperoleh dari lahan perladangan berupa tanaman palawija, seperti kacang-kacangan, jagung, dan ubi. Hasil yang diperoleh dari daerah pegunungan di antaranya adalah sayuran dan buah-buahan.

38. Resepsionis

Tugas Menerima dan menyambut tamu, Melayani keperluan tamu, Menerima panggilan telepon, Melakukan tugas administrasi sederhana, Menerima dan meneruskan paket/surat.

Resepsionis, penerima tamu, atau penyambut tamu ialah karyawan yang mengambil posisi dukungan kantor atau administrasi. Pekerjaan ini biasanya dilakukan di ruang tunggu, seperti lobi atau meja kantor depan organisasi atau bisnis.

39. Satpam Atau Security

Tugas menjaga daerah pertolongan, rumah misal, kantor, kompleks, dll

Satpam singkatan dari Satuan Pengamanan adalah bentuk pengamanan swakarsa yang bertugas membantu POLRI dalam bidang penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat, terbatas pada lingkungan kerjanya

Tugas Satpam atau Security adalah melakukan tindakan preventif keamanan. Kontrol lalu lintas dengan mengarahkan driver. Melengkapi laporan dengan mencatat pengamatan, informasi, kejadian, dan kegiatan pengawasan. Mempertahankan lingkungan dengan memantau dan pengaturan bangunan dan kontrol peralatan.

40. Seniman

Berkreasi dalam bidang seni, konferensi, atau pertunjukan seni, dll.

Arti seniman di KBBI adalah orang yang mempunyai bakat seni dan berhasil menciptakan dan menggelarkan karya seni (pelukis, penyair, penyanyi, dsb);

41. Sopir

Supir adalah pengemudi profesional yang dibayar oleh majikan untuk mengemudi kendaraan seperti mobil, taksi, bus, truk, dll. Sopir merupakan salah satu jenis pekerjaan di Indonesia. Menjadi seorang sopir memiliki banyak kendala dan hambatan, mulai dari cuaca, kelelahan, sampai kondisi kendaraan. Tidak heran jika sopir merupakan pekerjaan yang cukup riskan dan berbahaya.

42. Sekretaris

Sekretaris adalah orang yang membantu seseorang, yaitu pimpinan dalam melaksanakan tugas perkantoran yang timbul dari tugasnya sebagai pimpinan.

Tugas sekretaris dapat bervariasi tergantung di mana mereka bekerja dan terkadang sekretaris melebihi persyaratan pekerjaan mereka.

Tugas dan tanggung jawab sekretaris :

  • Menjawab dan mengarahkan panggilan telepon
  • Mengatur dan mendistribusikan pesan
  • Menjaga jadwal perusahaan
  • Mengatur dokumen dan file
  • Menyambut klien bisnis dan tamu
  • Mendokumentasikan informasi keuangan
  • Memelihara dan memesan perlengkapan kantor
  • Menjadwalkan rapat dan konferensi
  • Membantu eksekutif dengan tugas proyek
  • Staf pengawas dan karyawan baru
  • Berkoordinasi dengan organisasi lain
  • Menerapkan prosedur administrasi

43. Tentara

Tentara merupakan suatu profesi Warga Negara yang mengaktualisasikan diri dalam upaya bela negara guna mempertahankan keutuhan wilayah, kedaulatan negara, kehormatan bangsa, melindungi keselamatan rakyat, serta ikut menciptakan perdamaian abadi dan ketertiban dunia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara

Tugas Tentara sebagai; penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa; … pemulih terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan.

44. Video-Editor

Pekerjaannya adalah mengedit video atau menyunting dan mengumpulkan video yang sudah diambil maupun direkam. Menyusun ulang potongan rekaman video sesuai dengan naskah atau skenario. Memotong video sesuai dengan durasi. Menyusun ulang potongan video yang telah disesuaikan dengan durasi.

45. Wartawan

Wartawan adalah orang yang melakukan kegiatan di bidang jurnalistik. Tugas wartawan: Mencari dan melaporkan berita penting yang menarik, mendapatkan berita terbaru, memberikan opini kepada suatu peristiwa, menyiapkan pertanyaan untuk meliput berita, menggali keterangan kepada narasumber, menyimpulkan keterangan narasumber.

46. SEO (Spesialis Mesin Pencari)

Tugas umum dari SEO adalah misi dan membawa lebih banyak pengunjung ke situs web mereka Dapat meningkatkan penjualan atau pendapatan. Hal ini tentu harus didukung dengan desain situs, struktur situs situs utama dan kata kunci, dan lain-lain.

47. Koordinator Pelayanan Kesehatan

Pelayanan kesehatan tidak hanya diperlukan di rumah sakit, tetapi juga di kompleks residensial, perusahaan asuransi dan organisasi kesehatan. Selain memiliki gelar di bidang kesehatan, atau spesialisasi dalam bidang yang terpisah, kesabaran dan kemampuan yang dibutuhkan oleh koordinator pelayanan kesehatan. Jurusan yang dibahas: Keperawatan, Pra-Medis, Komunikasi, Pekerjaan Sosial, Sosiologi, Psikologi

48. Koordinator Manajemen Bakat

Pekerjaan ini bergerak di bidang sumber daya manusia dan manajemen. Tugas mulia adalah mencari, menarik dan melestarikan orang-orang yang berbakat untuk bekerja di perusahaan tertentu.

Terkadang Disebut juga sebagai Talent Manager, mereka sedang berkembang, dan menentukan atau memprediksi tenaga kerja, atau skil seperti apa yang dibutuhkan untuk menjalankan dan mengembangkan perusahaan.

Karena mencari dan melatih karyawan baru membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu perusahaan berusaha melihat dan mencari kemungkinan untuk menemukan karyawan dengan talenta yang cocok. Jurusan yang dibahas: Studi bisnis, Manajemen, Psikologi, Seni, Sumber Daya Manusia

49. Manajer Media Sosial

Manajer Media Sosial terus menjaga citra perusahaan di berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube dan Google+.

MEMBAGIKAN PRESENTASI INI? Karena gambar-gambar perusahaan di mata masyarakat. Sebelumnya peran ini dijalankan oleh departemen PR.

Karena mengintegrasikan media sosial dalam masyarakat yang kuat, perusahaan membutuhkan seseorang untuk menjaga citra mereka di media sosial, yaitu manajer media sosial. Jurusan yang dibahas: Hubungan Masyarakat, Komunikasi, Pemasaran, Teknologi Informatika, Statistik

50. User Experience (Pengalaman Pengguna) Design

Pernahkah Anda menemukan kesal karena ponsel Anda lambat, atau ada aplikasi yang tidak bekerja sesuai dengan keinginan Anda? Tugas seorang desainer pengalaman pengguna adalah semua gadget dan aplikasi dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Selain itu, mereka juga memberikan kepuasan kepada konsumen, misalnya dengan senantiasa memberikan peningkatan. Untuk bekerja di bidang ini dibutuhkan ketelitian, kemampuan mendesain, dan kemampuan untuk memahami dan mengenal konsumen. Jurusan yang dibahas: Psikologi, Studi Ritel, Desain Fashion, Pemasaran, Desain Grafis, Arsitektur, Desain Industri, Teknologi Informatika, dan Ekonomi.

51. Manajer Kampanye Politik Online

Tahukah Anda, sekarang kampanye tidak hanya dijalanan dan berupa poster-poster atau kunjungan amal? Kampanye nyata juga dilakukan secara online. Sama dengan perusahaan yang Mempertahankan citra mereka melalui media sosial, tokoh-tokoh politik dan melakukan hal yang sama. Melalui media sosial, mereka dapat mengetahui dan merespon orang-orang tanpa harus mengunjungi dari pintu ke pintu. Tentu saja untuk bekerja di bidang ini. Pengetahuan politik yang kuat, moral, dan strategi untuk memenangkan hati rakyat. Jurusan yang dibahas: Ilmu Politik, Hukum, Jurnalisme, Komunikasi, Pemasaran, Hubungan Masyarakat

52. Penulis Konten Web

Tugas itu adalah isi situs, baik itu artikel, atau halaman depan. Penting untuk membuat situs terlihat semenarik mungkin, atau seinformatif mungkin untuk menarik lebih banyak pengunjung. Pekerjaan ini bisa berupa pekerjaan tetap, atau hanya sebagai pekerjaan lepas (freelance). Jurusan yang membahas: Bahasa Inggris, Komunikasi, Pemasaran, Hubungan Masyarakat

53. Desainer Grafis 3-D

Animasi dan desain 3-Danyang sering ditemukan dalam film, televisi dan video game. Selain itu juga sudah banyak iklan yang menggunakan animasi 3-D untuk membuat iklan yang lebih menarik dan menyenangkan. Jurusan yang dibahas: Desain Grafis, Periklanan, Studi Film, Pemasaran, Teknologi Informatika, Ilmu Komputer, Seni, Animasi

54. Konsultan Keberlanjutan

Dunia semakin mewujudkan timbulnya lingkungan yang diwarnai oleh hidup bumi, misalnya penipisan sumber daya alam, bahaya yang dibawa CO2 dan pemanasan global. Oleh karena itu banyak badan pemerintahan, perusahaan dan organisasi-organisasi yang membahas cara baru untuk menyelesaikan masalah ini. Salah satunya adalah dengan menghemat energi dan reboisasi, dan perusahaan-perusahaan juga harus memungkinkan mereka untuk meningkatkan pencemaran lingkungan. Jurusan yang dibahas: Kimia, Teknik, Ilmu Politik, Hukum, Studi Lingkungan, Ekonomi, Biologi

55. Jurnalis Video

Dahulu, berita hanya diliput oleh wartawan, kemudian disiarkan oleh penyiar berita di TV. Sekarang, dengan perkembangan teknologi dan kehadiran YouTube, siapa saja bisa menjadi wartawan. Anda hanya memiliki video kamera, atau bahkan hanya dengan kamera di handphone, ditambah dengan sedikit kreativitas, kemampuan bercerita yang menarik, dan Anda juga bisa menjadi seorang wartawan (video journalist).

Jika video Anda menarik, Anda bisa mendapatkan uang dari penerbit yang ingin membeli hasil karya Anda. Jurusan yang membahas: Studi film, Jurnalisme, Sound Engineering. Konsultasi dengan ahlinya. Konselor kami di IDP Pendidikan menawarkan konsultasi pribadi untuk pendaftaran universitas di Australia, Kanada, Selandia Baru, Inggris & Amerika Serikat.

56. Tukang Tambal Ban

Pernahkah Anda mengalami Ban Motor Bocor ? Nah, orang yang memperbaiki ban bocor tersebut disebut tukang tambal ban. biasanya ada dipinggir jalan dengan tempat kecil seadanya. Banyaknya pengguna sepeda motor di Indonesia juga membuat profesi ini tumbuh subur. Hampir ada di setiap jalan, tukang tambal ban terkadang menjadi pahlawan bagi para pengendara lho.

57. Pawang Hujan

Percaya nggak percaya, Indonesia itu punya banyak sekali pawang hujan berbakat. Profesi ini biasanya banyak dibutuhkan ketika ada hajatan, baik itu besar maupun kecil. Entah bagaimana caranya pawang hujan secara ajaib bisa membuat langit terang benderang selama acara. Kamu tahu nggak?

58. Tukang Tukar Duit

Kalau yang ini biasanya ramai ketika musim Lebaran. Menjajakan uang baru di pinggir jalan, tukang tukar duit memberikan jasanya untuk menukar uang pecahan besar dengan uang baru dengan pecahan kecil.

59. Tukang Patri

Yang satu ini legendaris. Telah ada sejak puluhan tahun lalu, tukang patri menjajakan jasanya untuk memperbaiki alat dapur yang bolong atau rusak. Dulu ibu rumah tangga sangat membutuhkan jasa ini, tapi sayang seiring perkembangan zaman jasa ini perlahan semakin tersingkirkan.

60. Tukang Parkir

Profesi yang satu ini terbilang ajaib. Kadang suka menghilang entah ke mana, kadang tiba-tiba muncul begitu saja. Di negara yang jumlah kendaraan bermotornya sudah mencapai menembus angka berjuta-juta unit, pekerjaan menjadi tukang parkir memang bisa dibilang pekerjaan yang lumayan menguntungkan. Makanya, sudah nggak asing lagi kalau di Indonesia, hampir di setiap tempat selalu saja ada tukang parkirnya.

61. Tukang Isi Korek Gas

Profesi ini juga lumayan dibutuhkan banyak orang. Daripada membeli baru korek gas, orang-orang biasanya lebih memilih mengisi ulang korek gas yang telah habis. Nah, di sinilah tukang isi korek gas muncul sebagai penyelamat.

62. Joki 3 in 1

Salah satu peraturan di Jakarta yang agak absurd adalah mengharuskan satu mobil harus berisi minimal tiga orang, termasuk supir. Melihat ada peraturan seperti ini orang-orang banyak melihat peluang untuk menjajakan jasa menumpang. Dari sinilah kemudian muncul joki 3 in 1. Kamu tinggal mempersilakannya naik ke mobil, supaya jumlah orang sesuai dengan peraturan. Sampai sekarang jasa ini masih tumbuh subur, padahal pemerintah ya sudah tahu kalau peraturan ini sudah nggak relevan lagi.

63. Calo Tiket

Memang sih profesi ini nggak cuma ada di Indonesia. Tapi di Indonesia, calo tiket menjadi profesi yang tumbuh subur di momen-momen tertentu. Sebut saja ketika musim mudik tiba. Beragam tiket transportasi dijadikan ajang bisnis bagi si calo tiket. Nggak cuma itu, ketika konser atau ada pertandingan olahraga pun profesi ini selalu muncul.

64. Jasa Sol Sepatu

Siapa yang nggak pernah lihat tukang sol sepatu? Dari zaman dulu sampai sekarang pekerjaan ini masih eksis dan laris. Kalau dulu biasanya sol sepatu menjajakan jasanya dengan keliling, sekarang sudah banyak yang mempunyai tempat tetap. Jadi nggak bingung deh nyarinya.

65. Penjual Jamu Gendong

Indonesia itu kaya akan rempah-rempah dan obat-obatan alami. Makanya di setiap daerah di Indonesia selalu ada penjual jamu gendong. Selain moncer karena menyehatkan, jamu juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Biasanya sih yang jualan jamu gendong adalah para kaum wanita. Mulai dari yang muda sampai yang sudah sepuh.

66. Pak Ogah

Ini nih profesi yang lagi marak beredar beberap tahun belakangan ini. Pak ogah ini suka mangkal di tengah jalan untuk membantu menyeberangkan motor maupun mobil. Meski begitu Pak Ogah di jalan ini jarang memaksa meminta imbalan kepada pengendara. Biasanya para pengendara ini memberi uang seikhlasnya mulai dari Rp 500 hingga Rp 2.000.

67. Ojek Payung

Profesi ini biasanya laris ketika musim hujan tiba. Pelakunya biasanya sih anak-anak. Dengan modal payung mereka menjajakan jasa memayungi para pejalan kaki ketika hujan tiba.

68. Jasa Permak Jins Keliling

Siapa yang nggak punya celana jins? Semua orang pasti memilikinya. Nah, tukang permak jins ini menawarkan jasa memperbaiki jinsmu yang rusak. Nggak hanya itu, mereka juga sanggup menyulap ukuran jinsmu. Tinggal bilang saja, mau dikecilin atau dibesarin.

69. Tukang Urut


Ini nih salah satu alternatif untuk mengobati keseleo. Ajaib tapi nyata, tukang urut itu bisa menyembuhkan sakit keseleomu hanya dengan beberapa gerakan pijat.

70. Tukang Pangkas Rambut

Tukang cukur adalah orang yang biasanya bekerja untuk memotong, menghias, menata, memberi gaya dan memotong rambut laki-laki. Tempat kerja tukang cukur disebut sebagai “tempat cukur”. Tempat cukur juga merupakan tempat interaksi sosial dan tempat umum.

71. Artificial Intelligence (AI) Engineer

AI Engineer bertugas membangun, menguji dan menggunakan machine-learning algorithm untuk membuat facial recognition system di iPhone dan Alexa atau layanan suara berbasis cloud Amazon, teknologi yang akrab kita gunakan sehari-hari. Dibutuhkan dasar yang kuat dalam programming, software engineering, dan data science untuk dapat menjadi seorang AI Engineer.

72. Self-Driving Car Engineer

Artificial Intelligence (AI) hanyalah salah satu ilmu yang harus dikuasai jika ingin berkarir sebagai Self-Driving Car Engineer. Pekerjaan ini menuntut keterampilan dalam menggabungkan software expertise dengan disiplin ilmu matematika, fisika, robotik, dan data science. Karir di bidang ini sangat High Demand, namun sejauh ini masih belum banyak tenaga kerja terampil di bidang ini.

73. Data Scientist

Saat ini banyak perusahaan dan organisasi yang membutuhkan Data Scientist. Karena data memegang peranan penting dalam pengambilan keputusan. Seorang Data Scientist dibutuhkan untuk mengolah data menjadi sebuah output yang bisa dijadikan acuan dalam mengambil keputusan bisnis.

74. Cloud Architect

Cloud Architect adalah spesialis IT yang mengembangkan strategi komputasi perusahaan. Strategi ini menggabungkan rencana adopsi cloud, desain aplikasi cloud, serta manajemen dan pemantauan cloud. Tanggung jawab tambahan mencakup dukungan untuk arsitektur aplikasi dan penyebaran di lingkungan cloud.

75. Automation Engineer

Automation Engineer bekerja sama dengan tim untuk mengidentifikasi dan menghilangkan masalah dalam perangkat lunak, layanan, atau proses bisnis. Automation Engineer bertugas sebagai Quality Assurance (QA) untuk menganalisa dan mengambil tindakan yang tepat untuk menerapkan proses otomatisasi dan meningkatkan efisiensi.

76. Mobile App Developer

Mobile App Developer menggabungkan kreativitas dan keterampilan komputer programming untuk membuat dan mengembangkan aplikasi perangkat mobile. Menurut statistik, saat ini penggunaan mobile app di smartphone sangat penting dan cukup tinggi dalam aktivitas sehari-hari. Dengan angka download dan alokasi waktu yang semakin sering, mengindikasikan semakin tergantungnya masyarakat dengan mobile app sehingga lapangan pekerjaan sebagai Mobile App Developer terbuka lebar. 

77. Develover Evangelist

Developer Evangelists adalah jembatan antara pengembang dan klien untuk menciptakan sebuah produk teknologi. Mereka menggabungkan keahlian teknologi dengan keterampilan komunikasi dan marketing untuk menemukan dan mengembangkan sebuah produk teknologi untuk tujuan tertentu, juga untuk membangun jaringan pembeli dan investor untuk produk baru tersebut.

78. Social Media Officer

Menjadi Social Media Officer menuntut pekerjanya harus memahami dunia social media. Zaman sekarang siapa coba yang tidak menggunakan social media. Hampir seluruh kalangan dari anak-anak hingga dewasa sudah memiliki social media.

Social media merupakan wajah dari sebuah brand, menjadi wadah untuk berinteraksi antara pemilik usaha dan pelanggan. Social media harus terlihat menarik agar pesan yang disampaikan bisa diterima oleh pengikut disebuah akun social media. Adapun ruang lingkup pekerjaannya seperti Content Analyst, Social Media Analyst, dan Head of Social Media.

79. Digital Strategist

Digital Strategist bertanggung jawab untuk menggunakan berbagai kanal digital seperti situs web perusahaan, email, iklan online, media sosial dan blog perusahaan untuk membangun awareness di masyarakat akan brand mereka, yang pada akhirnya membeli produk atau layanan mereka.

80. Community Manager

Saat ini ada banyak pilihan yang bisa digunakan perusahaan untuk mempromosikan diri ke masyarakat dan komunitas, hal tersebut membutuhkan peran Community Manager. Baik itu untuk mengembangkan kampanye media sosial atau merencanakan acara promosi, para Community Manager ini dituntut untuk memiliki keterampilan manajemen proyek dan keahlian komunikasi untuk memastikan memberikan pengalaman terbaik bagi komunitas.

81. Head Of Culture

Head of Culture bertugas untuk memastikan proses perekrutan SDM hingga employee development. Bertugas untuk memastikan value-value dari perusahaan dan value setiap individu agar dapat sinkron dengan goal perusahaan.

82. Popcast Producer

Podcast Producer bertugas mengajukan ide podcast, topik apa yang akan dibahas, mencari bintang tamu atau narasumber yang tepat, dan mengedit audio untuk membuat narasi dan wawancara menjadi sebuah konten yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

83. Drone Operator

Semakin banyak pihak yang membutuhkan foto atau rekaman video dari udara untuk keperluan pribadi maupun komersil. Drone Operator adalah profesi yang membutuhkan disiplin, studi, dan lisensi FAA. Diperkirakan permintaan untuk Drone Operator profesional akan terus meningkat dalam lima tahun ke depan.

84. Motion Graphic Designer

Cabang baru di dunia desain, Motion Graphic Designer mengkombinasikan benda-benda bergerak, baik itu efek visual, animasi, atau teknik sinematik lainnya. Seiring kemajuan teknologi, banyaknya sineas muda, dan awareness akan visual identity semakin tinggi, permintaan untuk tenaga Motion Graphic Designer profesional ini akan terus meningkat.

85. Telemedicine Physician Or Psychologist

Bidang yang semakin relevan saat ini, Telemedicine adalah penggunaan telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak jauh. Membutuhkan keterampilan komunikasi di samping pelatihan dasar dalam kesehatan, aplikasi Telemedicine saat ini menggunakan teknologi satelit untuk menyiarkan konsultasi dari fasilitas-fasilitas kesehatan dengan menggunakan video conference.

86. Genetic Councelor

Semakin banyak tenaga kesehatan yang fokus untuk merawat individu dengan pengobatan berdasarkan informasi riwayat genetik mereka. Genetic Councelor membantu mengidentifikasi kondisi genetik pasien yang berisiko penyakit dan mereka dilatih untuk menyajikan informasi kompleks tentang risiko, pengujian, dan diagnosis kepada pasien mereka.

87. Financial Technology (Fintech) Analyst

Gabungan disiplin ilmu teknologi dan keuangan, FinTech muncul dalam bentuk software dan aplikasi yang digunakan oleh perusahaan jasa keuangan untuk mengelola bisnis mereka. Fintech Analyst menggunakan model bisnis untuk meramalkan bagaimana investasi dalam teknologi baru akan berdampak pada pendapatan perusahaan.

88. Copywriter

Apakah pekerjaan ini sudah familiar di sekitar kamu? Bagi sebagian orang pekerjaan satu ini masih belum terlalu familiar. Copywriter merupakan pekerjaan yang dilakukan dibalik layar untuk memikirkan konsep dan juga penulis naskah sebuah iklan.

Terlihat mudah bukan? Tapi jangan remehkan pekerjaan satu ini karena untuk mengerjakannya butuh kreatifitas dan imajinasi yang tinggi. Memikirkan bagaimana iklan dari sebuah brand dapat melekat dan bisa mempengaruhi serta menggerakkan orang yang melihat iklan tersebut untuk mencoba produk yang diiklankan. Cukup dalam bukan? Tidak mudah lho untuk menggerakan perasaan seseorang.

89. Content Writer

Untuk saat ini, pekerjaan sebagai content writer sangat banyak dibutuhkan oleh beberapa perusahaan. Pekerjaan yang satu ini pun tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebagai penulis, tentunya harus banyak membaca dan mencari informasi sebelum membuat artikel. Konten yang dihasilkan juga harus bersifat fresh dan relevan untuk sebuah media social ataupun website perusahaan.

Dibutuhkan kreatifitas dan ketelitian dalam menulis sebuah konten untuk menghasilkan artikel yang menarik. Content Writer juga bertanggung jawab terhadap branding perusahaan, meningkatkan kualitas SEO pada website perusahaan dan memonitor statistic artikel. Pekerjaan seorang content writer seperti, Mengisi Deskripsi Produk, Mengelola Distribusi Konten, Mengelola Konten di Media Sosial, dan Melakukan Riset. Jadi gimana, Apakah kamu tertarik untuk menjadi Content Writer?

90. UI / UX Designer

Bagi sebagian orang mungkin sudah memahami apa itu UI dan UX Designer. Tapi, ada juga yang belum mengerti apa itu UI dan UX Designer. Pekerjaan satu ini bisa dibilang rumit, karena berhubungan langsung dengan user. UI Design harus mampu menggambarkan bagaimana product yang sudah dibuat.

Sedangkan UX Design merupakan proses untuk membuat produk yang telah dibuat untuk digunakan sehingga tidak membingungkan saat digunakan. Merubah hal yang sulit menjadi terlihat simple dan mudah. Mampu memahami keinginan dan kebutuhan user untuk memecahkan masalah menjadi salah satu tanggung jawab bagi UI dan UX Designer.

91. Selebgram

Selebgram atau akronim dari selebritis dan instagram adalah mereka yang terkenal melalui media sosial Instagram. Selebgram tidak jauh berbeda dengan selebritis pada umumnya. Perbedaan antara selebgram dan selebritis pada umunya hanya terletak pada medianya.

92. Youtuber

Pengertian Youtuber sendiri merupakan seorang atau sekelompok orang yang memiliki channel Youtube sendiri, membuat, menayangkan vlog, dan mencari subscribers. Awalnya, Youtuber hanya sekadar hobi, namun kini, bila diseriusi, bisa dijadikan profesi profesional.

YouTuber, juga dikenal sebagai pembuat konten YouTube, adalah jenis videografer yang membuat video untuk situs web berbagi video Youtube, kadang-kadang didukung oleh jaringan. Beberapa tokoh YouTube juga memiliki sponsor perusahaan yang membayar untuk penempatan produk dalam klip mereka atau produksi video online.

93. Blogger

Apa itu blogger? Blogger adalah orang yang membuat atau memiliki dan mengelola blog, membagikan pandangan serta perspektif kepada audiens untuk tujuan pribadi maupun bisnis.

Jasa IMB Kota Bekasi

Itulah 90 Jenis/Macam-Macam Pekerjaan & Profesi dan tugasnya yang dapat kami bagikan. Mohon maaf jika ada yang belum tersedia karena keterbatasan pengetahuan penulis. Kami akan mengupdate terus jika ada profesi baru yang lahir berdasarkan perkembangan jaman dan teknologi. Semoga bermanfaat!

%d blogger menyukai ini: